Jurusan agribisnis

Peluang Kerja Jurusan Agribisnis

Jurusan agribisnis

Jurusan agribisnis merupakan salah satu bagian dalam bidang pertanian yang mengkaji mengenai pengembangan bisnis pertanian meliputi pengelolaan, distribusi sampai dengan pemasaran. Lulusan dari jurusan agribisnis mempunyai banyak peluang kerja yang menjanjikan.

Jurusan Agribisnis

Pada hakekatnya jurusan agribisnis ini berada di FP (Fakultas Pertanian) di tingkat Universitas atau Institut. Sedangkan di pada Perguruan tinggi lain, berada di STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian). Jurusan ini menjadi salah satu yang terfavorite di berbagai Fakultas pertanian, alasannya karena selain menjanjikan juga berprosepek untuk menjadi pengusaha-pengusaha muda.

Peluang Kerja Jurusan Agribisnis

Adapun untuk prosepek kerja jurusan agribisnis, antara lain sebagai berikut;

Tenaga Pengajar

Bekerja sebagai tenaga pengajar seperti dosen dan guru dalam institusi pendidikan dapat dilakukan oleh lulusan agribisnis. Program studi agribisnis yang banyak dibuka pada tingkat perguruan tinggi membuka peluang besar untuk bekerja pada posisi ini.

Jenjang karir yang menjanjikan membuat pekerjaan ini cukup banyak diminati. Bekerja sebagai tenaga pengajar diharuskan mempunyai kemampuan dapat membagikan ilmu mengenai dunia agribisnis dengan baik serta berjenjang penididikan minimal S2 jika menjadi berminat menjadi seorang dosen.

Peneliti

Lulusan agribisnis mempunyai peluang besar untuk menjadi seorang peneliti. Dalam bekerja sebagai peneliti dituntut mempunyai kemampuan analis suatu masalah yang berhubungan dengan dunia pertanian khususnya pengembangan bisnis pertanian sehingga dapat menghasilkan suatu riset yang bermanfaat.

Seorang peneliti di bidang ini dapat bekerja pada lembaga penelitian dan riset yanga da di Indonesia seperti pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) atau BPS (Badan Pusat Statistika).

LSM

Banyaknya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang mempunyai visi dan misi untuk memajukan pertanian di Indonesia membuka peluang pekerjaan bagi lulusan agribisnis yang notebene mempelajari dunia pertanian dan pengembangannya.

Oleh karena itu bagi lulusan agribisnis yang mempunyai keinginan untuk membantu mengembangkan pertanian melalui pemberdayaan petani dan mengatasi permasalahan yang ada dapat bergabung dalam LSM. Seorang aktivis LSM dituntut berwawasan luas dan mampu membuat suatu kebijakan yang dapat membawa manfaat bagi dunia pertanian sehingga dapat lebih baik.

BUMN

Jurusan agribisnis tidak hanya mempelajari pertanian melainkan seluruh aspek bisnis yang berkaitan dengan bidang pertanian. Oleh karena itu peluang untuk bekerja dalam posisi yang mengurusi masalah finansial, pemasaran serta manajemen dapat diisi oleh lulusan jurusan agribisnis.

Salah satunya dengan bekerja pada lembaga pemerintah seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pekerjaan ini cukup menjanjikan dan mempunyai gaji yang tinggi.

Kementrian Pertanian

Bagi lulusan agribisnis yang berkeinginan menjadi bagian di kementrian pertanian dituntut mempunyai penguasaan bidang pertanian dengan baik serta mempunyai kecakapan komunikasi yang mumpuni. Selain itu dibutuhkan kemampuan untuk menganalisis suatu permasalahan maupun pengembangan pada bidang pertanian. Posisi bekerja di kementrian ini cukup menjanjikan denganbanyaknya sector pertanian yang dimiliki Indonesia.

Pengusaha

Lulusan agribisnis berpeluang besar membuka usahanya sendiri mengingat semakin banyaknya bisnis di dunia pertanian yang menjanjikan dan beromzet besar. Membuka sebuah bisnis baru dapat dilakukan dengan pengetahuan bisnis yang telah dipelajari selama menempuh pendidikan di jurusan agribisnis.

Selain itu menjadi seorang pengusaha dapat membuka lapangan pekerjaan khususnya petani sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.

Penyuluh Pertanian

Penyuluh pertanian banyak dibutuhkan untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada petani dalam menjalankan kegiatan budidaya tanaman sampai dengan pasca panen. Lulusan agribisnis mempunyai peluang yang besar bekerja dalam posisi ini dengan berperan dalam mengembangkan bisnis pertanian yang tepat serta mambantu petani dalam hal pemasaran dan pengelolaan keuangan dari penjualan hasil pertanian.

BAPPEDA

Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah mempunyai kontribusi dalam membangun masyarakat secara luas salah satunya melalui teknik pengelolaan pertanian, perkebunan dan ladang dengan baik. Bagi lulusan agribisnis mempunyai peluang besar untuk bekerja pada bagian ini.

BAPPEDA merupakan instansi yang menjadi pusat ilmu pengetahuan salah satunya pada bidang agribisnis untuk mengembangkan pertanian khususnya pada daerah kecil di Indonesia. Bekerja pada instansi ini dapat menjadi pekerjaan yang menjanjikan dan gaji yang sebanding dengan kualifikasi yang dimiliki.

Logistik Analis

Seorang logistik analisis mempunyai peran dalam menganalisis urusan logistik dalam penyediaan bahan dan produk untuk dipasarkan. Lulusan agribisnis yang mempunyai kemampuan pengelolaan, ditribusi dan pemasaran dengan baik dapat bekerja dalam posisi ini.

Selain itu kemampuan analisis yang baik dalam hal pengelolaan dapat membantu dalam melakukan pekerjaan ini. Jenjang karir yang menjanjikan sebagai seorang logistik analis membuat posisi ini banyak diminati.

Konsultan Pertanian

Bidang pertanian menyumbangkan pendapatan yang besar mengingat negara Indonesia mempunyai perkembangan yang baik dalam sebagai negara agraris. Instansi pemerintah di bidang pertanian yang melikupi kegiatan budidaya, pengelolaan pertanian dan sebagainya membutuhkan tenaga ahli dari jurusan agribisnis untuk mengurusi bagain pengelolaan sampai dengan pemasaran hasil pertanian.

Dalam hal ini peran seorang konsultan pertanian dari jurusan agribisnis sangat dibutuhkan untuk memberikan masukan yang tepat bagi kebijakan pertanian yang berkaitan dengan pengembangan bisnis pertanian sehingga bidang ini dapat bekembang lebih baik.

Konsultan Perusahaan Agribisnis

Perusahaan besar yang bergerak di bidang agribisnis membutuhkan seorang konsultan untuk memberikan masukan yang tepat dalam mengembangkan karir perusahaan tersebut. Selian itu juga mampu memberikan solusi yang baik bagi setiap permasalahan yang dihadapi.

Dalam pekerjaan ini lulusan dari jurusan agribisnis dapat sesuai untuk posisi seorang konsultan dengan pemahaman mengenai pengembangan bisnis pertanian yang baik.

Penulis

Bagi lulusan agribisnis yang mempunyai kemampuan dalam kepenulisan dapat bekerja sebagai seorang penulis. Tulisan yang dihasilkan dapat berisi informasi mengenai agribisnis atau lainnya. Kemampuan dalam membuat tulisan yang baik dan menarik dibutuhkan dalam pekerjaan ini. Pekerjaan ini dapat dikatakan sebagai Freeelance atau tidak terikat waktu seperti bekerja pada perusahaan.

Bulog

Badan Usaha Logistik merupakan perusahaan umum milik negara yang bertugas dalam mengkaji dan menyusun kebijakan nasional pada bidang manajemen logistik, pengadaan, pengelolaan persediaan dan distribusi beras. Bagi lulusan agribisnis yang telah mempelajari masalah pengelolaan, distribusi dan pemasaran hasil pertanian dengan baik mempunyai peluang bekerja pada posisi ini. Menjadi bagian dalam badan usaha besar seperti Bulog menjadi pekerjaan yang bergengsi dengan gaji yang tinggi.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan

Dinas perindustrian dan perdagangan membutuhkan lulusan yang menguasai dengan baik urusan pengelolaan, distribusi sampai dengan pemasaran produk. Lulusan agribisnis dapat menjadi salah satu kriteria bekerja posisi ini. Bagi lulusan agribisnis yang menguasai perdagangan dan pengembangan bisnis dapat dengan cepat mneyesuaikan diri ketika bekerja pada salah satu bentuk dinas ini.

Pusat Koperasi Unit Desa

Pusat Koperasi Unit Desa mempunyai tugas memberikan fasilitas pertanian kepada petani, mengontrol dana pinjaman pada setiap koperasi unit desa dan mengkoordinasikan kegiatan penyuluhan kepada petani melalui koperasi unit desa disetiap daerah.

Lulusan agribisnis mempunyai peluang bekerja pada posisi ini karena mempunyai kemampuan dalam berkomunikasi dengan baik berkaitan dengan bidang pertanian.

Bank Pemerintah atau Swasta

Semua jurusan mempunyai peluang sama untuk bekerja di bank tak terkecuali lulusan agribisnis yang notabene telah banyak belajar keuangan dan pengembangan bisnis dengan baik. Bagi lulusan agribisnis yang berminat untuk kerja di bank dituntut mempunyai ketelitian dan ketepatan dalam berfikir sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

PNS

Pemerintah banyak membutuhkan pegawai yang berasal dari bidang pertanian salah satunya lulusan dari jurusan agribisnis yang dapat mengerjakan tugas mengelola segala sesuatu yang berhubungan dengan bidang pertanian terutama pengembangan bisnis, pengelolaan pertanian dan pengaturan keuangan dalam bidang pertanian mengingat banyaknya sektor pertanian yang ada maka pekerjaan ini dapat menjadi peluang kerja yang besar dan menjanjikan dengan gaji dan tunjangan yang diberikan.

Lembaga Keuangan

Tidak menutup kemungkinan bagi lulusan agribisnis untuk bekerja di bidang keuangan karena selama menempuh pendidikan telah dipelajari tentang ekonomi pertanian, ekonomi makro dan mikro yang dapat menjadi bekal utama untuk bekerja di lembaga keuangan. Ketepatan berfikir yang tinggi juga dibutuhkan dalam pekerjaan ini.

Supply Chain Manager

Sebagai seorang supply chain manajer mempunyai tugas dalam membeli atau melakukan pengadaan bahan-bahan yang mendukung produksi. Oleh karena itu, seorang manajer harus mampu melakukan analisis dan pengawasan terhadap penyimpanan penggunaan, dan pengaturan bahan dan persediaan. Selain itu perlu di perlukan kemampuan negosiasi yang untuk menghasilkan penghematan biaya.

Manajer Distribusi

Lulusan agribisnis yang menguasai urusan distribusi dengan baik dapat berpeluang dalam bekerja sebagai seorang manajer. Seorang manajer distribusi mempunyai tugas dalam mengawasi pendistribusian barang sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

Nah, itulah tadi rangkaian artikel ArenaLomba yang menjelaskan tentang jenis-jenis peluang kerja terbaik untuk jurusan agribisnis. Semoga melalui ulasan ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca ya, trimakasih.

Leave a Comment