Jurusan hukum

Peluang Kerja Jurusan Hukum

Jurusan hukum

Jurusan hukum merupakan salah satu jurusan bergengsi pada sebagian besar instansi pendidikan di tingkat Universitas ataupun Perguruan Tinggi. Jurusan ilmu hukum ini dapat dikatakan sebagai jurusan terfavorit karena mempunyai prospek kerja menjanjikan dengan gaji yang cukup besar.

Jurusan Ilmu Hukum

Jenis pekerjaannya banyak dibutuhkan untuk jurusan hukum, mengingat Indonesia merupakan salah satu sistem pemerintahan yang senantiasa berasaskan pada segi hukum. Adapun setelah lulus di jenjang starata 1 (S1) pada program studi ini maka dibelakangnya akan mendapatkan gelar S.H.

Peluang Kerja Jurusan Hukum

Penjelasan mengenai beberapa prospek lulusan jurusan hukum ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Pengacara

Pekerjaan sebagai seorang pengacara banyak diminati oleh mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di jurusan hukum. Kesusksesan dalam menggeluti profesi ini yaitu mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik dan berpandangan kritis serta mendetail.

Selain itu seorang pengacara dituntut untuk  cerdas dalam menemukan bahan yang dapat dijadikan sebagai bukti pendukung bagi suatu kasus. Bagi peserta didik yang mempunyai ketertarikan menjadi seorang pengacara sebaiknya mengikuti kegiatan magang bersama pengacara senior untuk lebih mengenali profesi ini sebelum menangani kasus.

Gaji seorang pengacara terbilang cukup tinggi yaitu sekitar 4-20 juta per bulan bahkan angka tersebut dapat lebih besar bergantung pengalaman dan jam terbang dari pengacara itu sendiri.

Hakim

Berprofesi sebagai seorang hakim bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Bagi lulusan jurusan hukum yang tertarik menjadi seorang hakim dituntut untuk mempunyai kredibilitas yang tinggi karena keputusan pengadilan yang merupakan tonggak penting bagi hukum berada ditangan hakim.

Tidak mengherankan jika pemerintah memberikan gaji yang cukup tinggi untuk seorang hakim. Hal tersebut sebanding dengan tanggung jawab yang dibebankan pada hakim dalam setiap kasus persidangan yang dihadapi.

Notaris

Lulusan jurusan hukum dapat menjadi seorang notaris dengan prospek kerja yang cemerlang. Seorang notaris diwajibkan mempunyai kemampuan dalam membuat beragam akta pendirian, warisan dan sebagainya. Jenjang karir notaris dapat dikatakan cukup baik karena mempunyai penghasilan yang tinggi dengan gaji minimal 4 juta per bulan.

Jaksa

Menjadi seorang jaksa bukanlah pekerjaan yang mudah karena harus lulus dalam seleksi yang diselenggarakan oleh pemerintah. Bagi lulusan jurusan hukum yang ingin menjadi jaksa harus mempunyai kecakapan berkomunikasi dengan baik serta kredibilitas diri yang tinggi karena akan bertugas menyampaikan dakwahan tuduhan pada pelaku kejahatan.

Dosen

Peluang kerja jurusan hukum dengan jenjang karir yang baik di bidang pendidikan dapat menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Banyaknya jurusan hukum di instansi pendidikan membuka peluang yang cukup besar bagi peserta didik yang tertarik menjadi seorang pengajar. Gaji dosen yang cukup tinggi ditambah dengan tunjangan lainnya dapat menjadikan pekerjaan ini lebih menarik.

Konsultan Hukum

Lulusan jurusan hukum dapat bekerja menjadi seorang konsultan hukum yang bertugas memberikan pandangan dan arahan terkait dengan kelengkapan dokumen pada saat menghadapi persidangan. Seorang konsultan dapat bekerja di sebuah lembaga dengan jenjang karir yang menjanjikan. Gaji seorang konsultan sangat bervariatif dan dapat mencapai puluhan juta per bulan.

Diplomat

Untuk menjadi seorang diplomat yang ditempatkan pada kedutaan besar di luar negeri harus mempunyai kemampuan bahasa asing yang mumpuni untuk mendukung basic ilmu hukum yang dimiliki. Tanggung jawab seorang diplomat cukup besar karena membawa nama negaranya sehingga gaji yang ditawarkan juga sangat besar.

Staf Kementrian

Bagi lulusan hukum akan sangat beruntung karena banyak lowongan pekerjaan yang dibuka pada bagian staf kementrian. Pemerintah membutuhkan banyak pekerja lulusan jurusan hukum yang akan direktur menjadi pegawai negeri dengan gaji pokok yang cukup besar sekitar 5 juta untuk golongan IV. Angka tersebut belum termasuk tunjangan lainnya yang membuat peluang pekerjaan ini banyak diminati.

Polisi

Bagi lulusan hukum yang berminat untuk menjadi seorang polisi harus lolos dalam seleksi kepolisian yang diselenggarakan. Bekerja sebagai seorang polisi harus mempunyai kemampuan di bidang hukum yang baik. Peluang pekerjaan ini cukup luas karena banyak polisi yang dibutuhkan di Indonesia.

Gaji seorang polisi juga cukup besar tergantung golongan yang disandang. Jenjang karir sebagai seorang polisi juga cukup baik memngingat terdapat kenaikan pangkat serta golongan pada pekerjaan ini.

Pengusaha

Sebagai lulusan jurusan hukum tidak menutup kemungkinan untuk membuka usaha sendiri. Pengetahuan yang dimiliki seputar syarat membangun dan mengelola usaha yang sesuai aturan hukum dapat menjadi pendukung kelancaran usaha yang dijalankannya.

Staf Legal

Posisi pekerjaan sebagai staf legal banyak dibutuhkan untuk bekerja pada perusahaan mulai dari industri properti, bank sampai rumah sakit. Lulusan hukum mempunyai peluang bekerja yang cukup besar karena segala jenis surat yang dikeluarkan serta hal yang berkaitan dengan aset perusahaan akan dikelola oleh staf legal. Hal tersebut menjadikan pekerjaan ini cukup menarik dengan gaji yang baik.

Staf HRD

Bukan hanya jurusan psikologi yang dapat menduduki pekerjaan ini melainkan jurusan hukum juga mempunyai kesempatan bekerja pada bidang ini. Staf HRD yang mempunyai basic hukum dapat melakukan evaluasi kembali aturan perusahaan yang menyangkut masalah ketenagakerjaan.

Jaminan tenaga kerja dalam sebuah perusahaan seperti asuransi yang dijamin pemerintah membutuhkan ahli hukum yang tergabung dalam HRD untuk menanganinya serta menjelaskan kembali hak dan konidi yang berhubungan dengan penggunaan fasilitas pemerintah tersebut. Ketelitian dalam melihat pasal-pasal akan sangat berguna pada pekerjaan ini.

Panitera

Lulusan jurusan hukum dapat bekerja menjadi panitera di pemerintahan. Panitera bettugas melaksanakan eksekusi putusan perkara berkekuatan hukum tetap dengan perintah ketua pengadilan. Selian itu panitera bertugas membantu hakim dalam mengikuti dan mencatat jalannya persidangan serta melakukan pengurusan berkas perkara dalam persidangan.

Juru Sita

Juru sita merupakan salah satu pekerjaan yang dapat dijalankan oleh lulusan jurusan hukum. Juru sita melaksanakan tugas yang berkaitan dengan kejurusitaan di Pengadilan. Seorang juru sita dituntut melaksanakan semua perintah yang diberikan ketua sidang, menyampaikan pengumuman, teguran dan pemberitahuan putusan pengadilan menurut ketentuang undang-undang, membuat dan melakukan penyitaan atas perintah ketua pengadilan.

Staf Administrasi

Lulusan jurusan hukum dapat juga menjadi staf administrasi dengan basic ilmu hukum yang dimiliki. Jika tugas pokok seorang staf administrasi berkaitan dengan kegiatan berupa pencatatan dan pembukuan serta penyelenggaraan kebijakan.

Fungsi ahli hukum pada pekerjaan ini adalah memonitor serta memberikan evaluasi mengenai pembukuan yang dilakukan dan terlibat dalam penyelenggaraan kebijakan dengan memperhatikan aturan hukum yang berlaku sehingga usaha yang dijalankan tetap sesuai dengan hukum yang berlaku.

Biro Hukum

Bekerja dalam biro hukum di kementrian pekerjaan umum merupakan peluang yang cukup baik bagi lulusan jurusan hukum. Biro hukum bertugas melaksanakan koordinasi dan pembinaan penyusunan peraturan perundang-undangan pada bidang pekerjaan umum dan perumahan, pemberian advokasi hukum serta pertimbangan hukum dan tugas lainnya yang berhubungan dengan bagian pekerjaan umum. Pekerjaan pada posisi ini cukup menjanjikan dan mempunyai jenjang karir yang baik.

Perpajakan

Selama menempuh pendidikan di jurusan hukum, peserta didik tidak hanya mempelajari tentang hukum pidana melainkan belajar juga tentang Hukum Administrasi Negara (HAN) sehingga lulusannya berpeluang untuk bekerja di bidang perpajakan.

Polemik pajak di Indonesia yang cukup menimbulkan banyak konflik membutuhkan tenaga kerja yang berdedikasi tinggi untuk mengatasi masalah tersebut. Berkaitan dengan hal tesebut, bidang pekerjaan ini dapat menjadi peluang yang sesuai bagi lulusan jurusan hukum.

Perizinan

Lulusan jurusan hukum mempunyai peluang besar untuk bekerja di bidang perizinan. Lapangan pekerjaan dibagian ini cukup luas di Indoensia mengingat banyaknya bagian perizinan yang berada dalam suatu lembaga pemerintah maupun swasta.

Pelayanan perizinan menjadi bagian penting dalam suatu lembaga yang mengatur masalah kebutuhan izin yang berkaitan langsung dengan ketentuan hukum. Hal tersebut menyebabkan banyak dibutuhkannya ahli hukum untuk mengisi posisi tersebut.

Bidang Pertanahan

Bdan Pertanahan Nasional (BPN) merupakan lembaga pemerintah non kemenrian yang mempunyai tugas mengelola bidang pertanahan sesuai peraturan perundang-udangan. Hal tersebut menyebbakan banyak dibutuhkannya ahli hukum dalam menjalankan tugas ini karena berkaitan langsung dengan undang-udang yang menjadi basic utama bagi lulusan jurusan hukum. Pekerjaan ini memounyai prospek yang cukup baik dan bergaji tinggi.

Mahkamah Agung

Mahkamah Agung merupakan pengadilan tertinggi yang bertugas membina keseragaman dalam penerapan hukum melalui putusan kasasi dan peninjauan kembali untuk menjaga semua hukum dan undang-undang diseluruh wilayah negara RI agar diterapkan secara adil, tepat dan benar. Mahkamah agung membutuhkan ahli hukum dalam menjalankan fungsi dan wewenangnya.

Tanggung jawab dalam pekerjaan ini sangat besar mengingat hasil keputusannya berkaitan langsung dengan penegakan hukum di Indonesia. Bekerja di Mahkamah Agung dapat menjadi pekerjaan impian bagi lulusan jurusan hukum.

Nah, itulah ya bahasa dari ArenaLomba tentang peluang kerja jurusan hukum di masa depan yang menjanjikan. Semoga tulisan ini memberikan informasi kepada segenap pembaca yang saat ini sedang mencari refrensi tentang program studi. Trimakasih,

Leave a Comment