Jurusan ilmu komputer

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih telah banyak pekerjaan berbasis teknologi membutuhkan tenaga ahli di bidang ilmu komputer. Banyak peluang pekerjaan bagi lulusan jurusan ilmu komputer ini, baik di berbagai industri swasta maupun pemerintahan.

Jurusan Komputer

Jurusan komputer pada saat ini bukan hanya tentang manajemen informatika, ataupun teknik informatika. Akan tetapi secara umumnya bahkan terbuka juga untuk pendidikan ilmu komputer yang tujuan dari kesemua ini ialah untuk mengisi beberapa peluang pekerjaan yang ditawarkan, baik di sektor pemerintahan ataupun swasta.

Peluang Kerja Jurusan Ilmu Komputer

Adapun untuk beberapa prospek pekerjaan dari jurusan ilmu komputer antara lain adalah sebagai berikut;

PNS

Setiap instansi pemerintah memebuatuhkan lulusan ilmu komputer untuk mengembangakn berbagai aplkisi untuk menunjang kerja di pemerintahan, pengembangan website pemerintah dan mengelola database untuk isntansi terkait.

Wirausaha Infromatika

Seorang lulusan ilmu komputer tidak menutup kemungkinan utnuk membuka usahanya sendiri. Usaha madiri yang dapat dijalankan seperti mendirikan StartUp dengan menggunakan pengembangan perangkat lunak, advertiser, pengembangan perangkat komputer dan sebagainya.

Dosen Ilmu Komputer

Untuk menjadi seorang dosen ilmu komputer dibutuhkan kriteria minimal pendidikan S2.  Peluang kerja ini cukup bnayak di Indonesia karena hampir seluruh instansi pendidikan perguruan tinggi membuka jurusan ilmu komputer sebagai pilihan program studi yang ditawarkan.

Oleh sebab itu maka dibutuhkan tenaga pendidik sebagai dosen di perguruan tinggi tersebut. Pekerjaan ini mempunyai jenjang karir yang cukup baik.

Mobile Programmer

Bagi lulusan ilmu komputer telah terbiasa dengan kegiatan pembutaan program. Seorang programer mempunyai kemampuan membuat program perangkat lunak dari komputer dan menguasai bahasa pemrograman. Untuk menjadi seorang mobile programmer sebaiknya dapat menguasai bahasa pengrograman java atau tergantung bahasa pemrograman yang digunakan suatu perusahaan.

Pada era globalisasi seperti sekarang banyak orang yang telah beralih menggunakan android dari pada desktop atau PC. Hal ini menjadi peluang kerja yang besar bagi seorang mobile programmer dalam mengoptimalkan pembuatan aplikasi di android..

Software Engineer

Software Engineer mempunyai tugas mengembangkan perangkat lunak menjadi berbagai macam keperluan yang digunakan utnuk mendukung pekerjaan atau hal lainnya. Seorang Software Engineer dituntut mempunyai skill yang cukup baik dalam mengembangkan sofware.

Perangkat lunak yang dikembangkan akan digunakan sebagai simulasi teknologi yang sering ditemukan. Tugas lainnya dari seorang Software Engineer adalah mengembangkan program aplikasi yang telah ada agar perangkat tersebut lebih menghasilkan kinerja yang efektif.

System Analyst atau System Integrator

Lulusan Ilmu komputer mempunyai prospek kerja cemerlang untuk menjadi seorang system analyst. Pekerjaan ini memounyai tugas mengaanalisa sistem yang akan dibuat, bertanggung jawab terhadap perencanaan, koordinasi dana nalisa sistem perangkat lunak yang telah direkomendasikan serta berkemampuan analisis yang cukup baik, manajerial, interpersonal dan teknis.

Selain itu dalam menjadi seorang system analyst akan melakukan interaksi dengan clien dalam memahami kebutuhan perangkat lunak yang diperlukan, berdiskusi dengan designer untuk membuat rancangan UI (User Interface), berdiskusi dengan programer dalam membuat sebuah program yang dibutuhkan oleh pelanggan, melakukan uji perangkat dan dokumentasi penting terhadap program yang telah dibuat.

Konsultan IT

Bagi lulusan ilmu komputer yang berminat menjadi seorang konsultan IT wajib menguasai teori-teori teknologi, pemrograman serta terknologi berbasis komputer. Oleh sebab itu pekerjaan ini berhubungan dengan penerapan ilmu yang didapatkan selama menempuh pendidikan terutama pada bagian perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi teknologi dan informasi.

Tugas utama dari pekerjaan ini yaitu sebagai tempat berkonsultasi mengenai kebutuhan sistem program aplikasi yang akan digunakan dalam suatu perusahaan.

Konsultan ERP

Berbeda dengan konsultan IT, seorang konsultan ERP atau Enterprise Resource Planning mempunyai tugas memberikan jasa konsultasi terkait pengembangan suatu sistem dengan software database tertentu serta memberikan solusi kepada perusahaan dalam penggunaan sofware yang lebih efektif dengan pengeluaran lebih kecil.

Tak heran jika seorang konsultan ERP dituntut memberikan solusi pencarian data dan pengumpulan data. Sebagai konsultan ERP diwajibkan mempunyai kemampuan dalam menggunakan sistem database tertentu serta menganalisis permasalahan yang dihadapi pelanggan.

Dalam perkembangan teknologi yang semakin canggih, pekerjaan menjadi konsultan ERP cukup banyak dicari dan mempunyai prospek kerja yang menjanjikan.

Computer Network atau Data Comunication Engineer

Lulusan ilmu komputer dapat bekerja sebagai ahli computer network yang bertugas merancang arsitektur dan pembangunan jaringan. Seorang computer network mempunyai peran besar dalam merawat dan mengelola jaringan dalam suatu perusahaan.

Pengetahuan khusus mengenai perangkat keras beserta fungsi dan contohnya dibutuhkan dalam pekerjaan ini. Tak heran jika posisi sebagai seorang computer network sangat cemerlang di suatu perusahaan.

Intelligent System Developer

Profesi sebagai Intelligent System Developer dapat dikatakan cukup menarik karena pekerjaan ini mempunyai tugas menciptakan sistem perangkat lunak yang intelejen. Perangkat lunak yang diciptakan sangat vital dalam penggunaannya.

Selain itu cara kerjanya membutuhkan nilai akurat yang tinggi. Berkaitan dengan hal tersebut, dibutuhkan ketelitian dan kreativitas tinggi dalam mengerjakan profesi ini. Pekerjaan ini dapat dikatakan cukup sulit namun sebanding dengan gaji yang akan diterima.

Software Tester

Tugas seorang Software Tester adalah melakukan pengujian perangkat lunak di suatu perusahaan dan mempunyai tanggung jawab atas kebenaran serta fungsi dari perangkat lunak yang diuji. Seorang Software Tester juga harus memastikan kelayakan suatu perangkat lunak untuk digunakan.

Database Administrator atau Network Engineer

Lulusan ilmu komputer yang berminat untuk bekerja sebagai seorang Database Engineer atau Database Administrator akan bertugas melakukan perawatan dan pengembangan database atau basis data. Oleh karena itu data yang dimiliki sebuah perusahaan dapat dirancang dan dipelihara dengan baik serta mudah untuk diakses.

Selain itu pekerjaan ini juga melakukan pengaturan hak akses bagi setiap user sesuai kadar posisi dalam perusahaan. Contohnya adalah ketika posisi sebagai admin dapat mengakses data secara penuh namun selain posisi tersebut hanya dapat melihat isi databasenya saja. Pekerjaan ini mempunyai tanggung jawab besar untuk menjaga dari pencurian data yang mungkin dapat terjadi.

Game Developer

Lulusan ilmu komputer yang mahir dalam bidang grafis dapat menjadikan ini sebagai pekerjaan yang menyenangkan. Pekerjaan ini umumnya dikerjakan dalam tim karena tergolong cukup berat dan terdapat beberapa bagian didalamnya seperti bagian pembuatan animasi grafis, programing dan sebagainya.

Namun bagi pecinta game maka bekerja dengan membuat game adalah sebuah pekerjaan yang menyenangkan karena seperti yang diketahui bersama bahwa hampir semua orang khususnya anak muda senang bermain game. Kondisi ini dapat dijadikan peluang pekerjaan yang cukup besar dan menjanjikan.

Web Designer atau Web Programmer

Bekerja sebagai Web Designer atau Web Programmer terbilang cukup menyenangkan. Bagi lulusan ilmu komputer yang mempunyai ketetarikan besar terhadap media akan menikmati pekerjaan ini. Tugas yang dikerjakan yaitu merancang website melalui pemprograman yang dilakukan.

Dalam pekerjaan ini dibutuhkan pengetahuan khusus mengenai domain dan hosting beserta fungsinya dan memahami bahasa pemrograman seperti PHP, javascript dan sebagainya.

Freelance Programmer

Freelance Programmer merupakan salah satu peluang kerja bagi lulusan ilmu komputer. Programer jenis ini bekerja tanpa terikat dengan waktu kerja speerti di suatu perusahaan atau instansi. Freelance Programmer bekerja ketika ada proyek yang dikerjakan.

Profesi ini dapat menegrjakan pembuatan aplikasi, website dan plugin yang dapat memudahkan pekerjaan seseorang. Keuntungan menjadi seorang Freelance Programmer adalah mempunyai jam waktu yang bebas.

Security System

Security System dibutuhkan untuk dapat menjaga sistem. Teknologi yang semakin canggih juga dapat menimbulkan dampak buruk bagi suatu sistem seperti istilah cyber crime yang sering mengintai pengguna internet. Tugas penting dari Security System adalah mengamankan data user maupun sistem dari gangguan black hat hacker.

Selain itu profesi ini menangano malware yang datang. Untuk bekerja dalam profesi ini dibutuhkan pengetahuan mengenai malware beserta contoh dan cara menanganinya.

Desktop Programmer

Peluang kerja sebagai Desktop Programmer masih cukup menjanjikan dan mempunyai profit yang tinggi. Profesi ini dibutuhhkan di banyak perusahaan yang menggunakan aplksi berbasis desktop. Tugas seorang Desktop Programmer adalah membuat aplikasi untuk desktop tersebut dan memprogramnya.

UX Designer

Sebagai seorang UX designer mempunyai tugas memaksimalkan perasaan postif pengguna pada saat berinteraksi dengan aplikasi atau web. Tugas ini terbagi menjadi ebebrapa tahapan  yaitu melakukan riset terhadap pelanggan, analisis data yang terkumpul dari pelanggan sehingga diketahui profil pengguna aplikasi yang akan dibuat kemudian membuat aplikasi berdasarkan hasil analisis data pengguna UX designer dan mengembangkan aplikasi atau web tersebut.

Quality Assurance Analyst

Tugas seorang Quality Assurance Analyst adalah melakukan analisis untuk menjamin kualitas sautu produk melalui pengumpulan data. Peekerjaan ini banyak dibutuhkan pada perusahaan berbasis IT untuk mengecek kualitas produknya dan membuat suatu jaminan kualitas dari produk tersebut.

Businnes System Analyst

Pekerjaan seorang Businnes System Analyst adalah mengidentifikasi nilai bisnis yang dapat diciptakan oleh sebuah sistem, mengembangkan ide guna meningkatkan proses bisnis dan membantu merancang proses bisnis berbasis IT. Pekerjaan ini sangat berkaitan dengan pengembangan bisnis dan penggunaan IT di dalamnya sehingga dapat menjadi peluang kerja yang menarik bagi lulusan ilmu komputer.

Deskripsi ArenaLomba di atas merupakan beragam jenis peluang kerja lulusan ilmu komputer di masa depan yang menjanjikan. Semoga ulasan dari kami ini dapat memberikan informasi kepada segenap pembaca yang sedang mencari referensinya. Trimakasih,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here