Peluang Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Komunikasi merupakan bagian penting dari kehidupan. Melalui komunikasi dapat tercipta koneksi antar perorangan maupun dalam ruang lingkup masyarakat. Komunikasi yang baik perlu dimiliki individu untuk dapat melakukan proses interaksi sosial dengan orang lain. Selain sebagai media untuk berinteraksi, komunikasi juga merupakan salah satu program studi pada bidang pendidikan yang dikenal dalam istilah jurusan ilmu komunikasi.

Jurusan Komunikasi

Ilmu komunikasi ini pada dasarnya mampu menjadikan kecakapan dalam beriteraksi dengan orang lain, sehingga mampu menciptakan beberapa peluang kerja yang menjanjikan. Konsentrasi yang dipelajari dari bidang ilmu komunikasi juga cukup banyak diantaranya adalah multimedia, perfilman dan sebagainya.

Peluang Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Adapun ulasan tentang prospek kerja komunikasi ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Penulis

Komunikasi tidak hanya dapat terjadi melalui interaksi tetapi dapat juga dituangkan dalam bentuk tulisan. Menjadi seorang penulis dapat dijadikans ebagai peluang kerja bagi lulusan ilmu komunikasi. Keahlian menulis, penguasaan tata bahasa serta tingkat ketelitian tinggi yang dimiliki lulusan ilmu komunikasi menjadikan pekerjaan ini dapat dijalankan dengan mudah.

Lulusan ilmu komunikasi dapat membuat tulisan yang sifatnya memberikan informasi seperti artikel berita sampai karya novel. Selain itu dapat juga menulis script untuk karya audiovisual seperti film.

Humas

Kecakapan komunikasi yang baik menjadi senjata utama bagi lulusan ilmu komunikasi dalam bekerja sebagai bagian hubungan masyarakat. Humas mempunyai tugas menjadi penghubung antara suatu instansi dengan masyarakat melalui brand image suatu instansi tersebut.

Citra yang baik dari suatu instansi sangat penting untuk mendukung perkembangannya di masyarakat. Selain itu bagian humas juga berperan dalam mengontrol pers ketika suatu instansi mengalami krisis.

Periklanan

Lulusan ilmu komunikasi dapat bekerja di bagian periklanan dengan kemampuannya membuat sebuah iklan yang baik. Dalam hal ini kemampuan yang dituntut adalah melakukan analisis penggunaan bahasa, gambar dan lain sebagainya agar menjadi sebuah iklan yang menarik.

Bekerja di bagian periklanan mempunyai tugas memperlancar promosi dengan membentuk citra dari brand suatu produk barang atau jasa sehingga menarik dan dikenal oleh masyarakat.

Presenter

Presenter dituntut mempunyai bahasa yang baik ketika berbicara dan menyampaikan sesuatu. Kecakapan dalam berbicara dengan bahasa yang baik menjadi point penting dari pekerjaan ini. Bagi lulusan ilmu komunikasi yang mahir dalam hal berinteraksi dan membuat pembiacaraan yang menarik dapat sesuai dengan jenis pekerjaan ini.

Peluang kerja yang besar sebagai seorang presenter membuat pekerjaan ini banyak diminati oleh lulusan ilmu komunikasi.

Wartawan

Wartawan mempunyai tugas menulis dan melaporkan informasi (berita) dari suatu kejadian. Menjadi seorang wartawan harus mempunyai jiwa pemberani dan berkomitmen dalam menyajikan berita yang baik. Lulusan ilmu komunikasi mempunyai peluang besar untuk menjadi seorang wartawan dibekali dengan kepiawaian dalam penulisan dan melaporkan suatu persitiwa.

Sutradara

Peluang kerja menjadi seorang sutradara dengan gaji besar banyak diidamkan lulusan ilmu komunikasi. Seorang sutradara mempunyai tugas mengarahkan proses pembuatan film sesuai skenario serta bertanggung jawab dalam menjalankan proses produksi film sampai pasca produksi film. Tugas sebagai seorang sutradara professional dapat dinilai cukup berat namun sebanding dengan gaji yang diterima.

Fotografer

Pekerjaan sebagai seorang fotografer tidak hanya memotret gambar saja melainkan harus mampu merancang ide kreatif, merencanakan dan mempersiapkan proses foto sehingga lulusan ilmu komunikasi yang tertarik pada pekerjaan ini harus mempunyai penguasaan seputar kegiatan editing foto, merancang ide kreatif sampai melakukan penyetakan foto.

Produser

Seorang lulusan ilmu komunikasi mempunyai peluang menjadi peroduser yang bertanggung jawab dalam mengawasi tahapan proses pembuatan film mulai dari ide, pengembangan dan publikasi film tersebut. Bagi lulusan ilmu komunikasi yang mengambil konsentrasi pada bidang broadcasting tentu telah menguasai bagian produksi dan pasca produksi sehingga dapat menjadi pendukung utama dalam bekerja sebagai produser.

Juru Bicara

Jika bekerja dibagian hubungan masyarakat berarti menjadi wakil suatu instansi, juru bicara lebih kepada menjadi wakil individu dalam menjalin komunikasi dengan orang lain maupun masyarakat. Bagi lulusan ilmu komunikasi yang tertarik menjadi juru bicara diharuskan mempunyai kemampuan komunikasi yang baik agar tidak terjadi kesalahpahaman diantara kedua pihak terkait serta informasi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik.

Tenaga Pengajar

Institusi pendidikan yang membuka program studi ilmu komunikasi cukup banyak di Indonesia bukan hanya di tingkat universitas melainkan di tingkats ekolah kejuruan juga ditawarkan jurusan ini. Hal tersebut menjadikan tenaga pengajar manjadi salah satu peluang kerja bagi lulusan ilmu komunikasi.

Bekerja sebagai tenaga pengajar berarti harus mampu mengajarkan dan memberikan infomasi mengenai bidang komunikasi dengan baik. Jenjang karir menjadi tenaga penagjar cukup menjanjikan dengan banyaknya tunjangan diluar gaji pokok yang diterima.

Desainer Grafis

Bagi lulusan ilmu komunikasi yang mempunyai ketertarikan dalam konsentrasi multimedia pekerjaan menjadis eorang desainer grafis dapat menjadi pilihan kerja yang sesuai. Desainer grafis mempunyai tugas menciptakan tipografi, ilustrasi dan grafis yang digunakan untuk menyampaikan informasi suatu produk melalui bentuk desain yang menarik.

Untuk menjadi seorang desainer grafis diwajibkan menguasai skill dalam penggunaan berbagai macam software seperti Adobe Photoshop, Corel Draw dan sebagianya.

Web Desainer

Lulusan ilmu komunikasi mempunyai peluang kerja sebagai web desainer dengan tugas merancang tata letak layout website agar menarik dan dapat menambah User Experience pengunjung. Seorang web desainer berfokus dalam pengerjaan desain mockup dari website sehingga dibutuhkan penguasaan dalam menggunakan software seperti Adobe Ilustrator, Mockplus, Desain Tool dan lainnya.

Editor

Sebagai lulusan ilmu komunikasi yang mempunyai tata bahasa yang baik dapat digunakan dengan bekerja sebagai seorang editor. Tugas editor adalah melakukan editing terhadap hasil tulisan yang dapat berupa naskah,artikel sampai novel sehingga lebih menarik untuk dibaca dengan tata bahasa yang lebih baik. Penguasaan tata bahasa yang baik menjadi kunci utama bekerja dalam posisi ini.

Negosiator

Bagi lulusan ilmu komunikasi yang berminat menjadi seorang negosiator dibutuhkan kemampuan berkomunikasi secara persuasif sehingga mampu memenangkan proyek besar. Selain itu kemampuan mengembangkan relasi sangat dibutuhkan untuk memajukan usahanya.

Seorang negositaor dibutuhkan dalam bidang Event Organisator, perikalanan dan pemasaran. Oleh karena itu peluang kerja ini mempunyai cakupan yang luas.

Creative Director

Bekerja sebagai creatif director dapat dilakuakn oleh lulusan ilmu komunikasi. Pekerjaan sebagai pemimpin kreatif dibutuhkan pada perusahaan pemasaran, publikasi, media dan website. Dibutuhkan kemampuan membuat konsep dan ide kratif yang kuat dalam menjalankan pekerjaan ini. Bagi lulusan ilmu komunikasi yang gemar berkreasi dan mengerjakan proyek akan sesuai jika bekerja dalam posisi ini.

Pengusaha

Bagi jurusan ilmu komunikasi tidak menutup kemungkinan untuk mendirikan usaha milik pribadi serta membuka lapangan pekrjaan bagi orang lain. Ilmu komunikasi yang dimiliki akan sangat membantu dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya. Selain itu melakukan inovasi juga dibutuhkan dalam dunia usaha agar dapat sesuai dengan perkembangan jaman.

Penyiar Radio

Radio merupakan salah satu media komunikasi yang mempunyai tingkat popularitas tinggi di masyarakat. Bagi lulusan ilmu komunikasi berpeluang besr untuk menjadi seorang penyiar radio. Kemampuan berkomunikasi dengan terampil menjadi modal utama pekerjaan ini. Tugas penyiar radio adalah menyampaikan informasi kepada pendengar.

Marketing Communications

Marketing Communications merupakan salah satu studi keilmuan pada bidang ilmu komunikasi. Untuk bekerja pada bagian komunikasi marketing diwajibkan mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik untuk menarik perhatian orang pada suatu produk yang ditawarkan. Bagi lulusan ilmu komunikasi yang notabene telah terbiasa membuat suatu komunikasi yang menarik dapat menjalankan pekerjaan ini dengan baik.

Cameramen

Kameramen atau juru kamera menjadi prospek pekerjaan yang baik bagi lulusan ilmu komunikasi. Juru kamera mempunyai tugas dalam mengoperasikan kamera dan bertanggung jawab atas aspek teknis dari suatu proses perekaman video dann gambar sehingga menghasilkan kualitas yang baik. Seorang kameramen diwajibkan menguasai teknik pengambilan gambar dengan baik.

Event Organizer

Untuk bekerja pada bagian Event Organizer dibutuhkan kemampuan komunikasi yang baik sehingga pekerjaan ini sesuai dengan lulusan ilmu komunikasi. Event Organizer mempunyai tugas untuk mengadakan berbagai jenis kegiatan dalam sebuah acara. Event Organizer bertugas mengurus suatu kegiatan sampai detai acara.

Itulah tadi ulasan dari ArenaLomba tentang peluang kerja jurusan komunikasi yang ternyata menjanjikan. Semoga tulisan ini bisa memantapkan kalian yang sedang mencari ulasan tentang program studi di Indonesia dan prospek kerjanya. Trimakasih,

Leave a Comment