Jurusan ilmu politik

Negara Indonesia tidak pernah terlepas dari dinamika perpolitikan yang kerapkali terjadi sehingga dibutuhkan ahli politik dalam menangani beragam probelma yang terjadi. Hal tersebut dapat menjadi peluang pekerjaan yang baik bagi ahli politik di Indonesia.

Jurusan Ilmu Politik

Ilmu politik memiliki salah satu peranan yang sangat penting bagi setiap bentuk negara di dunia. Hal ini disebabkan karena kehidupan manusia sendiri tidak terlepas daripada kajian tentang kekuasaan. Begitupula, jurusan politik di Indonesia akhir-akhir ini digandrungi oleh pelajar, lantaran memberikan paradigma tentang pengharmataan, pekerjaan yang menjanjikan, dan lain sebaginya.

Peluang Kerja Ilmu Politik

Berikut beberapa prospek kerja jurusan ilmu politik yang seringakali menjadi pilihan, antara lain sebagai berikut;

LSM

LSM merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat non pemerintahan yang mempunyai pengaruh dalam pemerintah melalui partisipasinya sebagai pengamat maupun aksi nyata. Jumlah LSM di Indonesia cukup banyak serta dapat membawa pengaruh yang besar di masyarakat dalam mengkritisi pemerintah.

Dalam LSM dibutuhkan ahli politik sebagai perumus pergerakan serta pemberi pandangan terhadap suatu keputusan pemerintah yang selanjutnya dibuktikan melalui pergerakan LSM tersebut. Peluang kerja sebagai anggota LSM cukup menarik bagi lulusan jurusan ilmu politik.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

BUMN merupakan badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung dan berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan. BUMN sebagai Badan Usaha Milik Negara sering diartikan bahwa negara berkuasa penuh terhadap kinerja BUMN.

Peran negara yang dominan dalam BUMN sebagai kepanjangan tangan penguasa yang sarat kepentingan politik merupakan salah satu sebab BUMN tidak dapat berkembang sebagaimana layaknya badan usaha. BUMN yang seharusnya lebih berpihak kepada perekonomian masyarakat dalam prakteknya justru menjadi kepentingan beberapa pihak yang berkuasa.

Dalam hal ini dibutuhkan peran dari ahli politik untuk meluruskan serta menjaga peran BUMN sesungguhnya sehingga badan usaha dapat lebih berkembang dan lebih menguntungkan masyarakat.

Instansi Pemerintah

Disetiap instansi pemerintah dibutuhkan tenaga ahli politik untuk menganalisa serta sebagai pengamat keberlangsungan sistem dalam isntansi tersebut agar tetap berjalan sebagaimana mestinya dan tidak hanya menguntungkan beberapa pihak saja.

Setiap instansi pemerintah terdapat staff yang khusus menangani bidang politik sehingga peluang kerja di instansi pemerintah dapat menjadi pilihan pekerjaan yang menarik bagi lulusan jurusan ilmu politik.

Lembaga Keuangan

Politik juga dibutuhkan dalam suatu lembaga keuangan untuk menangani gangguan dalam stabilitas keuangan yang mungkin terjadi akibat adanya isu non ekonomi di masyarakat. Salah satu isu yang sering terjadi di Indonesia adalah isu politik menyangkut perkembangan kondisi politik dalam negeri.

Kondisi ini sangat riskan terhadap gangguan keuangan yang mungkin dapat terjadi sehingga dalam setiap lembaga keuangan dibutuhkan tenaga ahli di bidang politik untuk mengamati kondisi seperti ini serta membuat kebijakan melalui pandangan politik tersebut untuk tetap menjaga stabilitas ssitem keuangan.

Departemen Luar Negeri dan Dalam Negeri

Bagi lulusan jurusan ilmu politik mempunyai peluang kerja yang cukup baik sebagai bagian dari Kementrian Luar Negeri dan Dalam Negeri Republik Indonesia. Kementrian ini mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang politik dan hubungan luar negeri dan dalam negeri untuk membantu Presiden dalam pemerintahan negara.

Peran lain ketika bekerja di Kementerian Luar Negeri RI adalah Membuat rumusan, penetapan dan pelaksanaan kebijakan di bidang politik dan hubungan luar negeri, melakukan pengelolaan barang milik negara yang menjadi tanggung jawab Kementrian Luar Negeri, Mengawasi pelaksanaan tugas di LIngkungan Kementrian Luar Negeri dan Melaksanakan kegiatan teknis dari pusat sampai ke daerah.

Lembaga Pelayanan Publik

Lulusan jurusan ilmu politik yang bekerja di bagian lembaga pelayanan publik akan bekerja dalam menagani hubungan kerjasama pemerintah dengan pihak swasta dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Ahli politik yang paham mengenai otonomi daerah beserta kebijakannya dapat menjalankan pekerjaan ini dengan baik.

Adanya otonomi daerah telah membuka peluang bagi pemerintah untuk mengembangkan kebijakan lokal secara bijaksana. Namun dalam pelaksanaan kebijakan tersebut belum dapat diterapkan secara maksimal karena keberadaan tidak diimbangi dengan kapasitas sumber daya manusia dan finansial yang memadai. Dengan demikian banyak terjadi keterlambatan dalam pembangunan terutama pembangunan infrastruktur.

Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah daerah perlu mencari solusi atas persoalan yang terjadi dengan melibatkan berbagai pihak dalam pelaksanaan pembangunan seperti pihak swasta, masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, dan Non Governmental Organisation (NGO). Bagi lulusan jurusan ilmu politik dapat juga berperan dalam mengadakan koordinasi dengan pihak terkait mengenai pembangunan dalam sudut pandang politik bersama beberapa pihak terkait.

Analis Politik

Lulusan jurusan ilmu politik berpeluang untuk menjadi seorang analis politik yang bertugas menganalisis dan mengamati isu politik yang menyebar di masyarakat. Dinamika politik yang kerap terjadi di Indonesia membutuhkan seorang pengamat untuk memberikan pandangannya terhadap persoalan politik yang sedang terjadi. Untuk jenis pekerjaan ini dibutuhkan wawasan yang luas dalam dunia politik sehingga pandangan yang disampaikan dapat menimbulkan pengaruh di masyarakat.

Negosiator

Nagosiator merupakan orang yang melakukan negosiasi dengan beberapa tujuan seperti menjual gagasan atau produk, mempelajari tawaran klien, menyelesaikan konflik serta menawarkan suatu solusi.

Bagi lulusan ilmu politik yang bekerja sebagai seorang negosiator diharuskan mempunyai komunikasi yang baik, berjiwa pantang menyerah, cerdas dan berwawasan luas serta berkepribadian baik sehingga dapat mempengaruhi klien dengan pernyataan seputar suatu permasalahan maupun hal lainnya.

Analis Kebijakan

Ahli politik juga dapat menjadi seorang analis suatu kebijakan dengan kemahiran yang dimiliki dalam membuat kebijakan. Tugas seorang analis kebijakan adalah menganalisis dan mengamati suatu kebijakan serta memaparkan pandangannya terhadpa suatu kebijakan tersebut.

Dalam pengambilan kebijakan dibutuhkan kritik serta masukan agar kebijakan yang diambil dapat menguntungkan berbagai pihak terkait. Selain itu kebijakan akan lebih baik jika ditinjau dari berbagai pihak salah satunya bidang politik. Berkaitan dengan hal tersebut maka dibutuhkan seorang analis yang berasal dari bidang politik.

Praktisi Politik

Lulusan ilmu politik dapat bekerja sebagai praktisi politik dengan bekal wawasan dan sikap politis yang dimiliki. Banyaknya partai politik di Indonesia membuka peluang besar bagi ahli politik yang tertarik menjadis praktisi politik.

Praktisi politik adalah seorang yang secara aktif melakukan kegiatan politik baik dalam suatu partai maupun organisasi kemasyarakatan seperti ormas atau LSM. Pekerjaan ini mempunyai jenjang karir yang cukup baik dengan adanya beberapa jabatan yang berawal dari praktisi politik.

Governance Relation Officer

Governance Relation Officer merupakan suatu pekerjaan yang menangani masalah hubungan perusahaan dengan pemerintah dan lembaga legislatif yang mana dalam hal ini membutuhkan keahlian khusus untuk mencapai hasil yang positif sehingga dapat di terima oleh publik melalui perencanaan pemerintah.

Terkait dengan hal tersebut ahli politik diperlukan untuk menggali informasi dari pemerintah, memonitoring dan interpretasi langkah pemerintah, menyampaikan feed back perusahaan atas berbagai kebijakan pemerintah serta mendukung pemasaran. Lulusan ilmu politik yang pandai berkomunikasi dan melakukan pendekatan dan negosiasi yang baik akan sesuai dengan pekerjaan ini.

Aktivis Sosial atau Pekerja Organisasi Nirlaba

Aktivis sosial yang berhubungan dengan bidang politik dapat menjadi peluang pekerjaan yang cukup luas di masyarakat. Bekerja sebagai aktivis sosial berarti dibutuhkan kemampuan berbicara secara komunikatif dalam masyarakat.

Organisasi nirlaba juga membutuhkan ahli politik untuk mengisi posisi yang berkaitan dengan bidang politik pada salah satu kelembagaannya sehingga pekerjaan ini dapat dijadikan sebagai peluang kerja yang baik bagi lulusan jurusan ilmu politik.

Staff Diplomatik

Peluang kerja dengan jenjang karir yang cukup baik adalah dengan bekerja sebagai staf diplomatik yang merupakan lembaga kenegaraan di luar negeri dengan tugas membina hubungan politik dengan negara lain, mengadakan perundingan masalah-masalah yang dihadapi kedua negara itu dan berusaha untuk menyelesaikannya serta mengurus kepentingan negara serta warga negaranya di negara lain.

Bagi lulusan ilmu politik yang tertarik dengan pekerjaan  ini diwajibkan berkemampuan bahasa asing yang baik untuk mendukung bidang ilmunya.

Staff Kedubes Indonesia atau Asing

Bekerja dalam sebuah kantor perwakilan utama Indonesia di negara asing yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia merupakan suatu pekerjaan yang menarik. Pekerjaan ini mempunyai prospek cemerlang dengan jenjang karir menjanjikan sehingga dapat dijadikan sebagai pekerjaan impian bagi lulusan ilmu politik.

Tenaga Ahli Hak Asasi Manusia (HAM)

Bagi lulusan ilmu politik yang tertarik bekerja sebagai tenaga ahli Hak Asasi Manusia dapat berpartisipasi dalam kegiatan sosialisai hal yang berkaitang dengan bidang politik kepada msyarakat sehingga pemahaman masyarakat mengenai politik dapat bertambah maupun diluruskan.

Selain itu juga dapat terlibat dalam penyelesain permasalahan hak asasi manusia yang berhubungan dengan kegiatan politik.

Politisi

Politisi merupakan seseorang yang terlibat dalam politik dan termasuk figur politik yang ikut serta dalam pemerintahan. Seorang politikus harus mampu merumuskan kebijakan-kebijakan strategis yang memihak kepentingan politik serta membuat undang-undang yang dapat menjamin legalnya keadilan sosial dan keteraturan hidup bermasyarakat.

Oleh karena itu, lulusan ilmu politik yang berminat menjadi politisi harus mempunyai pemahaman yang baik dalam bidang politik.

Anggota Dewan

Anggota dewan secara langsung terlibat dalam kegiatan politik dalam kesehariannya. Banyak kebijakan yang berkenaan langsung dengan kegiatan politik dan sebagainya. Untuk menjadi anggota dewan biasanya harus tergabung dalam partai politik lalu kemudian akan dicalonkan sebagai anggota dewan.

Peneliti

Tidak menutup kemungkinan bagi lulusan jurusan ilmu politik untuk menjadi peneliti. Banyak kajian politik yang harus diteliti dan membutuhkan pembaharuan sesuai dengan dinamika politik yang terjadi di Indonesia sehingga perkembangan sistem politik dapat berjalan dengan baik.

Bagi ahli politik yang tertarik menjadi peneliti diperlukan kemampuan analisis yang tinggi terhadap suatu permalasahan agar dapt ditemukan solusinya serta berwawasan cukup luas.

Wartawan

Wartawan di media masa ataupun media online kerapkali memerlukan lulusan ilmu politik, hal ini lantaran prodi studi ini menberti tentang kabar terkini dan kajian dalam memperebutkan kekuasaan serta mengelola menejamen konflik. Sehingga prospek lulusannya juga berpeluang menjadi wartawan.

Dosen

Lulusan ilmu politik berpeluang menjadi tenaga pengajar pada instansi pendidikan yang ada di Indonesia. Hampir setiap instansi pendidikan membuka jurusan politik sebagai salah satu program studi bagi calon peserta didik sehingga peluang kerja di bidang pendidikan cukup luas dengan jenjang karir yang menjanjikan serta gaji yang cukup tinggi.

Nah, itulah tadi artikel dari ArenaLomba tentang peluang kerja jurusan ilmu politik yang menjanjikan dan bisa menjadi pilihan. Semoga hadirnya tulisan ini bisa memberikan informasi kepada segenap pembaca tentang masa depan program studi. Trimakasih,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here