Lulusan Jurusan akuntansi

Jurusan akuntansi termasuk jurusan yang banyak diminati calon peserta didik pada sebagian besar instansi pendidikan khusunya tingkat universitas atau perguruan tinggi. Jurusan ini bahkan menduduki peringkat kedua untuk predikat jurusan terfavorit setelah jurusan manajemen. Peluang kerja yang cukup luas dan menjanjikan menjadi alasan utama peserta didik memilih jurusan akutansi.

Jurusan Akuntansi

Jurusan akuntansi ini biasanya berada dalam Fakultas Ekonomi atau Sekolah Tinggi Ekonomi, baik negri ataupun swasta. Beberapa kampus terkenal yang memiliki program studi ini misalnya saja Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), UNS, UNNES, UNHAS dan lain sebaginya.

Peluang Kerja Jurusan Akutansi

Penjelasan mengenai beberapa prospek jurusan akutansi yang mempunyai peluang kerja yang cerah, antara lain adalah sebagai berikut;

Akuntan Publik

Seorang akuntan publik dapat bekerja secara individual dengan tidak terikat pada suatu perusahaan. Akuntan publik diwajibkan mempunyai beberapa persyaratan seperti izin dari menteri keuangan, mempunyai sertifikat akuntan publik serta tergabung dalam organisasi yang berkaitan akuntan publik.

Tugas akuntan publik adalah menganalisis laporan keuangan, memeriksa kelayakan operasi usaha dan memberikan bantuan di bidang perpajakan. Pandangan yang disampaikan akuntan publik cenderung lebih netral dibandingkan dengan internal auditor yang bekerja pada suatu perusahaan.

Rata-rata gaji seorang akuntan publik yang bersal dari sarjana akutansi pada tingkat strata 1 sekitar 4-8 juta sedangkan untuk akuntan publik senior bekisar 8-12 juta.

Internal Auditor

Auditor internal merupakan pekerjaan yang hampir mirip seperti akuntan publik. Jika akuntan publik bekerja berdasarkan kontrak jangka pendek dengan pengguna jasanya, seorang auditor internal bekerja terikat dengan suatu perusahaan.

Auditor internal dalam suatu perusahaan mempunyai tugas memeriksa dan mengaudit kinerja manajemen serta memastikan tidak ada penyimpangan laporan keuangan perusahaan. Auditor internal juga harus memberikan saran perbaikan manajamen sebuah perusahaan khususnya yang berkaitan dengan ketaatan aturan operasional terhadap sistem pengendalian internal perusahaan tersebut. Seorang auditor internal mempunyai gaji sekitar 5-15 juta.

Perencana Keuangan

Salah satu peluang kerja lulusan jurusan akutansi yaitu menjadi perencana keuangan. Perencana keuangan merupakan pekerjaan yang menawarkan jasa pengelolaan keuangan yang mempunyai jenjang karir cukup memadai. Setelah menyelesaikan pendidikan, lulusan akutansi dapat mengikuti tes untuk mendapatkan sertifikat perencana keuangan atau Certified Financial Planner (CFP).

Seorang perencana keuangan mendapatkan gaji dari pengguna jasanya. Hal tersebut berarti bukan gaji bulanan yang diterima melainkan gaji dari pertarif jasa yang diberikan. Dalam setahun seorang perencana keuangan dapat memperoleh pendapatan hingga 60 juta.

Financial Analyst

Peluang kerja yang lainnya adalah seorang financial analyst atau seorang yang dapat menganalisa keuangan perusahaan atau pribadi. Financial analyst bertugas menenterjemahkan data perusahaan yang akan dijadikan dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam bisnis yang dijalankan serta membentuk strategi bisnis untuk jangka panjang.

Jenjang karir yang dimiliki seorang financial analyst cukup baik yaitu dengan mengikuti tes untuk mendapatkan sertifikat Chartered Financial Analyst (CFA) yang merupakan sertifikasi profesional dalam bidang keuangan yang diakui secara internasional. Syarat mengikuti tes ini adalah telah mempunyai pengalaman kerja minimal selama 4 tahun dalam bidang keuangan. Gaji rata-rata seorang financial analyst bekisar 7-20 juta per bulan.

Perbankan

Bagi lulusan jurusan akutansi terlihat cukup mudah memasuki peluang kerja di dunia perbankan karena berkaitan langsung dengan sistem keuangan yang sesuai semasa kuliah. Namun untuk mengincar posisi bank yang tinggi seperti Bank Indonesia (BI) atau Otoritas Jasa Keuangan (OJK) harus mempunyai persiapan yang matang mengingat seleksi yang dilalui akan cukup ketat dan diutamakan mempunyai kemampuan kaademik tinggi, keterampilan berbahasa inggris, serta soft skill yang mumpuni. Selain mendapatkan pekerjaan bergengsi, gaji yang ditwarkan juga lebih tinggi dari pada bank lain.

Credit Analyst

Peluang kerja sebagai credit analyst banyak dibutuhkan oleh perbankan. Seorang credit analyst mempunyai tugas mengukur kemampuan calon pencari kredit dalam mebayar cicilan bunga per bulan dan melakukan evaluasi pinjaman yang dapat diberikan oleh bank kepada calon peminjam.

Kemampuan analisis seorang sarjana akutansi sangat dibutuhkan dalam pekerjaan ini oleh sebab itu pekerjaan sebagai credit analyst dapat menjadi salah satu peluang pekerjaan menjanjikan bagi peserta didik yang sedang menempuh pendidikan di jurusan akutansi.

PNS

Jurusan akutansi sangat dibutuhkan diberbagai bidang kerja termasuk pemerintah. Semua instansi pemerintah membutuhan karyawan dengan bidang keahlian akutansi untuk memegang masalah keuangan. Hal tersebut terlihat pada setiap pembukaann Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) terdapat lowongan untuk jurusan akutansi. Pada instansi pemerintah, lulusan jurusan akutansi mempunyai gaji sekitar 5-7 juta per bulannya.

Angka tersebut merupakan gaji pokok yang belum termasuk dengan besarnya tunjangan yang diberikan pada setiap pegawai negeri sipil.

Wirausaha

Bagi mahasiswa jurusan akutansi yang setiap hari berkecimpung pada urusan bisnis dan pengembangaannya tidak mustahil untuk membuka bisnis sendiri sehingga tercipta lapangan pekerjaan baru bagi orang lain.

Ilmu dasar mengenai pengembangan bisnis, strategi pemasaran dan pengelolaan usaha yang akan jalankan telah didapatkan selama kuliah menjadikannya bekal yang cukup memadai ditambah kemampuan pembukuan sehingga pemasukan dan pengeluaran usahanya dapat terkontrol akan menjadikan usaha mandirinya berjalan lancar.

Konsultan Pajak

Seorang jurusan akutansi juga mempunyai peluang sebagai konsultan pajak. Pemahaman masyarakat tentang perpajakan dan pemenuhan kewajiban pajak yang masih minim menciptakan peluang pekerjaan menjadi seorang konsultan pajak.

Jurusan akutansi yang memahami mengenai keuangan bekemampuan menganalisa pajak yang harus dikeluarkan sesuai dengan penghasilan yang diperoleh individu maupun suatu industri dan memberikan saran mengenai kewajiban pajak kepada kliennya.

Tenaga Pengajar

Selain bekerja pada suatu perusahaan maupun instansi pemerintah, seorang lulusan akuntansi juga dapat menjadi seorang tenaga pendidik dengan cara memberikan materi di dalam kelas. Selain sebagai dosen maupun guru, tenaga pendidik dengan basic akuntansi juga dapat menjadi seorang konsultan yang mengisi seminar keuangan.

Selain itu bekerja di lembaga riset dan meneliti isu akuntansi dalam masyarakat juga dapat menjadi peluang pekerjaan yang menarik.

BUMN

Lulusan jurusan akuntansi mempunyai peluang kerja yang baik jika bergabung dengan instansi unggulan pemerintah seperti BUMN. Selain pekerjaan bergengsi di BI (Bank Indonesia), jurusan akuntansi juga dapat bekerja di BUMN yang akan mengurusi masalah keuangan.

BUMN merupakan badan usaha pemerintah yang cukup besar di Indonesia dan mempunyai cabang usaha yang banyak. Pada setiap cabang usaha tersebut tentu dibutuhkan seorang yang ahli di bidang akutansi untuk menangani masalah keuangannya sehingga pekerjaan di BUMN dapat menjadi peluang yang menjanjikan.

Manajer Keuangan

Jurusan akutansi tentu berhubungan dengan keuangan sehingga peluang kerja sebagai seorang manajer keuangan sangat sesuai dan dapat menjadi pekerjaan yang baik. Manajer keuangan bertugas mengkoordinir masalah keuangan serta pembukuan laporan keuangan disuatu perusahaan maupun instansi pemerintah.

Account Officer

Account officer merupakan sebuah pekerjaan dengan tugas memberikan penilaian, mengevaluasi serta mengusulkan nilai pinjaman suatu perusahaan atau instansi untuk diberikan kepada pihak luar. Lulusan akuntansi dengan pemahaman mengenai analisis keuangan sangat dibutuhkan dalam pekerjaan ini sehingga account officer merupakan suatu peluang pekerjaan yang sesuai dengan jurusan akuntansi.

Akuntan Biaya

Lulusan jurusan akuntansi mempunyai kesempatan untuk menjadi seorang akuntan pada dunia kerja. Akuntan terdiri dari beberapa jenis salah satunya adalah akuntan biaya yang mempunyai tugas menganalisa biaya dari suatu perusahaan dan memeberikan saran serta solusi sehingga biaya tersebut dapat dikurangi.

Hal tersebut dapat memaksimalkan keuntungan yang dapat diperoleh suatu perusahaan. Peluang kerja sebagai seorang akuntan biaya cukup menarik memingat semakin besarnya gaji yang akan diterima jika analisa biaya yang dilakukan menghasilkan keuntungan yang besar bagi perusahaan.

Asisten Akuntansi

Lulusan jurusan akuntansi yang belum menjadi seorang akuntan mempunyai peluang sebagai asisten akuntansi yang bertugas membantu pekerjaan seorang akuntan. Hal tersebut dapat menjadi awal yang baik untuk memulai karir di bidang akuntansi. Asisten akuntansi dapat mengerjakan pembukuan dan mencatat laporan keuanagan dengan bayaran yang cukup tinggi.

Petugas Akuntansi

Peluang pekerjaan selanjutnya yaitu petugas akuntansi. Berbeda dengan seorang akuntan yang menganalisa data, seorang petugas akuntansi mempunyai tugas mencatat data dan memperbaharui dokumen keuangan sehingga lebih cenderung kepada penyajian data.

Pekerjaan ini banyak dibutuhkan di perusahaan berbagai macam industri dengan gaji yang cukup tinggi bahkan besaran gaji akan berbeda dengan petugas akuntansi yang telah berpengalaman.

Accounts Payable

Berbeda dengan pekerjaan sebagai credit analyst, seorang account payable lebih cenderung mengerjakan bidang akuntansi dalam bank terkait permasalahan utang piutang. Seorang lulusan jurusan akuntansi sangat dibutuhkan untuk menangani hal ini mengingat utang piutang menjadi salah satu bahasan pokok selama menempuh pendidikan di jurusan akuntansi.

Akuntan Pemerintah

Salah satu jenis akuntan yang memepunyai peluang kerja cukup baik bagi lulusan jurusan akuntansi yaitu menjadi seorang akuntan pemerintah yang bekerja dipemerintahan. Tugas utamanya adalah menyusun laporan keuangan pemerintah serta mangaudit setiap instansi pemerintah.

Akuntan Intern

Akuntan intern merupakan akuntan privat yang bekerja di suatu perusahaan tertentu. Akuntan intern mempunyai tugas menyusun anggaran dan laporan keuangan yang ditujukan untuk pihak ekstern dan intern perusahaan serta melakukan pemeriksaan intern perusahaan.

Akuntan Umum

Peluang kerja lainnya dalah menjadi seorang akuntan umum yang bertugas menghasilkan data dasar untuk keperluan akuntansi serta bertanggung jawab dalam pembuatan laporan umum perusahaan yang berkaitan dengan modal, labar rugi, aliran kas dan neraca.

Itulah tadi penjelasan secara lengkapnya dari ArenaLomba mengenai peluang kerja jurusan akuntansi yang menjanjikan di masa depan. Semoga tulisan ini memberikan informasi kepada segenap pembaca ya, terutama yang sedang mencarinya. Trimakasih,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here