kerja jurusan budidaya perairan

Semua potensi pasti sangat membutuhkan tenaga kerja, baik itu pada ekonomi, wisata, sektor keamanan, dan pengabdian negara. Setiap kemampuan/potensi berpengaruh penting terhadap kemajuan bangsa. Untuk dapat memenuhi pengelolaan seluruh hasil perikanan kelautan, maka setiap tahunnya, lulusan bididaya perikanan akan terus melakukan peningkatan, seorang yang mampu mempertahankan komitmennya dalam perikanan adalah seorang  yang dapat meraih kesusksesan, karena banyak yang sampai saat ini belum dapat membuka mata terhadap perikanan dan menjalankan dengan sepenuh hati.

Jurusan Budidaya Perairan

Hakekatnya dalam setiap profesi dari lulus perikanan ini memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda, yang terpenting adalah semua berasal dari dalam yaitu dimana cara kita membawa diri untuk meraih masa depan yang cerah, tidak ada pekerjaan yang tidak sulit yang ada hanyalah kemauan bagi mereka yang rendah dalam usaha serta menekuninya. Saat kita dapat percaya dengan apa yang kita tekuni suatu saat nanti semua akan dapat mengikuti alurnya.

Peluang Kerja Jurusan Budidaya Perairan

Beberapa macam prospek kerja lulusan budidaya perairan yang bisa menjadi pilihan, diantaranya adalah sebagai berikut;

Disektor Swasta

Pekerjaan dapat dilakukan pada bidang ini yaitu di pabrik pakan ikan dan ternak, Produksi, Penjualan, Pembelian, Human Resource dan lainnya. Tidak hanya di pabrik pakan ikan, dapat juga di tambak ikan, pabrik pengolahan ikan dan udang.

Pekerjaan tersebut masih pada bagian/bidang perikanan dan pada peternakan. Kemudian pekerjaan yang digeluti lulusan Fakultas kita yang swasta ini beragam mulai dari profesi di bidang finance, telekomunikasi, seperti operator seluler, public relationship, dan banyak yang pekerjaan yang diimpikan banyak lulusan salah satunya yaitu ekonomi adalah sebagai teller bank maupun costomer service dan sebagainya.

Perusahaan Pakan Ikan

Selain mampu bekerja pada perusahaan peternakannya, kita juga dapat bekerja di perusahaan yang memiliki produksi pakan ikan untuk para peternak ikan dengan bayak. Di perusahaan ini kita harus dapat menempati beberapa bagian seperti Qulity Control ataupun Produksi. Pakan ikan merupakan hal yang terpenting ada dalam suatu perusahaan yang berkembang dibidang perikanan ini.

Perusahaan Pangan/Pengolahan Ikan

Saat ini tidak sedikit perusahaan pangan yang mengolah makanan dari pengolahan ikan. Terdapat banyak alumni dari jurusan ini yang bekerja di perusahaan pangan dan pengolahan ikan. Bagian quality Control maupun produksi adalah bagian yang sangat cocok untuk kita dapat menjadi salah satu cara jika bekerja di perusahaan ini.

Pada  pemerintahan, para lulusan dapat berkerja di Dinas Perikanan Propinsi maupun Kabupaten, Balai Karantina Ikan, Balai Budidaya Air Tawar, balai Budidaya Air Payau, Balai Budidaya Air Laut, Balai Riset Pengembangan Budidaya di Kementrian Kelautan dan Perikanan, ataupun diinstansi yang tidak hanya jurusan tertentu untuk menempati posisi pekerjaannya.

Pengajar

Pengajar tepatnya bidang akademis, pada posisi ini sangat berlaku bagi seorang yang sabar dan ulet. Guru Sekolah Laboran, Peneliti Perikanan, Staf Ahli dan sebagainya baik di swasta maupun negeri, namun untuk jadi seorang dosen harus melanjutkan pada tahap berikutnya yaitu S2 yang banyak mengeluarkan biaya, kemudian banyak juga beasiswa baik dalam negeri, maupun luar negeri yang terpenting yaitu diri kita sendiri kemudian penuh dengan niat, belajar giat dan berdoa apabila ingin mendapatkannya.

Wiraswasta

Wiraswasta, ini yang banyak sekali diminati oleh banyak pekerja karena lebih menjanjikan, lulusan perikanan sangat berpotensi mengembangkan sektor ini dari pendederan, penggelondongan, pembesaran baik ikan hias maupun konsumsi, belum lagi penjualan ikan konsumsi, penjualan sebagai agen pakan ikan atau distributor, itu masih budidaya, pembenihan, selain itu bisa mengolah ikan menjadi hasil lain/produk jadi, menjadi krupuk ikan, usaha ikan bakar serta dendeng ikan, di penangkapan kita dapat menjadi nelayan langsung dimisalkan lobster, penyedia logistik nelayan, penangkapan ikan hias, konsumsi,  dan masih banyak lagi.

Departemen Akuakultur (Budidaya Perairan)

Kegiatan budidaya mampu menutupi kekurangan pasar Indonesia itu sebabnya perikanan sedang digencarkan berupa budidaya, budidaya dilakukan pada media air tawar, payau, dan laut. Namun, pengembangan yang dilakukan belumlah maksimal, perlu ketenagakerjaan  yang mampu menaungi budidaya perikanan.

Budidaya perairan memprorietaskan nilai fungsi hias dan fungsi konsumsi. Bagi beberpa masyarakat lebih menggunakan ikan konsumsi sebagai pemenuhan kebutuhan setiap hari.

Departemen Perikanan Tangkap

Kegiatan dalam mencarian ikan dilaut tidak hanya sekedar tangkap, kemudian pulang dan membawa ikan. Namun memerlukan rancangan yang khusus untuk hasil tangkapan yang meningkat. Namun, tidak dengan semberangan menangkap, adapun UU No. 45 tahun 2009 ditetapkan bahwa berupa penangkapan perikanan berupa pengambilan benda hidup yang ada di dalam laut.

Kegiatan memancing juga termasuk dalam kegiatan menangkap ikan dan dapat digunakan sebagai mata pencaharian. Masyarakat daerah rawa dapat terus meluangkan waktu untuk dapat memancing dan yang terpenting yaitu menjadi kesukaan untuk memuaskan hasrat tersendiri. Beberapa acara televisi pun terus menayangkan acara tersebut yaitu khusus memancing.

Kegiatan ini harus memiliki pengendalian, karena dapat memberikan dampak pada populasi yang belum diperhitungkan. Alat tangkap berupa, perangkap, jaring angkat, muro ami, alat pengumpul, pancing dan alat lain.

Departemen Manajemen Akuatik

Manajemen ini mengatur sumber air yang ada di laut maupun tawar. Lingkungan sampai pada masyarakat sosial termasuk dalam lingkup pekerjaan lulusan satu ini. Mereka pun dituntut  memahami mengenai hukum-hukum yang berhubungan dengan kerusakan air dan cara mengatasinya.

Departemen Teknologi Hasil Perikanan

Dengan terdapatnya teknologi hasil perikanan, diperankan tepatnya untuk mengolah ikan menjadi mutu yang lebih tinggi, mereka dapat menciptakan beberapa olahaan/ produk sebagai bahan campuran maupun bahan pokok. Masyarakat dapat sekedar menggoreng, membakar, dan mengolah menjadi sajian rumah.

Untuk seorang yang memiliki kemampuan  pada bidang ini yaitu para teknoper ikan, mereka mengolah menjadi nugget, sarden bahkan jelly. Ikan segar yang baru ditangkap memiliki ketahanan yang tidak panjang, biasanya sekitar 2 hari, sedangkan pada suhu rendah mencapai 15 hari. Dengan adanya teknologi dapat membuat ikan menjadi lebih tahan lama dengan batas kadaluarsa mencapai 1-1,5 tahun. Jadi, dengan pengolahan yang sesuai yaitu dapat mengurangi kebusukan ikan, hal ini meminimalisir pembuangan ikan.

Perdagangan

Dibidang pertanian seorang dapat menjadi pedagang.Terkhususnya hasil laut seperti ikan dan hasil tambak udang dll. Hal ini biasa dilakukan baik itu yang memiliki tambak itu sendiri atau bahkan orang lain yang terlibat di dalamnya.

Penyediaan Benih Ikan dan lain-lain

Penyediaan benih ini dalam cakupan luas bisa dari telur, maupun anakan ataupun bahan produksi lainnya. Benih ikan merupakan dasar dari suatu peternakan. Hal ini merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Sektor swasta

Sektor swasta merupakan sektor yang sangat luas dan dapat digeluti oleh lulusan perikanan dii sektor swasta lulusan perikanan dapat bekerja balai perikanan skala besar, menengah maupun kecil, perusahaan dapat menjadi penyediaan pakan. Dapat bekerja keras dan memiliki target.

Sektor perbankan

Sarjana perikanan dapat memikirkan bahwa antara dunia ekonomi dengan petani memiliki suatu hubungan, sehingga dapat tercapai pemahaman yang baik antara kedua belah pihak tersebut. Kenyataannya, lulusan pertanian banyak peminatnya oleh berbagai bank di Indonesia maupun bagian administrasi perusahaan lain.

Mungkin banyak orang berpikir antara pertanian dan bank tidak memiliki hubungan yang dekat, namun kenyataannya, bank yaitu bidang yang sangat dekat dan sangat sering dipilih menjadi peluang kerja dan memiliki hubungan dengan petani. Karena tidak sedikit dari kita yang menabung di bank secara tidak langsung dapat menjadi investor bagi dunia pertanian melalu bank.

Lembaga Riset

Dapat menjadi seorang peneliti pada bagian apapun . Mencari tahu permasalahan yang terjadi ataupun menjadi sumber utama dalam suatu rancangan yang baru untuk diketahui. Lembaga riset merupakan hal penting.

PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Seorang yang dengan lulusan dari PNS, walaupun telah dapat kita ketahui bersama jika menjadi seorang PNS merupakan hal yang sulit di lakukan dan lowongan pekerjaan yang memang sulit untuk di dapatkan namun dalam hal ini masih banyak sekali seseorang yang ingin bekerja di dalam hal ini. Yaitu menjadi seorang PNS yang bekerja di suatu bagian tertentu yaitu Dinas Kelautan dan Perikanan.

Ahli Gizi Ikan

Seorang lulusan dari perikanan juga dapat bekerja dibidang ahli gizi ikan yang memiliki peranan dalam hal ini yaitu seorang analis kesehatan yang bekerja di dalam gizi yaitu meneliti apakah ikan yang di konsumsi oleh manusia dan telah beredar di kalangan masyarakat memiliki nilai gizi dan menjadi acuan yang sangat komperatif bagi segala pihak.

Ahli Lingkungan

Sarjana jurusan perikanan memiliki bidang ahli Lingkungan. Seorang diajarkan untuk paham untuk melakukan pengukuran parameter kesehatan lingkungan (seperti Fisika, kimia, biologi). Seorang juga diberi kemampuan untuk melakukan analisis permasalahan kesehatan lingkungan (seperti, pencemaran lingkungan dan toksikologi lingkungan, air bersih, pengelolaan limbah).

BUMN

Perusahan milik pemerintah disingkat dengan BUMN yang merupakan bagian yang memiliki banyak hubungan dengan pemerintah seperti pajak dan lainnya, maka hubungannya dengan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan perikanan ini bisa bekerja dibagian keuangan dan perpajakan perusahaan BUMN. Tidak hanya pada bagian pemerintahan saja, melainkan lulusan perikanan dapat bekerja juga di perusahan, banyak diantaranya yang bekerja di BUMN.

Staff Marketing atau Pemasaran

Menjadi staff marketing bukan hanya mengandalkan kemampuan bicara saja. Melainkan cukup berwawasan dengan baik tentang produk dan seluruh keperluan perusahan. Terdapat kesetaraan antara pandai bicara dan daya tarik suatu produk.

Lembaga Swadaya Masyarakat

Tiap Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM memerlukan beragam analisa pembangunan industri perbankan, ekonomi, dan lainnya. Maa dengan demikian, sumber daya insani tersebut mampu bekerja di organisasi publik, swasta, atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta memiliki kemampuan untuk dapat melanjutkan studi Ilmu bisnis dan  lainnya ke tingkatan yang lebih tinggi.

Hemm, itulah tadi pilihan-pilihan dari ArenaLomba tentang lapangan pekerjaan lulusan jurusan perikanan yang banyak menjadi pilihan, semoga adanya informasi ini memberikan kabar membahagiakan bagi segenap pembaca sekalian. Ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here