Select Page

Peluang Kerja Jurusan Geografi (Pendidikan dan Murni)

Peluang Kerja Jurusan Geografi (Pendidikan dan Murni)

Jurusan geografi

Geografi yaitu disiplin ilmu yang luas. Dalam penjurusan atau spesialisasi, cabang ilmu Geografi pun sangat banyak ruang lingkup cangkupannya. Luasnya cakupan jurusan geografi dapat menjadi keuntungan tersendiri. Sebab, dengan demikian peluang kerja untuk lulusan Geografi tidak terbatas.

Jurusan Geografi

Sebenarnya, apa itu arti geografi? Geografi adalah sebuah studi mengenai bumi, ciri fisik dan atmosfer pada aktivitas manusia dan bagaimana mereka saling berpengaruh. Ilmu geografi berfokus pada tanah, iklim, ruang, perubahan lingkungan, populasi, kepadatan penduduk,  bagaimanakah manusia dapat bereaksi terhadap perubahan lingkungan, migrasi, dan banyak lagi. Tidak seperti berbagai kebanyakan jurusan.

Geografi adalah gelar spesial untuk dimiliki. Sebab, Geografi dapat memberi mahasiswa kesempatan untuk menjadi bagian dari kehidupan manusia dengan menjadi pemberi informasi mengenai area tempat tinggal mereka, serta cara mereka untuk memperbaiki ketika sesuatu berjalan tidak semestinya. lmu Geografi sejatinya dapat membahas keterkaitan fenomena sosial dan fisik di muka bumi yang dikaji berdasarkan pendekatan spasial.

Melalui ilmu geografi, berbagai geograf berusaha memandang setiap fenomena dari berbagai sudut pandang keruangan, asal muasal (historis) dan lain-lain untuk menjawab bagaimana dan mengapa sesuatu bisa terjadi menurut dasar-dasar yang ilmiah.

Kompetensi Umumnya (menguasai konsep-konsep geografi ,mengembangkan dan mengaplikasikannya dengan berbasis pengideraan jauh dan sistem informasi geografis secara profesional, bertanggungjawab, berkepribadian dan bermoral Pancasila).

Berbagai kompetensi Penunjang (menguasai berbagai metode dan teknik survei/penelitian secara spasial melalui citra penginderaan jauh, teknik pemetaan berbasis IT untuk kepentingan pengembangan manajemen dan mitigasi bencana, tata ruang dan wilayah). Kompetensi Lainnya yaitu (memunculkan jiwa kewirausahaan pada bidang jasa maupun produksi pemetaan, konsultan bidang konservasi lingkungan, handal sebagai pengajar dan pelatih bidang Geografi, pemetaan dan SIG, tourism guide di bidang pariwisata).

Peluang Kerja Jurusan Geografi

Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut, berikut inilah beberapa prospek kerja jurusan geografi di masa depan yang dinilai menjanjikan. Antara lain;

Instansi pemerintah

PU, BAPPEDA, BMKG, BPN, BLH, LAPAN, BKKBN, lembaga pendidikan, dan lain-lain. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), adalah Lembaga Pemerintahan Non-Departemen (LPND) yang bersifat vertikal. Sehingga dapat langsung  bertanggung jawab kepada presiden.

Akademi meteorologi dan geofisika tidak dapat  memungut biaya kuliah para mahasiswa/Taruna. Sistem pendidikan dapat menerapkan kedisiplinan untuk menunjang kinerja para taruna yang nantinya akan terjun di lapangan kerja di seluruh kantor BMKG wilayah Indonesia. Akademi meteorologi dan geofisika tidak langsung dapat berdiri begitu saja,ada berbagai proses yang dilewati. Berikut perjalanan Akademi meteorologi dan geofisika, AMG yang kemudian didirikan pada tahun 1955 di ITB Bandung.

Instansi swasta

Bergerak pada bidang perencanaan wilayah, pemetaan, kependudukan, lembaga pendidikan swasta, dll. Pekerjaan yang digeluti dengan lulusan Fakultas kita yang swasta ini bermacam-macam mulai dari pekerjaan di bidang finance, public relationship, telekomunikasi, seperti operator seluler, malah banyak yang masuk ke pekerjaan yang banyak diimpikan dari lulusan ekonomi adalah teller bank maupun costomer service dan banyak lagi.

Perencana Tata Kota

Geografi sangat begitu erat hubungannya dengan perencanaan wilayah terutama tata kota. Peranan ahli tata kota membuat zonasi, penggunaan lahan, pengembangan, dari mulai renovasi salah satu bangunan antara lain terminal, stasiun, bandara hingga merencanakan sebuah kota baru.

Kita dapat bekerja dengan pemilik properti, dengan pengembang dan pejabat lain. Apabila kita tertarik mendesain suatu daerah maka kita dapat masuk jurusan tata kota atau perencanaan wilayah.

Kartografer

Bagi kita untuk hobi membuat peta maka kita dapat menjadi seorang kartografer handal. Berbagai media penerbit buku, atlas, instansi pemerintah sampai BIG memerlukan kemampuan peta. Tujuannya adalah mempermudah seorang untuk mencari informasi.

Spesialis SIG

Pada saat ini pemerintah daerah, badan pemerintah dan perusahaan swasta banyak memerlukan profesional SIG/GIS. Kursus dan magang GIS sangat begitu penting untuk menghasilkan lisensi. Suatu kemampuan komputer dan teknik pemetaan digital yang handal sangat banyak dibutuhkan saat ini.

Ahli Cuaca

Badan pemerintah seperti BMKG atau swasta lain kini semakin sibuk memberikan kabar cuaca harian hingga tahunan. Bidang meteorologi dan klimatologi memang sangat membutuhkan keahlian khusus dalam mengetahui segala gejala cuaca dan menganalisanya sebelum menjadi produk masyarakat. Kita dapat masuk ke sekolah BMKG jika kita ingin berkarir disini.

Ahli Transportasi

Seperti halnya ahli tata kota, manajeman jaringan transportasi juga sangat membutuhkan menunjang pelayanan masyarakat. Perkembangan kota dengan cepat membuat seorang ahli manajemen transportasi dibutuhkan untuk mengatur skema tata ruang lalu lintas yang handal.

Manajemen Lingkungan

Berbagai masalah lingkungan kini sedang melanda bumi karena peradaban manusia. Disinilah kita memerlukan seorang ahli penilaian lingkungan, pembersih, analis lingkungan yang handal. Berbagai perusahaan swasta berbasis lingkungan kini bermunculan dan mengharapkan bantuan skill seluruh ahli lingkungan.

Peneliti/Penulis

Selama bertahun-tahun kita kuliah tentu banyak menghabiskan waktu untuk mengembangkan kemampuan menulis terutama riset. Pertimbangan karir sebagai penulis sains atau travel writer untuk majalah/koran bisa juga menjadi alternatif lulusan sarjana geografi. Hal ini bisa menjadi sumber untuk banyak orang dalam mencari referensi.

Guru

Pengetahuan geografi di sekolah/kuliah tentu sangat membutuhkan seorang guru/dosen yang handal menguasai materi geografi. Kita dapat menjadi guru geografi terbaik atau terus menjadi profesor di bidang geografi untuk meningkatkan kemampuan geografi dan mentransfernya ke siswa dan memiliki keterampilan yang bisa dengan mudah dipahami dan mudah dalam penerapannya sehingga makna dari mata kuliah atau mata pelajaran.

Surveyor

Kini cukup banyak sekali lowongan surveyor perusahaan-perusahaan besar. Disini sarjana geografi atau geologi dibutuhkan untuk dapat mencari tahun keterdapatan sebuah lokasi mineral atau penentuan lokasi tambang. Hal tersebut bisa menguntungkan banyak pihak yang terkait.

Vulkanolog

Mengingat bahwa Indonesia banyak dihuni gunung api maka tentu membutuhkan pengawasan oleh ahli yang terkait. Dalam hal ini seorang vulkanolog handal dibutuhkan untuk dapat  menjaga gunung-gunung api Indonesia. Tujuannya bisa memberi informasi mengenai kondisi yang ada di daerah tersebut.

Manajemen Bencana

Pada saat ini kerentanan bencana geologi semakin tinggi. Maka Badan Bencana Daerah Nasional kini sudah mulai mencari bibit-bibit para petarung tangguh yang siap untuk mengelola mitigasi bencana di setiap lokasi. Sehingga tidak akan ada kekurangan akibat adanya bencana karena semuanya telah di manajemenkan.

Guide Tourism

Potensi wisata yang semakin berkembang di setiap daerah membuat banyak wisatawan lokal dan mancanegara mencoba datang ke Indonesia. Disinilah dibutuhkan seorang guide yang benar paham tentang lingkup geografi lokasi geowisata. Kita dapat  menjadi professional guide dan mendapatkan bayaran yang lumayan tentunya.

Pemerintahan

Pada pemerintahan bisa bekerja pada dinas pertanaman atau perencanaan wilayah yang bertanggung jawab untuk perencanaan dan pengelohan taman-taman kota, ruang terbuka hijau kota, dan hutan kota, selanjutnya dapat bertanggung jawab terhadap pengelolaan kawasan wisata. Selain itu bisa bekerja dibagian kementrian pekerjaan umum, pemukiman dan prasarana wilayah, dinas pemerintahan daerah seperti dinas tata kota.

Bidang Perbankan

Jurusan geografi  bisa bekerja di dunia perbankan, umumnya pada bagian kredit perumahaan rakyat atau KPR. Paling umum banyak diminati orang karena tidak sulitnya proses pekerjaanya. Pendapatan yang didapat pun terhitung cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Bidang Media Masa

Jurusan geografi  bisa bekerja di dunia media masa dengan menjadi wartawan atau penulis terutama yang berhubungan dengan geografi. Memberikan informasi yang cukup akurat bagi masyarakat. Sehingga dapat mempermudah dalam pencarian informasi.

Perusahaan Pengembangan Pemukiman

Industri properti untuk sarana pemukiman harus dapat diperhatikan karena semakin meningkatanya populasi penduduk. Kawasan pemukiman ini dibangun sehingga dapat menjadi nyaman dan siap untuk ditinggali, membuat jalur hijau, ruang terbuka hijau, taman bermain dan sebagainya.

Tersedianya kawasan permukiman skala besar yang terencana secara menyeluruh dan terpadu dengan pelaksanaan yang tentunya bertahap dengan menciptakan kawasan permukiman yang tersusun atas satuan-satuan lingkungan pemukiman dan mengintegrasikan secara terpadu dengan lingkungan permukiman yang sudah ada disekitarnya.

Spesialis Komputer

Bisa menggunakan secara baik aplikasi komputer yang menjadi kemampuan penting dalam mendesain suatu konsep. Merupakan hal dasar dalam pengerjaan apapun. Program dan aplikasi lainnya harus dimengerti dalam proses pengerjaannya.

Arsitek Lingkungan/Kawasan

Penataan lingkup kota yang tidak teratur akan memberikan dampak  menjadi banjir karena ketidak teraturan dalam penataan yang kurang maksimal (kurang rapi). Lahan yang seharusnya untuk saluran kali dipakai untuk berbagai  rumah sehingga dampak lingkungan menjadi banjir.

Dengan memberi informasi bagi masyarakat atas dampak yang ditimbulkan dari suatu rencana usaha dan atau kegiatan . Ini adalah dampak negatif apabila tidak dirancang sebaik mungkin dalam pembangunannya untuk itu dibutuhkan arsitek geografi  yang dapat memiliki kemampuan dibidang tersebut.

Itulah tadi ulasan yang lengkap dari ArenaLomba tentang berbagai jenis peluang kerja jurusan geografi di masa depan yang dinilai menjanjikan. Semoga melalui tulisan ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi pembaca ya, trimakasih.

About The Author

1 Comment

  1. supersuhe

    Izin menambahkan untuk bagian Surveyor seharusnya jurusan Geodesi dan Geomatika ditambahkan di sana . Terima kasih

    Balas

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow Us

Twitter

/* Fetch any embeddable Twitter object from the OEmbed API */ let oembedResponse = await fetch(new Request('https://publish.twitter.com/oembed?url=https://twitter.com/jack/status/20')); let oembedTweet = oembedResponse.json();
shares