Select Page

Peluang Kerja Hubungan Internasional

Peluang Kerja Hubungan Internasional

Jurusan hubungan internasional

Jurusan Hubungan Internasional atau disingkat menjadi HI yaitu sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang fenomena interaksi antar berbagai negara-negara di dunia, baik dalam segi ekonomi dan juga sosialnya. Jurusan HI berada tepatnya dibawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi yang memiliki prosepek kerja menjanjikan.

Jurusan HI (Hubungan Internasional)

Perlu kita ketahui, bahwa HI merupakan sebuah jurusan yang tidak hanya mempelajari tentang suatu negara saja, melainkan juga dapat mempelajari tentang organisasi-organisasi internasional dan juga perusahaan-perusahaan inernasional pada era globalisasi saat ini.

Prosepek kerja jurusan HI terbuka cukup luas mulai dari staf hubungan internasional di berbagai instansi dan perusahaan, departemen luar negeri (deplu), dosen, politisi, analis, jurnalis, bankir, konsultan internasional sampai pebisnis internasional.

Namun, jika perlu kita ketahui, lulusan Jurusan HI sangat banyak dari Indonesia, sedangkan lowongan yang cukup luas rasanya masih belum mencukupi untuk dapat menampung seluruh lulusan HI. Oleh karena itu, kita harus memiliki nilai lebih agar kita mendapatkan pekerjaan di tempat yang kita inginkan.

Peluang Kerja Hubungan Internasional (HI)

Adapun sebagai gambaran umumnya mengenai macam-macam peluang kerja jurusan Hubungan Internasional ini, antara lain sebagai berikut;

Duta Besar/Diplomat

Profesi ini adalah prospek kerja terbaik dari lulusan Hubungan Internasional. Kompetensi utama dari seorang lulusan Hubungan Internasional memang diarahkan kesini, baik dari segi menjadi duta besarnya secara langsung ataupun hanya sebagai staf.

Memahami cukup banyak isu internasional, khususnya bagi negara yang sedang di bawahinya, menjadi satu bekal utama bagi seorang duta besar ataupun diplomat yang ditugaskan di suatu negara. Tanggapan kebanyakan orang, menjadi duta besar ialah satu-satunya peluang  kerja yang paling menjanjikan dari lulusan Hubungan Internasional. Ternyata tidak, masih banyak terdapat peluang  kerja lain yang dapat diraih, yang selanjutnya akan berkuliah.

International Officer

Bekerja khusus untuk menangani kasus ataupun permasalahan internasional, yaitu bentuk kerja dari profesi International Officer. Seorang International Officer dapat bekerja di beberapa instansi antara lain Departemen Luar Negeri, Kementrian Luar Negeri, Kedutaan Besar, Konsulat ataupun Atase.

Begitu juga dengan LSM–LSM yang bergerak di dunia internasional, atau yang disebut dengan INGO (International Non Governmental Organization). Untuk dapat menjalankan peranannya dengan maksimal, maka posisi yang paling tepat untuk profesi ini adalah lulusan Hubungan Internasional, yang bisa menerapkan seluruh materi dan hal-hal praktis yang sudah dipelajarinya dengan dalam selama kuliah.

Peneliti

Tumbuhnya suatu sikap kritis akan isu-isu internasional yang ada pada berbagai negara, tentu menjadikan lulusan Hubungan Internasional tergelitik untuk selalu mencari jalan keluar dari permasalahan dan isu-isu tersebut. Demi suatu kemajuan bangsa yang adil dan beradab, tentu lulusan Hubungan Internasional mampu menjadi seorang peneliti yang handal di bidangnya dalam ruang lingkup internasional.

Baik pada bidang bisnis, politik, hukum ataupun sosial, seorang lulusan Hubungan Internasional bisa berpeluang menjadi seorang peneliti yang meneliti permasalahan ataupun kasus-kasus internasional. Hasilnya, bukan hal yang tidak mungkin bila hasil dari penelitian kita dipakai di dunia internasional sebagai pemecah masalah dan pemberi solusi dengan tepat atas isu-isu yang ada.

Bidang Politik

Selalu peka dan dituntut aktif terhadap isu-isu politik yang erat kaitannya pada persoalan negara, membuat seorang lulusan Hubungan Internasional memiliki kemampuan politik yang baik. Kesadaran dalam berpolitik pun akan dapat terus meningkat.

Berbekal kepedulian terhadap bangsa serta didukung dengan berbagai ilmu hubungan internasional yang dimiliki, seorang lulusan hubungan internasional juga dapat memilki kesempatan menjadi politisi. Dengan keilmuan dan keahliannya dalam dunia praktik membina hubungan internasional, diharapkan seorang lulusan Hubungan Internasional bisa menjadi politisi yang dapat mengkritisi kebijakan-kebijakan baik di dalam negerinya sendiri, ataupun kebijakan yang berasal dari lingkup internasional dan sekiranya dapat mempengaruhi negaranya.

Penulis

Menjadi penulis, baik dalam tingkat nasional maupun internasional tentu juga dapat menjadi bagian dari prospek kerja seorang lulusan Hubungan Internasional. Terbiasa berpikir kritis dalam melihat suatu permasalahan, kasus ataupun isu yang bertaraf internasional, setidaknya bisa menjadi modal awal bagi lulusan Hubungan Internasional untuk menjadi seorang wartawan internasional.

Benar, semua orang tentu akan membutuhkan informasi yang terkait dengan kenegaraan serta isu – isu yang berkembang dalam ranah internasional, Untuk itu, dengan dasar-dasar pembelajaran mengenai analisis isu internasional, pekerjaan wartawan ataupun jurnalis menjadi salah satu peluang kerja yang cukup diincar bagi lulusan Hubungan Internasional.

Akademisi/Dosen

Bila kita benar-benar menguasai segala hal yang berkaitan dengan teori ataupun praktik dari suatu bidang keilmuan, kita tentu akan memiliki peluang sebagai seorang akademisi atau tenaga pengajar atau dosen. Begitu juga pada bidang ilmu Hubungan Internasional.

Dengan segala teori dan praktik yang dipahami dan dikuasai dengan sangat baik, seorang lulusan Hubungan Internasional juga dapat berkesempatan menjadi akademisi yang unggul di bidangnya.

Konsultan Internasional

Konsultan internasional dapat bertugas sebagai penasihat, pendamping ataupun pemerhati dalam segala hal yang berkaitan dengan Hubungan Internasional. Untuk dapat menjadi konsultan internasional, dibutuhkan pemahaman yang mendalam mengenai dunia Hubungan Internasional beserta seluk beluknya. Untuk itu, menjadi konsultan internasional juga adalah prospek kerja yang baik bagi lulusan Hubungan Internasional.

Bekerja di Perusahaan

Tamatan Hubungan Internasional dapat bekerja di perusahaan swasta sebagai pegawai, peneliti pasar dan lainnya. Perusahaan yang berskala internasional atau besar ialah pilihan yang menjanjikan untuk perkembangan karir dan menawarkan gaji amat tinggi. contohnya perusahaan multinasional yang beroperasi di Indonesia, misalnya Ford, Honda, Samsung, dan lain-lain.

Bekerja di Instansi Pemerintahan

Peluang kerja jurusan HI ialah Diplomat, instansi pemerintahan yang membutuhkan diplomat ialah Kementrian Luar Negeri yang termasuk didalamnya yaitu Kedutaan Besar, Konsulat, dan Atase. Selain itu juga dapat berada di lembaga pemerintahan yang memiliki relasi langsung dengan lembaga-lembaga di luar negeri yakni badan penanaman modal.

Ahli Riset

Peluang jurusan Hubungan Internasional umumnya ada di lembaga pemerintah atau perguruan tinggi dan tenaga seorang ahli riset Hubungan Internasional juga dapat menjadi akademisi setelah mengambil pendidikan pascasarjana. Meneliti berbagai hal  yang baru. Mengkaji dengan baik setiap apapun permasalahan yang ada.

Politisi (Anggota Dewan/Anggota Parpol)

Walaupun mengambil jurusan hubungan internasional, kita juga akan mendapatkan beberapa materi pelajaran politik. Ilmu politik yang digabungkan dengan materi hubungan internasional akan dapat membantu kita menjadi seorang politisi yang handal.

Kepedulian akan kemajuan bangsa dan juga berbekal ilmu hubungan internasional yang bermanfaat, kita akan dapat menjadi seorang politisi yang mampu bersikap kritis akan segala macam permasalahan politik dan hubungan internasional yang terjadi.

Wartawan

Wartawan ataupun jurnalis handal juga dapat dijadikan sebagai peluang kerja sarjana hubungan internasional yang patut anda coba. Dengan itu memanfaatkan ilmu yang sudah diterima, kita akan dapat  menyampaikan berbagai macam kasus dan isu internasional yang tengah hangat dibicarakan.

Konsultan Internasional

Pekerjaan lain yang mungkin didapatkan oleh sarjana lulusan jurusan ini ialah konsultan internasional. Untuk bisa masuk ke lingkup internasional, keahlian dalam berhubungan internasional sangatlah begitu penting. Pemahaman tentang berbagai isu yang bisa berkembang juga menjadi kendala untuk berbagai masyarakat awam. Inilah alasan Pekerjaan konsultan internasional menjadi sangat membantu.

Bidang Negosiator

Seorang Negosiator memiliki peluang  kerja tentang hubungan internasional yang memang memilki peluang kerja tentang hubungan internasional dalam menjalankan perannya dalam suatu lembaga yang diwakilinya tersebut. Dalam hal ini tugas dari Negosiasi adalah seorang  tersebut tidak hanya mewakili dalam hal membawa dan mewujudkan kepentingan yang tidak terbatas namun juga dapat  bersentuhan dan mendekati dengan Swasta juga.

Pebisnis Internasional

Dalam hal ini seorang yang telah bekerja di bidang ini ialah seorang yang bisa bekerja di dalam sektor bisnis yang memang sudah menjadi sektor bisnis altrnatif yang dimiliki oleh banyak pihak. Sehingga dalam hal ini untuk seorang lulusan Hubungan Internasional bisa juga bekerja di bidang pemerintahan yang ada di sekitar masyarakat tersebut.

Selain itu seorang yang telah lulus dalam bidang Hubungan Intrenasional juga bisa bekerja di bidang bisnis, karena lulusan dari Hubungan Internasional ini sudah  memiliki ilmu pengetahuan tentang bagaimana cara mengelola bisnis Internasional dan Nasional tersebut.

Bidang Staff Kedutaan

Dalam hal ini bekerja dalam staff kedutaan bukanlah hal yang tidak mudah untuk lulusan dari  jurusan Hubungan Internasional ini. Namun dalam hal ini untuk menjadi staff kedutaan ialah hal yang telah bisa memiliki posisi tersendiri, contohnya dalam posisi menjadi seorang administrasi ataupun analisis tersebut.

BUMN

BUMN adalah perusahan milik pemerintah, dimana akan ada banyak hubungan dengan pemerintah seperti pajak dan lainnya, maka kompetensi yang dimiliki oleh lulusan hubungan internasional ini dapat bekerja di sektor keuangan dan perpajakan perusahaan BUMN.

Bukan hanya disektor pemerintahan saja seorang lulusan ekonomi pembangunan ini bisa bekerja juga di perusahan, banyak diantaranya yang terpakai di BUMN.

Staff Marketing

Menjadi seorang staff marketing tidak hanya mengandalkan pandai bicara saja, akan tetapi harus cukup berwawasan tentang produk dan segala seluk beluk perusahan. Pengertian pemasaran dalam perusahaan berperan untuk  meningkatkan penjualan produk barang atau jasanya dengan berbagai cara promosi. Salah satu pekerjaan yang dapat dilakukan lulusan hubungan internasional di divisi pemasaran.

Editor/Penyunting Bahasa

Perlu untuk diketahui jika menjadi editor itu bukanlah urusan dalam memperbaiki tata bahasa dan ejaan yang tidak tepat saja, kemudian juga perkara dalam memperbaiki dan mengkritisi konten atau isi dari tulisan tersebut. Pekerjaan ini bukan lah hal yang mudah.

Penyuntingan bahasa akan berjalan dengan baik asalkan memiliki suatu kemampuan dan pengalaman yang cukup baik.

Budaya atau Lembaga Internasional

Bekerja di lembaga budaya dapat  menjadi salah satu alternatif profesi yang sesuai dengan jurusan dan mengamalkan ilmu yang didapat selama kuliah. Sementara itu, lembaga internasional juga banyak macamnya yang bergerak di sektor yang beragam juga.

Nah, teman-temen sekalian itulah tadi pengulasan materi dari ArenaLomba tentang jenis-jenis lowongan perjaan di masa depan untuk jurusan HI (Hubungan Internasional). Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan dan dapat menjadi informasi mendalam, ya. Trimakasih,

About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow Us

Twitter

/* Fetch any embeddable Twitter object from the OEmbed API */ let oembedResponse = await fetch(new Request('https://publish.twitter.com/oembed?url=https://twitter.com/jack/status/20')); let oembedTweet = oembedResponse.json();
shares