Jurusan kedokteran

Jurusan kedokteran banyak dibutuhkan dalam berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan kesehatan makhluk hidup terutama bagi manusia itu sendiri. Program studi dibidang ini mempunyai banyak kajian ilmu dan spesialisasi bidang yang mempunyai prospek kerja cukup baik.

Jurusan Kedokteran

Sejatinya untuk lulusan kedokteran tidak hanya berkesempatan bekerja pada bidang kesehatan saja melainkan terdapat jenis pekerjaan lain yang membutuhkan tenaga dokter untuk menjalankan berbagai macam bentuk pekerjaannya. Bahkan mayoritas kampus di Indonesia prodi ini menjadi yang paling banyak diminati meskipun tidak sedikit dana yang harus dikeluarkan.

Peluang Kerja Jurusan Kedokteran

Adapun penjelasan mengenai berbagai macam prospek kerja lulusan kedokteran yang menjadi catatan baik di masa depan, antara lain adalah sebagai berikut;

Dokter Umum

Pekerjaan sebagai doketr umum terfokus pada pengobatan penyakit yang menyerang manusia dan menolong mengatasi masalah kesehatan tersebut. Dokter umum menyediakan layanan yang bersifat menyeluruh terhadap pasien.

Dokter umum seringkali terdapat pada pusat gawat darurat utama untuk menyediakan layanan konsultasi terhadap pasien. Bagi lulusan kedokteran yang berminat menjadi dokter umum dituntut mempunyai pengetahuan yang luas berkaitan dengan berbagai kondisi kesehatan serta terlatih untuk menilai masalah dan menentukan pengobatan yang tepat.

Kementrian Kesehatan

Kementrian kesehatan merupakan bagian penting pada suatu pemerintahan yang menangani masalah kesehatan di negara Indonesia. Kementrian ini bertugas membuat suatu kebijakan yang berkaitan dengan kesehatan dalam masyarakat berdasarkan data dan informasi yang diperoleh.

Prospek kerja sebagai bagian kementrian kesehatan cukup menanjikan dan cukup banyak diminati lulusan kedokteran.

Kesehatan Masyarakat

Jurusan kedokteran juga mempelajari tentang kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan peningkatan pola hidup sehat di masyarakat. Bidang kesehatan masyarakat merupakan gabungan ilmu medis dan ilmu sosial. Seorang dokter yang menangani masalah kesehatan masyarakat harus dapat melakukan pengorganisasian di masyarakat dengan baik sehingga dapat menjalankan tugasnya secara optimal.

Tenaga Pengajar

Bagi lulusan kedokteran yang mempunyai kemampuan membagikan ilmu kepada orang lain dan cakap dalam berkomunikasi dengan baik dapat bekerja menjadi tenaga pengajar pada tingkat universitas. Banyak institusi pendidikan yang membuka jurusan ini sebagai salah satu program studi unggulan yang menjadikannya sebagai peluang kerja bagi lulusan kedokteran.

Jenjang karir serta gaji yang tinggi menjadikan pekerjaan ini cukup menjanjikan. Kritera untuk menjadi tenaga pengajar atau biasa disebut dosen adalah mempunyai jenjang pendidikan minimal S2.

Berwirausaha

Lulusan kedokteran tidak menutup kemungkinan untuk membuka usahanya sendiri yang masih berkaitan dengan dunia kesehatan. Seperti mempunyai apotik atau pengobatan herbal sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Dibutuhkan kemampuan berfikir secara tepat dalam menjalankan usahanya dan tetap memperhatikan aturan yang ada sehingga tidak menimbulkan kerugian untuk orang lain.

Peneliti

Bagi lulusan kedokteran yang mempunyai rasa ketertarikan terhadap dunia penelitian dapat bekerja sebagai seorang peneliti. Peneliti dibidang kedokteran banyak dibutuhkan untuk menghasilkan penemuan baru yang bermanfaat bagi kehidupan seperti melakukan riset untuk menemukan pengobatan suatu penyakit.

Bekerja sebagai peneliti diharuskan mempunyai daya analisa yang kuat terhadap suatu permasalahan sehingga dapat ditemukan solusi yang tepat.

Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK)

Salah satu ilmu yang dapat dipelajari selama menempuh kuliah di jurusan kedokteran adalah Ilmu Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK), Dalam pekerjaan ini lulusan kedokteran dituntut untuk mengkaji permasalahan kesehatan di masyarakat berdasarkan data, informasi dan status kesehatan masyarakat untuk dapat membuat keputusan dalam mengeluarkan kebijakan di bidang kesehatan.

Kebijakan yang dikeluarkan dapat memajukan kualitas kesehatan di masyarakat tersebut. Contoh pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi kebijakan kesehatan adalah manager rumah sakit, manager puskesmas, manager layanan medis dan sebagainya.

BNN

Badan Narkotika Nasional membutuhkan banyak tenaga yang berasal dari jurusan kedokteran dalam melakukan pemeriksaan medis kepada para pengguna narkoba. Selain itu juga bertugas dalam membuat keputusan tentang status rehabilitasi pihak bersangkutan.

Peran dokter disini sangat dibutuhkan sehingga bekerja pada BNN dapat menjadi peluang kerja yang menjanjikan bagi lulusan kedokteran.

Fisioterapi

Lulusan kedokteran dapat bekerja sebagai fisioterapi yang berhubungan dengan fungsi gerak tubuh manusia baik gerak otot, sendi dan tulang. Lulusan kedokteran telah mempelajari mengenai anatomi selama menempuh pendidikan sehingga pekerjaan ini dapat sesuai. Pekerjaan ini lebih dikenal dengan dokter spesialis pengobatan fisik dan rehabilitasi.

Kesehatan Lingkungan

Menjadi seorang dokter tidak selamanya terfokus kepada penyembuhan penyakit yang menginfeksi makhluk hidup melainkan dapat juga bekerja dalam lingkup menciptakan lingkungan sehat bagi kehidupan. Salah satunya yaitu bekerja pada bidang kesehatan lingkungan untuk mengatasi masalah sanitasi makanan, pengolahan limbah, ketersediaan air bersih dan sebagainya sebagai komponen utama dalam membentuk kehidupan yang sehat serta mencegah terjadinya penyakit.

Dalam pekerjaan ini lulusan kedokteran diperlukan dalam membuat perencaanaan pola hidup sehat dengan kondisi lingkungan yang mendukung.

Dokter Hewan

Lulusan kedokteran mempunyai peluang besar untuk menjadi dokter hewan. Sebagai seorang dokter hewan diharuskan menguasai tentang penyakit yang diderita hewan serta mempunyai tingkat kepedulian yang tinggi terhadap salah satu jenis makhluk hidup ini. Pekerjaan ini mempunyai prospek kerja yang menjanjikan.

Radiologi

Salah satu bidang keilmuan yang berkaitan dengan bidang kedokteran adalah radiologi. Lulusan kedokteran dengan konsentrasi ilmu ini dapat bekerja dalam posisi ini. Bekerja sebagai seorang radiolog dibutuhkan pemahaman yang luas mengenai diagnosis dalam tubuh manusia dengan bantuan sinar X yang biasanya digunakan dalam mendiagnosis suatu penyakit terkait kesehatan organ dalam tubuh manusia.

Dokter di Perusahaan

Banyak perusahaan besar di Indonesia yang mempunyai klinik sendiri untuk menangani kejadian darurat dalam bekerja. Peluang ini dapat dimanfaatkan oleh lulusan kedokteran untuk bekerja pada posisi ini. Dokter pada perusahaan akan banyak menangani kasus kecelakaan dalam bekerja dan melakukan pengecekan kesehatan pada karyawan perusahaan.

Dokter Gigi

Dokter gigi merupakan salah satu jenis dokter yang banyak dibutuhkan di instansi kesehatan. Peluang menjadi dokter gigi sangat besar bagi lulusan kedokteran yang mempunyai konsentrasi kedokteran gigi untuk bekerja pada posisi ini. Dokter gigi bertanggung jawab melakukan pemeriksaan dan pengobatan penyakit yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut.

Analis Kesehatan

Analis kesehatan bertugas melakukan analisia kesehatan pada makhluk hidup baik manusia maupun hewan. Pemeriksaannya berhubungan dengan kesehatan pada makhluk hidup tersebut serta penanganan yang tepat jika terjadi penyakit yang serius.

Seorang analis kesehatan diwajibkan berkemampuan analisa yang kuat serta mampu berfikir tepat dalam mengambil suatu tindakan.

Mikrobilogi Klinik

Perkembangan penyakit yang semakin meningkat serta banyak menimbulkan kerugian pada makhluk hidup khususnya manusia membutuhkan seorang dokter dengan minat mikrobiologi klinik untuk berperan aktif menentukan metodologi yang tepat dalam mengidentifikasi agen penyebab penyakit dan memberikan informasi pada instansi berwenang dalam menentukan kebijakan penanggulangan infeksi tersebut. Hal tersebut membuka peluang pekerjaan bagi lulusan kedokteran untuk menjadi seorang mikrobiolog klinik.

Dokter Forensik dan Medikolegal

Ilmu forensik dibutuhkan dalam pembuktian perkara pidana yang berkaitan dengan tubuh atau jiwa manusia dan keadaan darurat lainnya sehingga menjadi dokter forensik dapat menjadi pilihan pekerjaan yang tepat. Dalam pekerjaan ini dibutuhkan pemahaman yang tepat serta analisa yang jeli terhadap segala seuatu yang dapat menimbulkan dampak buruk terhadap fisik manusia. Hasil analisa dapat menjadi pertimbangan kasus pidana yang menyangkut jiwa manusia.

Dokter Anak

Lulusan kedokteran dapat menjadi dokter spesialis anak yang menangani perkembangan serta masalah pada diri seorang anak. Dokter anak merupakan peluang kerja yang menarik karena menangani masalah anak serta dapat membantunya dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Dibutuhkan kemampuan adaptasi dan kepribadian hangat terhadap anak jika bekerja pada posisi ini.

BPOM

Selain bekerja di bidang kesehatan secara langsung, lulusan kedokteran juga dibutuhkan pada bagian Badan Pengawasan Obat dan Makanan. Badan ini melakukan pengecekan secara berkala terhadap peredaran obat dan makanan di masyarakat.

Lulusan kedokteran dapat berperan pada bagian laboratorium untuk menjamin keamanan suatu makanan atau dosis obat yang beredar dipasaran. Dibutuhkan pengetahuan terhadap kandungan berbahaya yang mungkin terindikasi dalam suatu makanan atau obat sehingga dapat dilakukan tindakan penarikan terhadap produk tersebut.

Laboratorium Perusahaan Makanan dan Minuman

Lulusan kedokteran yang bekerja pada bagian laboratorium pada suatu perusahaan makanan dan minuman mempunyai tugas mengecek kandungan gizi pada makanan serta menjamin keamanan suatu produk makanan maupun minuman. Dibutuhkan pengetahuan yang tinggi mengenai kesehatan pangan dan kandungan gizi yang dapat bermanfaat bagi konsumen.

Nah, itulah tadi pengulasan dari ArenaLomba tentang jenis peluang kerja Jurusan Kedokteran di masa depan yang menjanjikan. Semoga ya, tulisan ini memberikan wawasan serta informasi mendalam bagi segenap pembaca yang sedang mencari informasinya. Trimakaish,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here