Select Page

Peluang Kerja Jurusan Biologi (Pendidikan dan Murni)

Peluang Kerja Jurusan Biologi (Pendidikan dan Murni)

Jurusan biologi

Bidang biologi merupakan salah satu bidang sains yang menyenangkan untuk dipelajari karena berkaitan dengan kehidupan makhluk hidup yang mempunyai cakupan luas dalam menjalani kehidupan ini. Selain bidang ilmu yang menyenangkan, jurusan biologi mempunyai prospek kerja yang cukup luas dan menjanjikan.

Jurusan Biologi

Biologi sebagai salah satu program studi yang menjanjikan di masa depan pada saat ini terbagi menjadi dua konsentrasi. Pertama adalah biologi murni dan selanjutnya jurusan pendidikan biologi. Aspek serta ilmu yang dipelajari sama saja, hanya untuk membedakan jika biologi murni lebih dalam.

Peluang Kerja Jurusan Biologi

Adapun penjelasan mengenai bergama prospek kerja jurusan biologi ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Quality Control

Bagi lulusan biologi murni dengan pemahaman biologi yang mendalam berpeluang dalam bekerja sebagai seorang Quality control. Ilmu biologi pangan menjadi bekal utama dalam posisi pekerjaan ini. Posisi sebagai Quality control terdapat pada perusahaan yang bergerak dibidang penyedia produk pangan maupun produk cepat guna dengan tugas mengawasi kualitas produk agar terjamin keamanan produk yang baik.

Supervisor

Bagi lulusan biologi murni tidak hanya dibutuhkan dalam bidang keilmuan saja dan tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di bidang lain salah satunya yaitu sebagai supervisor. Supervisor merupakan seorang yang menangani proses produksi, pelayanan terhadap konsumen dan membimbing serta mengarahkan karyawan.

Bagi lulusan biologi yang berminat menjadi seorang supervisor diwajibkan mempunyai kecakapan dalam berkomunikasi dan mengatur kinerja karyawan sehingga proses produksi dapat berjalan dengan baik.

Pegawai Bank

Lulusan ilmu sains tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di bank yang salah satunya dapat berasal dari bidang biologi. Telah banyak lulusan biologi yang bekerja sebagai staf bank di bagian teller maupun posisi pekerjaan lainnya dalam suatu bank.

Hal ini dapat terjadi karena bekerja di bank membutuhkan ketelitian dan ketelatenan dalam bekerja yang notabene itu merupakan basic lulusan ilmu sains dalam bekerja. Bagi lulusan biologi telah yang terlatih dengan banyaknya tugas yang harus diselesaikan selama menempuh pendidikan menjadikannya mempunyai sikap yang rajin dan teliti sehingga jenis pekerjaan ini dapat diikuti oleh lulusan biologi tersebut.

Peneliti

Menempuh pendidikan di bidang biologi murni identik dengan penelitian guna menghasilkan suatu penemuan baru. Hal tersebut sejalan dengan peluang bekerja sebagai seorang peneliti yang gemar mengakaji bidang keilmuan.

Banyak instansi yang membutuhkan seorang peneliti untuk memunculkan pengetahuan baru misalnya dengan bekerja sebagai peneliti di laboratorium perusahaan komersil. Penelitian yang banyak dilakukan membuka peluang yang besar bagi lulusan biologi untuk bekerja sebagai seorang peneliti.

Guru

Sebagai seorang yang aktif di bidang keilmuan akan menyenangkan jika dapat membagikan ilmunya dengan orang lain. Bagi lulusan biologi menjadi guru tentu dapat menjadi pilihan pekerjaan yang sesuai dan menjanjikan. Ilmu biologi telah diberikan semenjak duduk di bangku Sekolah Dasar sampai SMA sehingga kebutuhan tenaga pengajar biologi menjadi cukup banyak. Hal tersebut dapat menjadi peluang pekerjaan yang besar bagi lulusan jurusan biologi terutama bidang pendidikan.

Dosen

Tenaga pendidik dari bidang keilmuan biologi tidak hanya di butuhkan di tingkat Sekolah Dasar sampai dengan SMA melainkan pada institusi pendidikan sekelas universitas membutuhkan dosen untuk mengajarkan ilmu biologi yang lebih mendalam sehingga dibutuhkan dosen dengan perkembangan pengetahuan yang baik dalam bidang keilmuan. Kriteria lain bagi lulusan biologi yang berminat sebagi dosen adalah mempunyai jenjang pendidikan minimal S2 dalam bidang keilmuan biologi.

Wirausahawan

Seorang lulusan ilmu biologi juga dpaat menjadi wirausahawan yang menciptakan usahanya sendiri serta membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai jenis makhluk hidup serta perkembangannya sehingga usaha yang dibuka dapat berkaitan dengan makhluk hidup seperti tanaman maupun hewan yang dibudidayakan.

Pekerjaan ini mempunyai peluang yang cukup besar terlebih jika berkaitan langsung dengan kebutuhan manusia seperti pangan dan sebagainya.

Ilmuan Medis

Bagi lulusan dari studi keilmuan biologi tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sebagai ilmuan medis. Pekerjaan sebagai seorang ilmuan medis mempunyai tugas meneliti semua hal yang berkaitan dengan kesehatan manusia mulai dari segi molekuler, patologi, fisiologi sampai analisis kesehatan secara holistik.

Bukan hanya meneliti dari segi manusia melainkan beberapa ilmuan ahli serangga, mamalia dan burung dibutuhkan untuk mendeteksi kemungkinan penyakit yang berasal dari hewan. Bagi lulusan biolgi yang telah menempuh pendidikan di bidang ini telah terbiasa dengan penelitian mengenai perkembangan makhluk hidup seperti patologi dan fisiologi sehingga posisi pekerjaan ini akan sesuai dengan jurusan biologi.

Ilmuan Internasional

Menjadi ilmuan Internasional merupakan sebuah pekerjaan yang membanggakan karena dapat terkenal dalam dunia sains dan mempunyai hak paten atas penemuan baru yang dihasilkan melalui penelitian. Selain itu bekerja dalam posisi ini juga berkesempatan mendapatkan banyak relasi ilmuan baik dalam maupun luar negeri.

Dibutuhkan pemahaman yang baik seputar dunia keilmuan sains dan tingkat kecerdasan yang tinggi. Jenis ilmuan ini juga dapat beekrja di berbagai institusi negara seperti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan isntitusi swasta. Dunia ilmuan yang sangat luas meliputi rekayasa genetika, biologi sisntesis, konservasi, bioteknologi, forensik, taksonomi daan sebagainya membuka peluang kerja yang besar.

Analis Labotarorium

Lulusan biologi mempunyai peluang kerja besar sebagai analis laboratorium. Hal yang harus dimiliki dalam menjalankan pekerjaan ini adalah mempunyai pengetahuan yang luas mengenai biokimia, biologi molekuler dan mikrobiologi. Seorang analis laboratorium dapat bekerja di bagian laboratorium analisis kesehatan dan laboratorium uji bahan.

Teknisi Laboratorium

Menjadi seorang teknisi laboratorium berarti mempunyai tugas dalam menyiapkan segala keperluan yang dilakukan di laboratorium. Dalam institusi pendidikan baik sekolah atau perguruan tinggi posisi pekerjaan ini disebut sebagai laboran. Selain itu teknisi laboran juga bertugas melakukan pengecekan peralatan laboratorium secara berkala.

Konsultan

Sebagai seorang konsultan dituntut memiliki pandangan biologi yang luas sehingga dapat memberikan saran ataupun solusi mengenai permasalahan biologi yang tengah dihadapi. Terdapat beberapa jenis konsultan yang mempunyai prospek menarik yakni konsultan lingkungan dan konservasi, konsultan perusahaan yang berkaitan dengan R&D (Research and Development), konsultan rancangan serta data penelitian, dan lain sebagainya.

Penulis

Menjadi seorang penulis bagi lulusan jurusan biologi dapat menjadi peluang kerja yang menjanjikan dengan hasil tulisan berupa buku, artikel, jurnal penelitian maupun konten website yang dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan.

Pekerjaan ini dapat dikerjakan secara freelance dengan pengaturan waktu sendiri. Kemampuan dalam dunia penulisan yang mumpuni akan menghasilkan karya tulis yang menarik.

Ahli Gizi

Pekerjaan sebagai ahli gizi berkaitan dengan biologi karena ilmu gizi dikembangakn dari ilmu biologi, kimia dan ilmu sosial. Dari ilmu biologi dapat dipelajari jenis makanan yang dihasilkan dari berbagai makhluk hidup, proses pencernaan makanan serta dampak buruk dari suatu makanan yang mungkin dapat terjadi.

Sebagai seorang ahli gizi dituntut mempunyai pengetahuan yang luas mengenai proses pencernaan dalam tubuh manusia serta manfaatnya dalam memenuhi kebutuhan pangan manusia sehingga dapat tersusun menu makanan yang bermanfaat bagi tubuh. Berkaitan dengan hal tersebut maka lulusan jurusan biologi khususnya yang mempelajari tentang pangan dapat sesuai jika bekerja sebagai seorang ahli gizi.

Aktivis Lingkungan

Seorang aktivis lingkungan akan sesuai jika berasal dari jurusan biologi yang notabene mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan makhluk hidup dan lingkungannya sehingga pekerjaan ini dapat menjadi pilihan yang menarik.

Seorang aktivis dituntut mempunyai aksi nyata dalam melestarikan lingkungan sehingga tidak terjadi peristiwa yang dapat mengancam keberlangsungan lingkungan yang baik.

Industri Makanan

Bekerja dalam industri makanan dibutuhkan ketelitian yang tinggi karena berkaitan langsung dengan pemenuhan kebutuhan manusia dan manfaat yang didapatkan dari produk makanan tersebut. Peran lulusan biologi dalam menjalankan industri makanan dapat melalui pengawasan ketat akan bahan baku sampai dengan proses produksi dan sebagainya sehingga keamanan pangan dapat tejaga dan tidak menimbulkan kerugian maupun mengancam kesehatan konsumen.

Mikrobiolog

Mikrobiologi merupakan salah satu ilmu yang dipelajari selama menempuh pendidikan di bidang biologi. Mikrobiologi adalah ilmu terapan yang memanfaatkan mikroorganisme (mikroba) sebagai alat untuk peningkatan kualitas hidup manusia.

Mikrobiologi adalah seorang yang mempelajari mengenai ilmu yang berkaitan dengan kehidupan mikroorganisme. Pekerjaan sebagai seorang mikrobiolog banyak dibutuhkan untuk menangani kasus yang berhubungan dengan mikroba baik yang menguntungkan maupun merugikan kehidupan manusia.

Departemen Pertanian

Ilmu pertanian berkaitan erat dengan biologi karena mempunyai kesamaan dalam mempelajari kehidupan makhluk hidup dan pemanfaatannya dalam mendukung kebutuhan manusia. Bekerja di departemen pertanian bukan hal yang tidak mungkin dikerjakan lulusan biologi mengingat pertanian sebagai sektor menjanjikan yang berkaitan dengan makhluk hidup.

Badan Lingkungan Hidup

Bekerja sebagai bagian badan Lingkungan Hidup mempunyai tugas menyusun dan melaksanakan kebijakan daerah di bidang pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup daerah. Berbeda dari seorang aktivis yang melakukan aksi nyata berdasarkan peristiwa yang terjadi jika bekerja pada badan ini harus bersinergi dengan kebijakan daerah setempat.

Peran yang hampir sama dengan aktivis dalam menjalankan tugasnya menyebabkan dua pihak ini tak jarang berkolaborasi dalam pelestarian lingkungan. Hal ini tentu berkaitan dengan bidang biologi menyangkut keberlangsungan lingkungan hidup yang baik.

BPOM

Bagi lulusan biologi yang bekerja di Badan Pengawasan Obat dan Makanan mempunyai tugas mengawasi peredaran serta melakukan pengecekan berkala terhadap segala produk obat dan makanan yang beredar di pasaran agar keamanan produk dapat di kontrol dengan baik sehingga dibutuhkan pengetahuan yang luas mengenai obat dan makanan serta menguasai bidang gizi untuk mengamati kandungan nutrisi dari suatu makanan dan dampak buruk yang mungkin dapat ditimbulkan.

Itulah tadi bahasan dari ArenaLomba tentang berbagai peluang kerja jurusan pendidikan/murni biologi untuk di masa depan yang menjanjikan. Semoga adanya tulisan ini memberikan wawasan serta menambah ilmu pengetahuan pembaca ya, trimakasih.

About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow Us

Twitter

/* Fetch any embeddable Twitter object from the OEmbed API */ let oembedResponse = await fetch(new Request('https://publish.twitter.com/oembed?url=https://twitter.com/jack/status/20')); let oembedTweet = oembedResponse.json();
shares