Jurusan Teknik Elektro

Peluang Kerja Jurusan Elektro

Jurusan Teknik Elektro

Teknik Elektro dapat juga dibilang sebagai salah satu bidang teknik yang tertua dan menjadi induk dari banyak bidang lain, hal ini lantaran dalam Ilmu Elektro atau kelistrikan dapat menjadi basis dari industri manufaktur modern, sehingga peluang kerja dari lulusan jurusan ini juga sangat menjanjikan.

Jurusan Elektro

Dalam bahasa inggris, program studi ini juga dikenal sebagai Electrical Engineering. Jurusan yang mempelajari ilmu arus kuat dan lemah, control kelistrikan, dan system serta telekomunikasi bahkan informatika juga setiap mahasiswa diwajibkan memilih satu bidang keilmuan yang ingin di dalami, tidak memungkinkan sih menguasai satu atau lebih bidang, karena diawal perkuliahan pasti mempelajari dasar-dasar masing-masing bidang.

Jadi jurusan ini populer pada bidang teknik. Ilmu yang akan berkembang dan terus berkembang dan sangat berkaitan erat dengan kemajuan teknologi. Bahkan untuk beberapa kampus di Indonesia pada saat ini juga membuka program studi pendidikan elektro yang nantinya di peroritaskan untuk menjadi guru-guru di tingkat SMK (Sekolah Menengan Kejuruan) yang ada di berbagai wilayah Indonesia.

Peluang Kerja Jurusan Teknik Elektro

Pada hakekatnya berbagai prospek kerja teknik elektro ini sangatlah terbuka luas. Misalnya: tenaga pengajar (dosen teknik elektro), teknisi telekomunikasi, teknisi radar, sonar dan navigasi, teknisi selular, teknisi network system dan masih banyak lainnya yang perlu anda ketahui. Oleh karena itulah berikut penjelasan tersebut;

Tenaga Pendidik/Dosen

Teknik elektro dapat memiliki peluang untuk menjadi tenaga pendidik seperti Guru SMK jurusan Listrik, Instalasi Listrik, Audio Video, Elektronika Industri dan selain itu lulusan program studi teknik elektro dapat menjadi dosen pada jurusan teknik elektro maupun jurusan keteknikan lain. Tenaga pengajar dapat membutuhan ilmu yang baik untuk pembelajarannya.

Pegawai Negeri

Peluang kerja pada lulusan jurusan teknik elektro sebagai pegawai negeri sipil. Terdapat di bidang energi dan sumber daya mineral seperti di Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, juga dapat bekerja di Kementrian. Pekerjaannya ini sangat banyak dicobai oleh jurusan  ini.

Badan Usaha Milik Negara

Jurusan Teknik Elektro bisa bekerja di badan-badan usaha milik negara. Umumnya berhubungan dengan energi dan telekomunikasi antara lain PLN, PT Pertamina, PT Telkom, Telkomsel dan perusahaan  lainya. Untuk dapat bekerja dibagian ini tentu saja bukan hal yang mudah.

Sektor Swasta

Peluang kerja lulusan teknik elektro di sektro swasa cukup luas untuk perusahaan yang berkaitan dengan telekomukasi misalnya telkomsel, indosat, depkominfo, telkom, xl axiata, dan lain-lain. Selain itu peluang kerja teknik elektro juga dapat bekerja di perusahaan bebasis pengembangan komputer baik software dan hardware untuk dunia yang lebih melek akan teknologi.

Wirausaha Mandiri

Bekerja mandiri atau mendirikan lapangan kerja adalah pilihan yang sangat relevan bagi lulusan teknik elektro karena mereka dibekali kemampuan untuk berhadapan langsung dengan masalah kelistrikan dan komputer. Lulusan jurusan ini juga dapat menjadi Instruktur atau tutor Ketenagalistrikan/Energi Listrik, Mengembangkan bisnis Start Up, Instalasi Listrik, Elektronika Industri dan masih banyak lagi.

Pegawai Negeri Sipil

Peluang kerja untuk seorang pegawai negeri sipil dengan lulusan di jurusan Teknik elektro adalah bisa bekerja di bidang mineral dan sumber daya yang lainnya. Sehingga pada saat ini seorang jurusan teknik elektro bisa bekerja di bidang ketenagalistrikan kementrian energi dan sumber daya mineral.

Perminyaan dan Pertambangan

Dalam hal ini bidang ini sangat diminati oleh berbagai orang. Sehingga jurusan teknik elektro yaitu jurusan yang sangat dibutuhkan dibidang ini. Umumnya dibidang kontrol dan instrumen engineer bersama dengan teknik fisika dan instrumen fisika.

Telekomunikasi

Dapat bekerja di bidang elektronika, IT, instrumentasi dan kontrol bisa diisi juga dengan teknik yang lulus dari fisika dll dan masih banyak perusahaan lainnya yang masih menjadi target yang di cari oleh jurusan teknik elektro untuk mencari peluang pekerjaan.

Tidak seperti bidang Elektronika, IT, instrumentasi dan Kontrol yang dapat diisi oleh lulusan Teknik Fisika, Ilkom, Teknologi Informasi, Teknik industri, Elins maupun Fisika. Beberapa perusahaan dalam negri ini yang cukup menjadi incaran alumni Elektro adalah Telkomsel, Indosat, Ericsson, Pt. Telkom.

Kelistrikan

Teknik elektro yang dapat bekerja di dalam kelistrikan ini, sehingga pada hal ini seorang jurusan teknik elektro lah yang dapat dengan mudah memperoleh peluang pekerjaan dengan mudah dan dengan pendapatan yang sesuai. Berbagai perusahaan dalam nnegri yang cukup menjadi incaran alumni Elektro yaitu PLN, INDONESIA POWER, PEMBANGKITAN JAWA BALI (PJB) dan berbagai perusahaan yang memerlukan daya listrik cukup besar sehingga perlu merekrut engineer/teknisi Listrik sendiri.

Lembaga Penelitian

LIPI, Balai Penelitian Daerah, Balai Penelitian SDA, dan banyak lembaga-lembaga penelitian lainnya di Indonesia semakin banyak. Tumbuhnya sikap kritis tentu akan menjadikan lulusan elektro untuk selalu mencari jalan keluar dari permasalahan dan isu – isu tersebut. Untuk menjadi bagian dari bidang ini harus dilakukannya usaha yang baik agar menghasilkan yang baik pula.

Banking

Dunia perbankan juga dapat diselami oleh lulusan Teknik Elektro seperti bekerja sebagai analis di bank untuk membantu feasibilty study/analysis ketika bank hendak memberikan pinjaman ke suatu badan usaha/organisasi yang hendak meminjam dana. Lulusan Teknik elektro akan dapat memiliki kelebihan analisis dalam feasibility study untuk proyek pembangunan industri-industri, mulai dari industri kecil sampai industri besar.

Composites Engineer

Membuat bahan baku dengan teknologi khusus, dan kemudian digunakan dalam automobil , industri pesawat terbang, dan industri lainnya. Pembuatan bahan tersebut tidak mudah. Industri tersebut dapat memberikan banyak keuntungan.

Metallurgical Engineer

Mengkhususkan diri dengan bahan baja seperti besi, alloy dan aluminium, untuk dapat diolah menjadi produk jadi. Hal tersebut bukan merupakan pekerjaan yang mudah, melainkan pekerjaan yang membutuhkan keseriusan dalam pengerjaannya. Untuk itu jenis apapun pekerjaannya memiliki tingkat kesulitannya masing-masing.

Bidang Industri

Banyak perusahaan Industri yang memerlukan keahlian dari sarjana elektro. Salah satu contoh Industri yang banyak membutuhkan lulusan sarjana elektro yaitu Bahan Bangunan, Perusahaan Perminyakan, Perusahaan Pupuk, Perusahaan Kosmetika, Perusahaan Pertambangan, Perusahaan Pertanian, dan lain sebagainya. Beerbagai posisi atau bagian yang bisa ditempati oleh lulusan Sarjana Kimia seperti : Quality Control, Produksi ataupun Research and Development Division.

Bidang Sales Bahan Elektro

Telah kita ketahui bersama, bahwa semua industri yang ada dalam sebuah perusahaan yang telah membentuk ataupun membuat sebuah produk pasti akan membutuhkan bahan elektro.

Sehingga dalam hal ini semua industri yang membutuhkan bahan elektro tersebut, bahan kimia tersebut akan segera di pasok ke pabrik-pabrik melalui sales bahan elektro tersebut. Kemudian dalam hal ini juga seorang tersebut akanterus  bekerja untuk mempromosikan bahan elektro tersebut di perusahaan-perusahaan tersebut

Lembaga Swadaya Masyarakat

LSM dapat berkaitan dengan lingkungan hidup. Elektro yaitu prospek kerja yang cukup bagus untuk para lulusan elektro. Lembaga-lembaga non pemerintah ini dapat ikut turut serta dalam membuat lingkungan hidup yang lebih baik.

Sektor Oil & Gas (Minyak & Gas)

Elektronika/Kontrol yang sangat dibutuhkan di bidang ini, dapat berguna sebagai perancang listrik di Rig/ Maintenance kelistrikan Rig/ Maintenance alat-alat pengeboran yang tergantung dengan Listrik, dan lain-lain. Tidak banyak orang yang ingin menggali minyak/gas karena memerlukan energi listrik. Pasti membutuhkan dari pembangkitannya hingga pengelolaanya sob.

Sektor Pertambangan (Mining)

Sektor pertambangan ini biasanya menjadi pilihan kedua orang setelah sektor perminyakan karena salarynya untuk fresh greaduates yang sama-sama luar biasa. Seperti pada PAMA fresh greduatesnya 6-7jt, apalagi di Antam, Timah yang notabene BUMN, dan juga yang sudah ternama seperti Freeport.

Biasanya pada sektor pertambangan pekerjanya gak hanya dari lulusan Teknik Pertambangan, Geologi, Mesin. Tetapi, lulusan dari Teknik Elektro/Listrik juga, sama halnya dengan oil dan gas, pertambangan juga membutuhkan energi listrik untuk penerangan tambang, pengelolaan bahan tambang dan juga penggalian tambangnya. Jadi prospek di tambangg juga dapat  berpotensi buat lulusan listrik/elektro.

Perusahaan tambang ternama yang biasanya menerima elektro diantaranya PT. PAMA Persada, PT. Aneka Tambang(ANTAM) (Persero), PT TIMAH(Persero), PT. Adaro Energy, PT. Krakatau Steel (Persero), PT. Freeport, dan lain-lain.

Sektor Kontruksi

Perusahaan yang dapat dilamar oleh anak elektro/listrik di bidang konstruksi adalah Wjaya Karya(Persero), Hutama Karya(Persero), Pembangunan Perumahan (Persero), Adhikarya (Persero), PT. Jasa Marga, Nindya Karya (Persero), Brantas Abiparya, PT MRT Jakarta, dan lain-lain.

Pada perusahaan konstruksi ini paling banyak BUMNnya se Indonesia  Jadi jangan takut  untuk milih bidang konstruksi.

Sektor Penerbangan

Pernah terpikir untuk kendaraan seperti pesawat, mobil, motor itu bisa nyala menggunakan apa? pemantiknya dari mana? lampunya dari mana? itulah tugas anak Teknik Elektro/Teknik Listrik. Disanalah seorang berperan gak hanya anak aeronautika. Mereka berperan sebagai engineer/teknisi kelistrikan pesawat, mulai dari merancang instalasi peswat, merawat/me-maintenance instalasi kelistrikan di pesawat bahkan sobat juga bisa sebagai teknisi kelistrikan bandara.

Nah, ituah tadi ulasan dari ArenaLomba tentang berbagai macam peluang kerja jurusan pendidikan/teknik elektro di masa depan yang menjanjikan. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan informasi mengenai prospek kerja program studi yang bersangkutan. Trimakasih,

Leave a Comment