kerja jurusan ekonomi pembangunan

Peluang Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan

kerja jurusan ekonomi pembangunan

Salah satu bagian dari ilmu Ekonomi yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan terjadi di negara berkembang merupakan pengertian ekonomi pembangunan. Pembangunan ini mencakup industri, bisnis, perbankan, dan keuangan. Selain itu di program studi ini kita akan menganalisis berbagai isu isu perekonomian untuk kemudian mencari dan menemukan solusi dari berbagai persoalan ekonomi secara kritis, kreatif, dan inovatif sehingga atas pertimbangan itulah salah satu jurusan yang menjanjikan peluang kerjanya adalah ekonomi pembangunan.

Jurusan Ekonomi Pembangunan

Program studi ekonomi pembangunan ini dipersiapkan untuk menjadi perencana bidang pembangunan ekonomi sehingga bisa turut membantu terciptanya kesejahteraan bersama. Ekonomi Pembangunan termasuk dalam program studi yang paling digemari dan banyak sekali peminatnya, karena lulusan Ekonomi Pembangunan punya peluang berkarier yang cukup bagus.

Bahkan lulusannya dapat menduduki posisi yang strategis, karena memang dipersiapkan untuk menjadi pemikir dan perancang di bidang ekonomi. Indonesia merupakan negara berkembang yang sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan di mana-mana. Pembangunan ini tentunya memengaruhi perekonomian, begitu juga sebaliknya. Lulusan prodi Ekonomi Pembangunan banyak masuk pada instansi pemerintah dan lembaga negara, lembaga penelitian, organisasi publik, sektor swasta, perbankan, dan BUMN.

Peluang Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan

Adapun untuk prospek lulusan ekonomi pembangunan beserta penjelasannya antara lain adalah sebagai berikut;

Instansi Pemerintahan

Dalam pekerjaan ini yaitu menjadi instansi pada sebuah lembaga. Adapun sebuah pemerintahan atau bumn bisa bekerja di bagian kementrian keuangan, kementrian pendidikan, BPK, bapernas, bappeda, bank Indonesia, pegadaian, dan perpajakan. Instansi pemerintahan ini adalah instansi yang banyak diminati.

BUMN

BUMN adalah perusahan milik pemerintah, dimana akan ada banyak hubungan dengan pemerintah seperti pajak dan lainnya, maka kompetensi yang dimiliki oleh lulusan ekonomi pembangunan ini bisa bekerja di sektor keuangan dan perpajakan perusahaan BUMN. Tidak hanya disektor pemerintahan saja lulusan ekonomi pembangunan ini bisa bekerja juga di perusahan, banyak diantaranya yang terpakai di BUMN.

Bidang Lembaga Pendidikan

Untuk menjadi seorang lulusan dari Ekonomi Pembangunan yang bekerja di bidang lembaga pendidikan. Selanjutnya dapat bekerja di bidang perencanaan pertama, asisten peneliti, asisten analis kebijakan. Untuk menjadi bagian dari bidang ini harus dilakukannya usaha yang baik agar menghasilkan yang baik pula.

Bidang Tenaga Pendidik Ekonomi

Apabila ingin menjadi seorang dosen harus menyelesaikan terdahulu pendidikannya sebagai magister baru dapat bekerja sebagai seorang dosen. Sulit untuk menghasilkan suatu gelar. Gelar pun tidak begitu mudah membuat seorang untuk dapat langsung bekerja, tetapi kerja keras tidak akan menghianati hasil.

Bidang Organisasi Publik

Seorang dapat bekerja di lembaga swadaya masyarakat atau LSM. Dalam hal ini pekerjaan yang dilakukan yaitu menjadi seorang pengusahayang telah di lakuakan banyak sekali di temukan aspek yang di gunakan untuk memenuhi kebutuhanny yaitu dalam masyarakat itu sendiri.

Sehingga adanya LSM ini yaitu dengan tujuan agar masyrakat ataupun warga sekitar yang ada di Indonesia dapat engikuti dan mengetahui pembangunan dan perkembangan ekonomi yang ada di indonesia saat ini bagaimana.

Bidang Resert and Development

Seorang yang lulus dari jurusan ini yaitu seorang yang dapat bekerja di dalam penelitian atapun sebagai pengembangan dalam sebuah perusahaan tersebut. Peran menjadi seorang yang bekerja di bidang reset and developmen adalah seorang yang dapat menembangkan dirinya menjadi seorang peneliti-peneliti di pasaran, dan juga dapat menjadi seorang yang bertugas sebagai peneliti bisnis, keuangan sesuai dengan kebutuhannya perusahaan tersebut.

Kemudian juga banyak sekali perusahaan yang didirikan sendiri dan penelitian di bidang keuangan. Bagian Research & Development (R&D) dapat bertanggungjawab mengelola sejumlah dana tertentu untuk riset dan pengembangan.

R&D untuk melakukan tes dan tidak jarang membuat alat tes sendiri dan terus mengembangkan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas produk perusahaan. Selain itu, dapat  juga melakukan kerja sama dengan perusahaan terkait pengadaan barang dan jasa untuk aktivitas riset dan pengembangan perusahaan.

Dalam R&D, seorang dengan lulusan ekonomi pembangunan bertugas menganalisa berbagai isu perekonomian untuk mencari dan menemukan solusi dari berbagai persoalan ekonomi secara kritis, kreatif, dan inovatif.

Perusahaan Internasional

Perusahaan-perusahaan internasional baik yang bergerak di bidang ekonomi, perbankan, maupun perusahaan umum dapat membutuhkan tenaga lulusan ekonomi pembangunan. Untuk perusahaan di bidang ekonomi, sarjana ekonomi pembangunan dibutuhkan untuk menganalisa pembangunan industri, perbankan, keuangan, dan bisnis secara berkala.

Analisis Bisnis

Seorang analis bisnis berperan menganalisis kebutuhan-kebutuhan bisnis dan permasalahan penting bagi para pemangku kepentingan dan mengusulkan solusi-solusi praktis. Analis bisnis juga dapat mendukung pengembangan materi pelatihan, berpartisipasi dalam pelaksanaannya, kemudian memberikan dukungan pasca implementasi.

Hal ini mungkin dapat melibatkan pengembangan rencana proyek dan seringkali memerlukan keterampilan manajemen proyek. Biasanya beberapa perusahaan atau industri di bidang keuangan, telekomunikasi, utilitas, perbankan, asuransi, layanan perangkat lunak, dan lainnya membutuhkan seorang analis bisnis. Di perusahaan-perusahaan ini, lulusan ekonomi bisnis sangat diperlukan untuk menganalisa kebutuhan bisnis dan pengembangan bisnis.

Lembaga Swadaya Masyarakat

Tiap Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM sangat membutuhkan beragam analisa pembangunan industri perbankan, ekonomi, dan lainnya. Dengan demikian, sumber daya insani tersebut mampu bekerja di organisasi publik, swasta, atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta memiliki kemampuan untuk dapat melanjutkan studi Ilmu Ekonomi dan/atau lainnya ke strata yang lebih tinggi.

Lulusan prodi ini juga dapat bekerja di bidang swasta dan BUMN, terutama perbankan dan sektor keuangan lainnya.

Konsultan

Dunia bisnis dan pasar setiap saat selalu mengalami suatu perubahan, terutama di sekala besar atau makro. Membutuhkan ahli analisis tentang perekonomian untuk melakukan sebuah keputusan bisnis. Lulusan dari Ilmu Ekonomi dapat menjadi seorang konsultan ataupun penasehat ekonomi bagi sebuah perusahaan dalam mengambil keputusan.

Analis ekonomi ini dapat bekerja di langsung jadi bagian suatu perusahaan, ataupun bekerja di sebuah lembaga konsultan yang menangani berbagai perusahaan.

Lembaga Keuangan

Lembaga keuangan memiliki banyak jenisnya, seperti Bank, Koperasi, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan lain sebagainya. Kita bisa bekerja di berbagai bagian di lembaga-lembaga tersebut sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki. Lembaga ini paling banyak diminati.

Entrepreneur

Bahkan jika kita ingin membuka usaha sendiri, kamu sudah menguasai banyak hal di bidang perekonomian yang tentu saja akan mempermudah kamu dalam mengelola bisnis yang kamu geluti. Kita bisa memulai bisnis di bidang apapun yang kamu inginkan. Selain itu tentunya dengan membuka bisnis kita akan membuka lapangan pekerjaaan bagi orang lain.

Peneliti

Tumbuhnya sikap kritis tentu akan menjadikan lulusan ekonomi pembangunan untuk selalu mencari jalan keluar dari permasalahan dan isu – isu tersebut. Untuk menjadi bagian dari bidang ini harus dilakukannya usaha yang baik agar menghasilkan yang baik pula. Peneliti tidak dengan mudah menghasilkan solusi dari suatu masalah.

Bekerja di Perusahaan

Tamatan/lulusan ekonomi pembangunan bisa bekerja di perusahaan swasta sebagai pegawai, peneliti pasar dan lainnya. Bekerja di perusahaan swasta akan menghasilkan keuntungan yang relatif tinggi. Relasi yang baik adalah bagian dasar yang harus dimiliki.

Bidang Staff Kedutaan

Dalam hal ini bekerja dalam staff kedutaan sangatlah sulit. Kedutaan adalah hal yang telah dapat memiliki posisi tersendiri, misalnya dalam posisi menjadi seorang ekonomi pembangunan ataupun analisis tersebut.

Pebisnis Internasional

Dalam hal ini seorang yang telah bekerja di bidang ini adalah seorang yang dapat bekerja di dalam sektor bisnis yang memang telah menjadi sektor bisnis alternatif yang dimiliki oleh segala pihak. Kemudian dalam hal ini seorang lulusan ekonomi pembangunan dapat juga bekerja di bidang pemerintahan yang ada di sekitar masyarakat tersebut.

Jurnalis atau Wartawan

Dalam hal ini seorang lulusan dari ekonomi pembangunan juga bisa bekerja sebagai seorang yang telah memiliki prospek kerja yang begitu teramat luas, jadi seorang yang dari lulusan ekonomi pembangunan juga dapat bekerja di sini, dengan mencari berita atupun informasi yang berada di luar negeri. Sehingga dapat dengan mudah mengetahui permasalahan yang sedang berkembang saat ini.

Staf Pemerintah Daerah

Saat kuliah di jurusan ekonomi pembangunan mahasiswa mempelajari bagaimana ekonomi pembangunan daerah. Sehingga mempunyai kompetensi untuk dapat bekerja di pemerintah daerah. Staf pemerintah daerah ini akan terus mengurus beberapa administrasi yang ada di pemda.

Manajemen Perusahaan

Manajemen yaitu pegawai yang akan di fungsikan sebagai manajemen dan diawal masuk nanti akan belajar terlebih dulu beberapa bulan tentang perusahaan tersebut sebelum diposisikan di bagian manajemen perusahaan, biasanya yang melakukan perekrutan posisi. Kita akan kompeten di posisi ini jika bisa mempunyai kemimpinan dan pengambilan keputusan yang baik.

Lulusan ekonomi pembangunan ini mempunyai kompetisi yang sangat komplit dan salah satunya manajemen organisasi bisnis, sehingga lulusannya akan kompeten untuk mengisi kursi manajemen di sebuah perusahaan bisnis.

Sumber Daya Manusia

Staff SDM atau bahasa lainnya Human Resource Department akan berperan untuk menyeleksi atau mewawancara calon pekerja disebuah perusahaan serta mengatur beberpa kebijakan tentang karyawan di sebuah perusahaan. Ketika telah lulus dari program studi Ilmu ekonomi pembangunan juga bisa melamar dan menempati posisi pekerjaan ini. Kita akan mempunyai kompetensi untuk menjadi bagian dari Unit Sumber Daya Manusia di sebuah perusahan.

Nah, demikian informasi yang dapat dibagikan untuk beberapa prospek kerja jurusan ekonomi pembangunan yang bisa menjadi pilihan. Semoga adanya tulisan ArenaLomba memberikan pengetahuan bagi kalian yang berminat mengambil kuliahnya ya, trima kasih.

Leave a Comment