Select Page

Peluang Kerja Jurusan Arsitektur

Peluang Kerja Jurusan Arsitektur

Lulusan arsitektur

Seni yang dimiliki oleh setiap individual untuk dapat berimajinasikan diri mereka serta ilmu dalam merancang bangunan merupakan kajian yang dilakukan oleh jurusan arsitektur. Dalam pengertian yang lebih luas, arsitektur dapat mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari bagian besar yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap, hingga ke bagian kecil yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk.

Jurusan Arsitektur

Seorang ahli pada bidang ilmu arsitektur, ahli rancang bangun atau ahli lingkungan binaan. Istilah arsitek seringkali diartikan secara sempit sebagai seorang perancang bangunan, ialah orang yang terlibat dalam perencanaan, merancang, dan mengawasi konstruksi bangunan, yang tugasnya untuk memandu keputusan yang memengaruhi aspek bangunan tersebut dalam sisi astetika, budaya, atau masalah sosial.

Definisi tersebut kuranglah sesuai karena lingkup pekerjaan seorang arsitek sangat luas, mulai dari lingkup interior ruangan, lingkup bangunan, lingkup kompleks bangunan, hingga dengan lingkup kota dan regional. Karenanya, lebih sesuai mendefinisikan arsitek sebagai seorang ahli di bidang ilmu arsitektur, ahli rancang bangun atau lingkungan binaan yang memiliki berbagai peluang kerja menjanjikan untuk masa depan.

Peluang Kerja Jurusan Arsitektur

Bekerja sebagai seorang arsitek profesional seorang lulusan jurusan arsitektur harus mempunyai passion, ketekunan, disiplin, memori visual yang baik, dan kemampuan untuk mengilustrasikan atas beragam bentuk gambaran. Hal tersebut  bisa menjadikan prosepek kerja arsitektur lebih besar, antara lain penjelasan tersebut adalah sebagai berikut;

Perusahaan Kontraktor

Berperan sebagai perancang ataupun pelaksanaan pembangunan rancangan sesuai keinginan.Tidak hanya itu perananan yang tidak berhubungan dengan arsitektur akan dikerjakan bila bekerja di perusahaan kontraktor ialah pembelian lahan, sampai administrasi.

Arsitek bertugas sebagai pendamping, atau wakil dari pemberi peran (pemilik bangunan). Arsitek harus terus mengawasi agar pelaksanaan di lapangan/proyek sesuai dengan bestek dan perjanjian yang sudah dibuat. Dalam proyek yang besar, arsitek bertugas sebagai direksi, dan mempunyai hak untuk mengontrol pekerjaan yang dilakukan kontraktor.

Bilamana terjadi penyimpangan di lapangan, arsitek berhak untuk menghentikan, memerintahkan perbaikan atau membongkar bagian yang tidak memenuhi persyaratan yang disepakati.

Menjadi Arsitek Konsultan

Bertugas sebagai seluruh rangkaian proses desain dan bisa menjadi karyawan tetap maupun kontrak. Apapun pangkatnya akan dapat menghasilkan suatu  hasil. Pekerjaan yang baik akan dapat membawa seorang untuk menjadi pegawai atau karyawan tetap.

Perusahaan Developer

Perusahaan ini biasanya disebut sebagai pengembangan perumahan, berperan sebagai perancangan bangunan dan bisa bertanggung jawab dalam pengawasan lapangan proses pembangunan yang telah dibuat.

Mendesain Bangunan

Seorang yang bisa mendesain bangunan secara detail dan kompleks dan dapat merancang pembangunannya dengan harapan klien bisa dengan puas dengan rancangan yang dibuat.

Desain arsitek tidak hanya rumah, sebagaimana yang paling sering dipahami orang awam, tapi segala macam bangunan yang terdapat aktivitas manusia di dalamnya, seperti sekolah, kampus, gedung perkantoran, hotel, apartemen, pusat perbelanjaan, stadion bola, fasilitas olahraga, bandar udara, pelabuhan, stasiun kereta api, tempat ibadah, hingga rumah sakit.

Desain Interior

Bisa mendesain interior sebuah bangunan (termasuk perletakan furniturenya, dan lain-lain). Sebuah profesi di bidang kreatif dengan solusi solusi teknis yang dapat diterapkan kedalam struktur yang dibangun, untuk dapat mencapai lingkungan interiornya. solusi ini fungsional, diantaranya untuk dapat meningkatkan kualitas kehidupan dan budaya penghuninya serta memunculkan kesan estetik dalam rumah yang menarik. desain yang diciptakan untuk dapat merespon terhadap adanya peraturan yang ditentukan yaitu untuk mendorong prinsip-prinsip.      

Arsitek Lingkungan/Kawasan

Penataan lingkup kota yang tidak teratur akan memberikan dampak yang menjadi banjir karena ketidak teraturan dalam penataan yang kurang maksimal (kurang rapi). Lahan yang seharusnya untuk saluran kali kemudian dipakai untuk rumah-rumah sehingga dampak lingkungan menjadi banjir.

Memberi banyak informasi bagi masyarakat atas dampak yang ditimbulkan dari suatu rencana usaha dan atau kegiatan . Ini adalah dampak negatif apabila tidak dirancang sebaik mungkin dalam pembangunannya untuk itu dibutuhkan arsitek yang mempunyai kemampuan dibidang tersebut.

Salah satu aspek penting dalam disain arsitektur yang semakin hari semakin dirasakan penting ialah penataan energi dalam bangunan. Krisis sumber energi tidak terbaharui mendorong arsitek untuk dapat semakin peduli akan energi dengan cara beralih ke sumber energi terbaharui dalam merancang bangunan yang hemat energi.

Konsep penekanan desain ekologi arsitektur diawali dengan maraknya issue global warming. Diharapkan dengan konsep perancangan yang berdasar pada keseimbangan alam ini, bisa mengurangi pemanasan global sehingga suhu bumi akan tetap terjaga. Kebanyakan arsitek hanya mementingkan desain pada bangunan itu sendiri dan tidak melihat disekeliling dampak daripada lingkungan tersebut.

Arsitek Bangunan

Dapat merancang pembangunan dalam level makro maupun mikro dan mempunyai kemampuan dalam tata letak future dilokasi yang tepat. Teknik bangunan ialah suatu disiplin ilmu teknik yang berkaitan dengan perencanaan, disain, konstruksi, operasional, renovasi dan pemeliharaan bangunan, termasuk juga kaitannya dengan dampaknya terhadap lingkungan sekitar.

Arsitek Bahan Bangunan

Penyediaan suatu produk-produk atau bahan bangunan untuk kebutuhan pembangunan. bahan bangunan yang disusun sedemikian rupa sehingga bisa menahan beban dan menentukan pola bangunan.

Untuk dapat membuat sebuah bangunan dibutuhkan struktur bangunan yaitu bagaimana membuat konsep dasar dari sebuah bangunan yang satu dengan lain saling terkait dan memberikan kontribusi terhadap apa yang dibebankan.

Spesialis Penulisan

Arsitek bisa menjadi penulis dalam pembangunan apupan, apa yang dibutuhkan, kelebihan dan kekurangan dalam prosesnya dan lain-lain. Penulisan bisa menjadi sumber informasi banyak orang. Referensi yang dibutuhkan masyarakat untuk dapat pengetahuan lebih lanjut.

Spesialis Komputer

Bisa menggunaan secara baik aplikasi komputer yang menjadi kemampuan penting dalam mendesain secara kompleks suatu konsep. Spesialis komputer ialah hal yang dasar bagi pekerja apapun. Program maupun aplikasi diperlukan dalam prosesnya.

Arsitek Taman

Bertugas mendesain tata leta properti pada taman sesuai dengan permintaan dan pekerjaan ini dapat dilakukan bersama-sama atau bekerja dengan tim. Bisa juga bertanggung jawab dalam pembangunan dan pengembangannya. Memberikan dampak pada estetika bangunan–yang dapat memberikan pemecahan masalah pada tata letak bangunan atau kota.

Konsultan Lanskap

Bertugas untuk melayani permintaan pembuatan rencana dan desain lanskap atau rencana pengelolaan lanskap. Baik lanskap rumah ataupun pemukiman hingga perkotaan. Yang juga dapat bertanggung jawab dalam setiap proses pengerjaannya.

Penyedia atau Suplier Kebutuhan Lanskap

Beberapa produk untuk lanskap contohnya tanaman-tanaman taman, material paving, pot-pot tanaman, fitur-fitur taman seperti patung atau benda-benda hias lainnya. Kebutuhan dari setiap klien sehingga bisa membuat klien merasa puas.

Desain Grafis

Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena adalah hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis dapat diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art.

Seperti jenis disain lainnya, disain grafis bisa merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain). Seni disain grafis dapat mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

Pemerintahan

Pada pemerintahan bisa bekerja pada dinas pertanaman atau perencanaan wilayah yang bertanggung jawab untuk perencanaan dan pengelohan taman-taman kota, ruang terbuka hijau kota, dan hutan kota, kemudian bisa bertanggung jawab terhadap pengelolaan kawasan wisata. Selain itu bisa bekerja dibagian kementrian pekerjaan umum, pemukiman dan prasarana wilayah, dinas pemerintahan daerah seperti dinas tata kota.

Bidang Pendidikan

Dengan menjadi seorang guru pada sekolah menengah kejuruan ataupun dosen diperguruan tinggi. Tentunya dengan dibekali ilmu dan kreatifitas tentunya. Sebagai suatu seni, arsitektur tidak bisa dilepaskan dari berbagai kaidah seni.

Prinsip-prinsip keindahan yang juga adalah kaidah dasar di dalam bidang seni lainnya seperti kesatuan, keseimbangan, keserasian, irama juga dipergunakan sebagai kaidah dasar di dalam arsitektur. Perwujudan arsitektur ialah hasil manifestasi nilai-nilai seni. Itu sebabnya, pada sebagian perguruan tinggi di seluruh mancanegara, arsitektur dikelompokkan ke dalam fakultas seni atau sejenisnya.

Peneliti

Arsitek dapat bertugas sebagai peneliti pada kondisi/keadaan sebelum atau sesudah pelaksanaan pembangunan dimana berperan untuk dapat melihat permasalahan yang ada disekitar wilayah ataupun kesulitan yang didapat pada setiap prosesnya untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada agar hasil yang didapat sesuai dengan perencanaan.

Bidang Perbankan

Arsitek dapat bekerja di dunia perbankan, umumnya dalam bagian kredit perumahaan rakyat atau KPR. Pekerjaan ini umumnya banyak diminati banyak orang. Penghasilan yang didapatkan lumayan untuk pekerja.

Bidang Media Masa

Seorang arsitek bisa bekerja di dunia media masa dengan menjadi wartawan atau penulis terutama yang berhubungan dengan arsitektur. Bisa menjadi informasi bagi banyak orang. Mempermudah mendapatkan informasi untuk keperluan masyarakat.

Perusahaan Pengembangan Pemukiman

Industri properti untuk sarana pemukiman harus dapat diperhatikan karena semakin meningkatanya populasi penduduk. Kawasan pemukiman ini dibangun sehingga menjadi nyaman untuk ditinggali, membuat jalur hijau, ruang terbuka hijau, taman bermain dan sebagainya.

Tersedianya kawasan permukiman skala besar yang dapat terencana secara menyeluruh dan terpadu dengan pelaksanaan yang bertahap dengan menciptakan kawasan permukiman yang tersusun atas satuan-satuan lingkungan pemukiman dan mengintegrasikan secara terpadu dengan lingkungan permukiman yang sudah ada disekitarnya.

Nah, itulah tadi artikel dari ArenaLomba yang menjelaskan tentang peluang kerja jurusan arsitektur di masa depan yang paling menjanjikan. Semoga jenis-jenis prospek studi ini bisa memberikan wawasan kepada segenap pembaca yang sedang mencari informasinya. Trimakasih,

About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow Us

Twitter

/* Fetch any embeddable Twitter object from the OEmbed API */ let oembedResponse = await fetch(new Request('https://publish.twitter.com/oembed?url=https://twitter.com/jack/status/20')); let oembedTweet = oembedResponse.json();
shares