Jurusan administrasi negara

Jurusan administrasi negara mempunyai peran penting yang berkaitan dalam memajukan sistem pemerintahan suatu negara. Lulusan dari jurusan ini mempunyai kompetensi yang mumpuni dalam terutama sekali dalam bidang pemerintahan sehingga peluang kerja yang menjanjikan banyak terdapat pada jurusan administrasi negara.

Jurusan Administrasi Negara

Administrasi Negara biasanya disebut dengan administrasi publik, hal ini berdasarkan pada mata pelajarannya yang lebih mengedepankan kapasitas ilmu sebagai pelayan publik (masyarakat), bahkan mayoritas jurusan ini berada di FISIP. Adapun untuk gelar yang diperoleh dari jurusan ini adalah S.IAN atau S.AN. Berlatar belakang diatas, sejatinya prosepek kerja jurusan administrasi publik sangat menjanjikan.

Peluang Kerja Administrasi Negara

Berikut inilah beragam macam peluang kerja bagi lulusan dari jurusan administrasi negara, diantaranya;

BPK

BPK adalah Badan Pemeriksa Keuangan yang merupakan lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia dengan wewenang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Dalam bekerja sebagai BPK yang banyak berhubungan dengan keuangan tidak hanya dibutuhkan seorang ekonom melainkan lulusan administrasi negara juga mempunyai andil besar pada pekerjaan ini.

Selama menempuh pendidikan pada jurusan administrasi negara telah dipelajari tentang administrasi keuangan negara, keuangan daerah, dan statistik yang dapat menjadi bekal utama lulusan administrasi negara untuk bekerja pada badan keuangan ini.

Anggota Legislatif Pusat Maupun Daerah

Lulusan adminitrasi negara telah mempelajari tentang sistem politik indonesia, kebijakan kependudukan, pancasila, psikologi sosial dan administrasi keuangan negara sebagai bekal utama menjabat pada posisi anggota dewan baik pusat maupun daerah. Anggota dewan mempunyai tugas dalam pengamalan pancasila dan UUD 1945, menyampaikan aspirasi masyarakat dan mensejahterankan masyarakat dan menyusun anggaran dan pendapatan belanja.

Aktivis LSM

Selain memepelajari administrasi dan politik, lulusan jurusan ini juga mempelajari mengenai ilmu sosial dan kemasyarakatan sehingga mempunyai peluang kerja menjadi aktivis LSM. Dalam pergerakannya seorang aktivis lembaga kemasyarakatan juga akan berhubungan dengan kegiatan politik sampai sistem pengelolaan yang dijalankan dalam pemerintahan.

Aktivis LSM dapat melakukan pergerakan secara nyata dalam menyampaikan aspirasi sampai mengkritisi kebijakan pemerintah. Dalam hal ini dibutuhkan pengetahuan dan penguasaan ilmu politik yang baik.

Asisten Peneliti

Sebagai seorang asisten peneliti dituntut untuk cepat tanggap dalam membantu peneliti melakukan riset dan turut mengambil bagian dalam riset yang dilakukan. Asisten peneliti yang berasal dari lulusan administrasi negara bertugas membantu proses riset penelitian mengenai kebijakan pemerintah yang berkaitan langsung dengan publik serta menemukan penyelesaian yang tepat dari suatu permasalahan.

Konsultan Pemerintahan

Lulusan administrasi negara mempunyai peluang kerja sebagai seorang konsultan pemerintahan dengan tugas memberikan solusi, masukan sampai dengan merumuskan strategi yang dirancang sehingga pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

Menjadi seorang konsutan pemerintahan dapat menjadi pekerjaan yang menjanjikan bagi lulusan administrasi negara yang mempunyai kemampuan dapat berpikir kritis untuk membangun pemerintahan agar lebih baik melalui pemahaman dan teori pemerintahan yang telah dipelajari dengan baik.

Anggota Partai Politik

Lulusan administrasi negara yang tertarik menjadi anggota partai politik dituntut mempunyai pemahaman yang mendalam mengenai pola pemerintahan di negara Indonesia. Suatu partai politik dapat terlibat secara aktif dalam mewujudkan visi dan misi kebangsaan.

Lulusan administrasi negara yang telah dibekali dengan ilmu politik yang baik dapat turut serta dalam pelaksanaan visi dan misi tersebut.

Jurnalis Pemerintahan atau Politik

Bagi lulusan administrasi negara yang mempunyai tingkat kepekaan tinggi terhadap berbagai macam isu pemerintahan dan politik dapat bekerja sebagai seorang jurnalis pemerintahan atau politik. Kemampuan menganalisa dan melaporkan berita dengan baik wajib dimiliki seorang jurnalis.

Pekerjaan ini juga membutuhkan kecerdasan menganalisis serta pengetahuan dasar mengenai fenomena pemerintahan dan politik sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang baik untuk diliput.

Bekerja di BUMN

Badan Usaha Milik Negara membutuhkan lulusan administrasi untuk menangani bagian pembukuan serta melakukan evaluasi pelaporan keuangan dan sebagainya. Kesempatan bekerja pada posisi ini cukup banyak diminati karena mempunyai jenjang karir yang menjanjikan.

Tenaga Pendidik

Banyak institusi pendidikan di tingkat universitas yang membuka program studi administrasi negara. Hal tersebut dapat dijadikan peluang pekerjaan bagi lulusan administrasi negara. Tenaga pendidik pada tingkat universitas atau biasa disebut dosen harus mempunyai kriteria salah satunya yaitu mempunyai jenjang pendidikan minimal S2 di bidang adminitrasi negara selain itu juga harus berkemampuan dalam membagikan ilmu serta informasi terkait perkembangan administrasi negara.

Departemen Keuangan

Seorang lulusan administrasi negara mempunyai peluang kerja pada bagian departemen keuangan dengan tugas membantu presiden dalam menyelenggarakan sebagain tugas pemerintahan dalam bidang keuangan dan kekayaan negara.

Kemampuan lulusan administrasi dalam mengurusi masalah administrasi dan pembukuan sangat membantu dalam pekerjaan ini. Departemen keuangan tidak hanya membuka peluang bagi sarjana ekonomi untuk bekerja dibagian ini melainkan ilmu administrasi negara juga dapat dipekerjakan dalam posisi ini karena selama perkuliahan jurusan administrasi negara mempelajari tentang administrasi keuangan negara , kebijakan moneter dan keuangan dan ekonomi politik dengan baik sehingga pekerjaan ini dapat sesuai bagi lulusan administrasi negara.

Konsultan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Lulusan administrasi negara dapat bekerja sebagai konsultan pengembangan SDM yang bertugas memberikan masukan dan solusi untuk mewujudkan perkembangan sumber daya manusia agar lebih baik. Kemampuan dalam menguasai bidang kemasyarakat sangat dibutuhkan pada pekerjaan ini.

Konsultan Administrasi dan Politik

Konsultan administrasi dan politik mempunyai wewenang dalam menyampaikan masukan serta membantu dalam penyelesian masalah yang mungkin terjadi dalam administrasi dan politik suatu negara. Pekerjaan ini sesuai untuk lulusan administrasi negara dengan pengetahuan bidang administrasi dan politik yang baik.

PNS

Pemerintah banyak membutuhkan PNS yang berasal dari bidang administrasi negara untuk mengurus bagian keuangan, administrasi dan politik dalam negara sehingga peluang kerja sebagai PNS cukup luas dan mempunyai jenjang karir yang menjanjikan dengan gaji tinggi.

Departemen Sosial

Peluang kerja selanjutnya adalah menjadi staf departemen sosial. Dalam program studi administrasi negara dipelajari tentang administrasi kependudukan, psikologi sosial, dan filsafat serta ilmu lain dalam ruang lingkup yang berhubungan dengan masyarakat sehingga lulusan administrasi negara dapat sesuai jika bekerja pada bidang ini.

Lulusan administrasi negara yang bekerja di departemen sosial mempunyai tugas bertanggung jawab dalam pembinaan kesejahteraan sosial masyarakat, pemberdayaan komunitas adat terpencil serta melakukan pemberian layanan bantuan atau kerjasama lain dalam pengadaan sarana dan prasarana.

Perangkat Desa/Kelurahan

Menjadi perangkat desa membutuhkan kemampuan administrasi yang baik sehingga dapat memberikan layanan maksimal kepada masyarakat. Lulusan administrasi negara dapat bekerja sebagai perangkat desa yang mengurusi bagian administrasi desa sampai menjadi pemimpin di desa tersebut. Selain itu dibutuhkan juga kemampuan bersosialisasi dengan masyarakat sehingga terjalin hubungan yang baik dan dapat membuat suatu kemajuan bersama.

Pengusaha

Segala jenis bidang pendidikan berpeluang menjadi seorang pengusaha dengan kemampuan yang dimiliki. Tidak terkecuali bagi lulusan administrasi negara yang berminat membuka usahanya sendiri serta menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Dengan kemampuan di bidang administrasi dan keuangan yang baik, lulusan administrasi negara dapat menjalankan usahanya dengan lancar.

Peneliti Riset

Peneliti tidak selamanya identik dengan ilmu sains melainkan dalam suatu pemerintahan juga dibutuhkan seorang peneliti. Pemerintah dalam menjalankan tugasnya mempunyai berbagai kendala salah satunya dalam menjalankan proses kebijakan publik.

Suatu pemerintahan membutuhkan masukan agar birokrasi dapat berjalan dengan baik. Dalam hal ini peneliti riset sangat dibutuhkan untuk memberikan masukan mengenai hal tersebut sehingga terdapat peluang pekerjaan sebagai seorang peneliti riset dalam pemerintahan.

Lulusan adiministarsi negara telah dibekali dengan kemampuan menganalisis bidang politik yang mumpuni sehingga dapat membuat suatu kebijakan yang baik dan bermanfaat baik bagi pemerintahan maupun publik. Selain itu jenjang karir pekerjaan ini cukup menjanjikan dan bergaji tinggi.

Manajer Kepegawaian

Administrasi negara berarti mengatur keperluan negara termasuk dalam bidang kepegawaian yang berkaitan dengan tenaga kerja pada suatu pemerintahan. Lulusan administrasi negara yang mempunyai kemampuan mengkoordinasikan sesuatu dengan baik dapat menjabat sebagai kepala bagian kepegawain pada pemerintahan.

Diplomat

Lulusan administrasi negara yang berkemampuan dalam penguasaan ilmu politik yang baik dapat bekerja sebagai seorang diplomat. Selain itu pengetahuan mengenai administrasi internasional dibutuhkan dalam pekerjaan ini. Seorang diplomat mempunyai tugas mengadakan perundingan masalah yang dihadapi kedua negara dan berusaha menyelesaikannya, mengurus kepentingan warga negara di negera lain dan bertindak sebagai pencatatan sipil dan paspor.

Bekerja menjadi seorang diplomat merupakan pekerjaan yang menjanjikan dengan gaji yang tinggi sehingga banyak diminati oleh lulusan dari jurusan administrasi negara.

Perencana Pembangunan

Lulusan administrasi negara mempunyai penguasaan yang berkaiatan dengan perencanaan pembangunan yang dipelajari dari teori pembangunan, analisis dampak sosial dan lingkungan, administrasi pembangunan sampai dengan proses pengambilan keputusan dan masalah pembangunan.

Disisi lain sangat banyak materi mengenai perencanaan pembangunan negara yang telah di pelajari pada program studi administrasi negara sehingga lulusannya mempunyai kemampuan dalam bekerja pada bidang ini. Instansi pemerintah terkait pembangunan salah satunya adalah BAPERNAS (Badan Perencana Pembangunan Nasional) yang dapat menjadi pilihan kerja bagi lulusan administrasi negara.

Nah, itulah tadi tulisan dari ArenaLomba yang menjelaskan tentang peluang kerja untuk jurusan adminitrasi publik/negara. Semoga dengan ulasan ini bisa menjadi refrensi ya kepada segenap pembaca yang mencarinya, trimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here