Select Page

Peluang Kerja Jurusan Bahasa Inggris (Pendidikan dan Murni)

Peluang Kerja Jurusan Bahasa Inggris (Pendidikan dan Murni)

kerja jurusan bahasa inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa Jermanik yang pertama kali dituturkan di Inggris, tepatnya pada abad pertengahan awal dan saat ini menjadi bahasa yang paling sering digunakan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Jurusan Sastra Inggris dimana mahasiswa juga memiliki hubungan erat dengan mata kuliah internasional, dasar ilmu budaya, multikulturalisme, pengantar kajian terjemahan Inggris, cross-cultural understanding, penulisan kreatif, jurnalisme kajian Inggris dan Amerika, dan editing, dan bahkan bahasa tetangga yang lain, seperti bahasa Jerman dan bahasa Perancis. Berbekalkan  keterampilan berbahasa yang baik dan keilmuan yang dimiliki, seorang sarjana dengan lulusan sastra inggris memiliki kemampuan untuk bekerja  sebagai seorang  yang mampu menerjemah, menteri luar negeri, duta besar, pendidik, kritikus sastra, dan sebagainya.

Jurusan Bahasa Inggris

Pada dasarnya untuk jurusan bahasa inggris ini terbagi dalam dua bentuk besar, yang diantarany adalah pendidikan dan sastra. Jika pendidikan maka masuk pada Fakultas Keguruan sedangkan untuk satra masuk pada program studi sastra.

Bahasa inggris menjadi prodi studi favorite, lantaran seorang lulusan sastra Inggris juga mampu  bekerja di berbagai media cetak dan elektronik serta dapat bekerja pada bidang periklanan, sebagai jurnalistik maupun seorang berprofesi sebagai penulis.

Peluang Kerja Jurusan Bahasa Inggris

Untuk rangkaian penjelasan tentang prospek bahasa inggris yang menjanjika ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Pengajar

Para pemburu beasiswa luar negeri untuk dapat menerima sertifikat seperti TOEFL, TOEIC, dan lain sebagainya dengan skor tinggi. Realita yang nyata terjadi tentu seiring dengan tak sedikitnya kebutuhan jumlah pengajar bahasa Inggris.

Menjadi seorang pengajar, baik itu sebagai lembaga kursus atau di lembaga pendidikan formal, kemudian menajdi guru di bimbingan belajar, tentu menjadi salah satu peluang kerja yang dapat diraih. Dan jika kita adalah lulusan S2 atau S3yaitu magister atau doktor, tentu akan terbuka peluang yang besar untuk menjadi pengajar di jenjang yang lebih tinggi, dapat menjadi seorang dosen di perguruan tinggi atau universitas.

Bukan hanya itu saja, jika kita memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris dan memiliki kemauan yang sangat baik dalam mengajar, kita juga dapat menjadi seorang pengajar atau mentor bahasa Indonesia bagi para penutur asing atau yang berasal dari luar  yang sedang mendalami bahasa Indonesia.

Editor/Penyunting Bahasa

Kebutuhan akan penulis dan editor bisa dikatakan kian bertambah setiap waktu. Industri media cetak, media digital, dan penerbit buku maka merupakan berbagai kegiatannya. Industri media tersebut tentu akan membutuhkan banyak editor atau penyunting bahasa yang sesuai di bidangnya.

Untuk itu perlu diketahui apabila menjadi editor bukan hanya dalam cakupan yaitu memperbaiki tata bahasa dan ejaan yang tak tepat saja, melainkan dapat memperbaiki dalam perkara apapun dan dapat berpikir kritis dalam konten atau isi dari tulisan.

Pramugari 

Untuk berkarir di perusahaan maskapai penerbangan, baik itu skala nasional atau internasional tak sedikit juga lulusan dari jurusan Sastra Inggris yang pada akhirnya memilih jalan hidup untuk memilih pekerjaan/propesi tersebut.

Tidak hanya dengan penampilan yang menarik tentunya berhubungan dengan sederet kriteria fisik yang harus dicapai, melainkan menjadi seorang pramugari tentu membutuhkan kecakapan dan kemampuan dalam berbahasa asing yang baik dan mudah dipahami.

Lembaga Budaya atau Lembaga Internasional 

Apapun bahasa yang dipelajari selama kuliah, dan apapun jurusan sastra yang ditempuh,  sebagai seorang yang berkuliah pada jurusan yang diambil yaitu Fakultas Ilmu Budaya, tentu akan mempunyai banyak pemahaman dan pengetahuan mengenai budaya yang sangat luas jangkauannya.

Bekerja pada lembaga budaya dapat menjadi cara alternatif dengan profesi yang sesuai dengan jurusan dan memanfaatkan ilmu yang didapat selama kuliah. Namun sementara itu, lembaga internasional juga memiliki banyak macamnya yaitu dengan bergerak di bagian yang beragam juga.

Penulis

Naskah teater, artikel majalah, konten web, puisi, novel, cerita pendek, kisah nyata, film dan radio, surat kabar dan lain sebagainya. Banyak membuka kesempatan untuk para penulis dengan adanya media baru. Berbagai macam bidang, aplikasi ponsel dan naskah permainan (game) memiliki seperti konten yang dapat diatur pada aplikasi.

Wartawan Majalah

Wartawan majalah juga dapat bekerja di berbagai disiplin ilmu seperti editing, wawancara, tulis-menulis, sub-hingga melakukan pengeditan gambar atau desain. Pada ahli bidang komputer hal ini merupakan bagian penting dari suatu desain. Dapat menjadi tempat pekerjaan yang tepat yaitu  menajadi seorang wartawan majalah.

Pustakawan Akademik

Pendidikan lanjutan dan lembaga penelitian yang menjadi salah satu bagian dari instansi akademik yaitu pustakawan akademik bekerja di bidang pendidikan, seorang juga dikenal sebagai pustakawan yang memiliki kemampuan dalam mengelola, mengatur, menyebarkan informasi, melakukan evaluasi, dan memberikan bantuan kepada komunitas akademis, peneliti, termasuk bagi mahasiswa dan juga staf pengajar.

Wartawan Koran

Meliput dan menulis artikel, baik itu di bidang nasional, regional, maupun lokal merupakan peranan dari wartawan koran yang bekerja dengan cara yang benar. Tidak hanya meliput berita dalam dunia politik, tetapi banyak juga seorang menulis artikel di berbagai bidang, seperti olahraga, teknologi, bisnis, seni dan budaya, kesehatan, dan lain sebagainya.

Eksekutif Periklanan

Mengkomunikasikan secara jelas kepada semua pihak yang terlibat di dalamnya dan seorang dapat juga memahami akan kebutuhan dan tujuan dari klien, serta melakukan kerja sama mengenai suatu hal selama promosi iklan berlangsung.

Seorang juga dapat mengelola pekerjaan administratif dan memastikan apabila proyek iklan yang dibuat dapat selesai tepat waktu dan tentunya dapat sesuai dengan perancanaan yang sudah direncanakan.

Diplomatik

Tidak sedikit lulusan sastra Inggris yang dapat diterima dan mampu bekerja di kedutaan besar. Kembali lagi, yang diharuskan karena menjadi modal dasar yaitu kemampuan menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar. Pembawaannya lebih tepatnya kewibawaan yang dapat dilihat dari seorang dapat menjadi panutan/contoh.

Sastrawan

Profesi yang paling sesuai dengan jurusan sastra yaitu profesi yang tentunya sangat tepat, jika kuliah di bagian sastra, pastinya sangat dekat dengan sastra, walaupun ini semua tidak berlaku secara mutlak. Selain cara berbicara yang benar dan baik penulisan yang dapat dengan jelas di mengerti orang merupakan hal yang terpenting.

Penerjemah

Lulusan sastra memiliki kesempatan yang sangat baik untuk bisa masuk ke dunia translation/penerjemah baik itu dalam bentuk tulisan ataupun dalam bentuk lisan. Maka jadilah seorang penerjemah yang dapat diandalkan.

Penerjemah tulisan dapat mengerjakan kerjaan mereka di rumah dan penerjemah lisan akan sering berpindah-pindah tempat. Biasanya, seorang yang menggunakan jasa penerjemah lisan merupakan orang yang sangat suka melakukan kunjungan ke luar kota atau bahkan luar negeri.

Ahli Bahasa

Pembentukan kata dalam suatu bahasa dengan menggunakan ilmu morfologi, meneliti interaksi unsur bahasa, hingga meneliti hubungan antara 1 bahasa dengan bahasa yang lain. Peranan seorang ahli bahasa diantaranya melakukan logika. Interaksi yang terpenting yaitu mudah dipahami banyak orang.

Tour Guide

Bahasa asing dapat bisa bekerja di bidang yang cukup menjanjikan ini yaitu lulusan sastra, Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan berinteraksi bahasa yang baik. Interaksi yang dilakukan paling sering yaitu dengan para seorang asing, baik itu lokal, terlebih mancanegara.

Seorang lulusan sastra Inggris sangat dapat diandalkan apabila bekerja menjadi tour guide di suatu travel agent yang dapat memenuhi keinginan klien.

Wirausaha

Lulusan sastra, tepatnya sastra Inggris juga dapat bekerja hingga ke dalam dunia bisnis. Siapapun dapat berbisnis tidak memandang profesi atau bidang mana, akan tetapi, yang terpenting yaitu mau berusaha dan berani mengambil resiko atau tidak.

Menjalin relasi yang baik merupakan hal yang penting apalagi bisnis internasional dimana penyampaian dengan bahasa lain harus jelas dan tepat agar menjadi daya tarik utama suatu bisnis.

Perusahaan Multinasional

Suatu perusahaan yang melibatkan pihak berskala internasional merupakan pengertian dari Perusahaan multinasional. Semakin meningkatnya tahun, banyak perusahaan multinasional yang ada di Indonesia tidak berproses.

Apapun posisi pekerjaan di dalam perusahaan tersebut, baik sebagai manajer, direktur, staf pemasaran dan lain sebagainya, tentu tetap membutuhkan kemampuan dalam berbahasa Inggris yang baik.

Asisten Editorial

Asisten editorial dapat bekerja untuk membantu semua yang mengalami kesulitan dalam menulis dan bahasa. Tahap publikasi seperti buku, majalah, jurnal, materi online dan bahan publikasi merupakan cara kerjanya. Seorang dapat mendukung  dan membantu para staf editorial senior di bagian administrasi, dan perencanaan dan produksi.

Leksikografer

Leksikografer bekerja dengan sistem menulis. Dengan melakukan kompilasi dan mengedit kamus baik itu dalam bentuk pencetakan ataupun yang disebar secara online. Tujuannya dapat membantu banyak orang untuk menemukan kosa kata yang tepat.

Petugas Informasi

Pekerjaan sebagai pemberi informasi bekerja dengan mengendalikan serta mengembangkan distribusi informasi bagi suatu perusahaan atau klien yang dapat bermanfaat untuk mendukung kebutuhan serta tujuan bisnis. Seorang informasi bekerja dengan informasi elektronik, tepatnya di dalam permasalah database online, internet, sistem manajemen konten, beserta buku dari perpustakaan.

Layanan tersebut dapat diberikan secara internal maupun eksternal dan peran tersebut melibatkan pemanfaatan informasi yang dihasilkan dengan internal atau dari luar perusahaan dan pengelolaan.

Public Relations

Seorang sering menggunakan dukungan dari banyak pihak untuk membangun dan memahami pengertian yang terjadi antara klien dan publik. Untuk mendapatkan pemahaman dan dukungan untuk klien, serta menyinggung pendapat masyarakat merupakan tujuan petugas public relations dengan juga menggunakan seluruh bentuk media dan komunikasi untuk membangun/membangkitkan, memelihara dan mengelola reputasi para klien

Yahhh, itulah tadi beragam pilihan dari ArenaLomba lapangan kerja jurusan bahasa Inggris, untuk sastra ataupun pendidikan. Semoga saja melalui tulisan ini bisa memberikan kabar membahagiakan kepada segenap pembaca yang sedang mencari referensinya. Trima kasih.

About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow Us

Twitter

/* Fetch any embeddable Twitter object from the OEmbed API */ let oembedResponse = await fetch(new Request('https://publish.twitter.com/oembed?url=https://twitter.com/jack/status/20')); let oembedTweet = oembedResponse.json();
shares