Jurusan kimia

Peluang Kerja Jurusan Kimia (Pendidikan, Murni, dan Teknik)

Jurusan kimia

Ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, sifat dan perubahan dari adanya suatu zat. Ilmu ini akan sangat erat kaitannya dengan permasalahan-permasalahan sifat suatu unsur dan atom, bagaiamana cara pembentukan suatu senyawa, bagaimana atom dapat berikatan satu sama lainnya, apa kegunaan dari suatu material, bagaimana reaksi yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan manusia adalah penjelasan mengenai definisi ilmu kimia. Oleh karena itu luasnya bahasan yang termasuk dalam suatu ruang lingkup kimia, maka para ahli mengatakan  ilmu kimia sebagai “central science” atau pusat dari sebuah  ilmu pengetahuan. Begitupula dengan jurusan kimia dibentuk sebagai dasar ilmu yang dapat menjembatani semua ilmu pengetahuan alam, seperti biologi, fisika, geologi bahkan astronomi.

Jurusan Kimia

Jurusan kimia di Indonesia ini sejatinya terbagi dalam beragam bentuk, misalnya di bidang keguruan ada Jurusan Pendidikan Kimia, pada Faklutas Teknik ada Teknik Kimia, begitupula dalam MIPA ada Kimia murni. Dalam aspek pekerjaan tentusaja pilihannya beranekaragam sebab masa depan jurusan kimia ini termasuk dalam kategori yang menjanjikan.

Peluang Kerja Jurusan Kimia

Adapun sebagai penjelasan lebih lanjutnya, dalam ulasan ini akan membagikan tentang prosepek jurusan kimia, diantaranya adalah sebagai berikut;

Bidang Industri

Banyak perusahaan-perusahaan Industri yang sangat membutuhkan keahlian dari sarjana kimia. Salah satu contoh Industri yang sangat membutuhkan lulusan sarjana Kimia ialah Perusahaan Obat-obatan/ Farmasi, Perusahaan Tekstil, Perusahaan Bahan Bangunan, Perusahaan Perminyakan, Perusahaan Pupuk, Perusahaan Kosmetika, Perusahaan Pertambangan, Perusahaan Pertanian, dan lain sebagainya.

Berbagai  posisi atau bagian yang bisa ditempati oleh lulusan Sarjana Kimia antara lain: Quality Control, Produksi ataupun Research and Development Division.

Lembaga Penelitian

Tumbuhnya sikap kritis akan tentu menjadikan lulusan kimia untuk dapat selalu mencari jalan keluar dari permasalahan dan isu-isu tersebut. Untuk dapat menjadi bagian dari bidang ini perlu dilakukannya usaha yang baik agar menghasilkan yang baik pula. Peneliti tidak dengan mudah menghasilkan solusi dari suatu masalah.

LIPI, Balai Penelitian Daerah, Balai Penelitian SDA, dan banyak lembaga-lembaga penelitian lainnya di Indonesia akan semakin meningkat.

Tenaga Pengajar

Peluang menjadi seorang dosen juga akan dapat terbuka sangat lebar, namun tentu saja harus minimal kuliah S2 terlebih dahulu. Menjadi seorang tenaga pengajar mungkin juga dapat menjadi salah satu pilihan bagi seorang sarjana Kimia.

Untuk menjadi seorang guru di sekolah, atau guru kursus bahkan sudah dapat digeluti sejak masa kuliah. Sedangkan untuk menjadi seorang pendidik tidak perlu gelar master, hanya perlu melatih kemampuan menjelaskan dan menguraikan materi saja sudah dapat  menjadi guru SMA ataupun guru Les. Prospek ini terbuka lebar mengingat mata pelajaran kimia ialah mata pelajaran wajib.

Konsultan/Consultant Agency

Seorang sarjana memang erat hubungannya dengan pekerjaan konsultan, tentu saja disini sebagai konsultan di bidangnya, yakni pada bidang kimia. Akan banyak perusahaan-perusahaan yang membutuhkan konsultasi dengan konsultan/agen konsul kimia untuk dapat mengerjakan proyeknya.

Kita dapat bekerja sebagai seorang Konsultan mandiri ataupun bekerja sebagai konsultan di perusahaan Consultant Agency.

Entrepreneur

Menjadi seorang wirahusahawan memang tidak mempunyai batasan, siapa saja dapat bekerja menjadi seorang Entrepreneur. Apalagi untuk seorang sarjana kimia, banyak sekali potensi yang ada jika mau menjadi seorang Entrepreneur dengan menciptakan produk atau perusahaannya sendiri.

Pegawai Negeri

Sama halnya dengan berwirausaha, setiap orang juga dapat  mempunyai kesempatan untuk bekerja menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS). Untuk dapat gelar lulusan Kimia sendiri banyak instansi pemerintahan yang sesuai dengan kemampuannya seperti Kementrian ESDM, Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian, dan lain sebagianya.

Bidang  Kimiawan Anorganik

Seorang kimiawan anorganik ialah orang yang sudah ahli dalam proses melakukan penelitian pada bidang material dan kristal. Dalam hal yang seperti ini selain sebagai yang mempelajari mengenai lapisan logam, dalam hal ini juga dapat sebagai pembentukan kristal dan beragam desain material yang lainnya.

Dalam hal ini seorang yang memang telah ahli dalam kimia anorganik bisa juga sebagai yang meneliti pembuangan limbah.

Bidang Ahli Forensik

Ahli forensik ialah kimiawan yang sudah bekerja di dalam lokasi kriminal untuk melakukan penyelidikan tentang bukti –bukti kejahatan yang telah di lakukan. Ataupun kejadian yang sudah terjadi saat ini. Seorang yang bekerja di bagian ahli forensik tersebut bekerja di bagian yang menyelidiki sisa rambut, serat pabrik, minyak, oli,cat ataupun darah yang sudah  terjadi di dalam suatu kejahatan tersebut.

Dalam hal ini juga seorang yang sudah bekerja di bidang ahli forensi ini meneliti suatu kejadian agar dalam suatu peristiwa yang sudah terjadi dapat di temukan titik suatu masalah yang sudah terjadi ataupun yang telah di lakukan tersebut.

Bidang  Ahli Lingkungan

Adalah peluang yang sangat besar dan luas sekali cangkupannya untuk seorang lulusan dari jurusan kimia bekerja di bagian ahli lingkungan. Sehingga dalam hal ini banyak sekali seorang yang baru saja  lulus dari jurusan kimia banyak yang sudah menacari peluang pekerjaan yang sangat tepat menurutnya ialah  menjadi seorang yang bekerja di bagian ahli lingkungan.

Perlu kita ketahui bersama bahwa seorang yang telah ahli di bidang ahli lingkungan akan meneliti dari aktifitas industri dan tamabang manusia tersebut. Dalam hal ini seorang teknik kimiawan tersebut sudah memberikan sebuah teknik pengelolaan limbah untuk penghasilan limbah tersebut. Agar tidak menghasilkan limbah yang sangat berbahaya untuk lingkungan tersebut.

Bidang Sales Bahan Kimia

Telah kita ketahui bersama, bahwa semua industri yang ada dalam sebuah perusahaan yang sudah membentuk ataupun membuat sebuah produk pasti membutuhkan bahan kimia. Sehingga dalam hal ini seluruh  industri yang membutuhkan bahan kimia tersebut, bahan kimia tersebut akan di pasok ke pabrik-pabrik melalui sales bahan kimia tersebut.

Kemudian dalam hal ini juga seorang tersebut akan bekerja untuk terus dapat mempromosikan bahan kimia tersebut di perusahaan-perusahaan tersebut. Karena seorang yang sudah memiliki sebuah perusahaan besar pasti memerlukan seorang sales, sehingga dalam hal yang seperti ini seorang sales sangat di butuhkan oleh sebuah prusahaan tersebut.

Karena seorang sales ialah seorang yang memang telah bernegosiasi, dan juga dapat menawarkan bahan kimia tersebut yang memang sangat di butuhkan oleh seorang  sales tersebut.

Bidang Organic Chemist

Dalam hal ini seorang yang sudah bekerja di bagian organic chemis sangat cocok untuk jurusan ilmu kimia. Seseorang yang mempunyai kemampuan dalam menganalisa dan meneliti mengenai senyawa organik. Kemampuan ini sangatlah penting dan sangat diperlukan dalam industri-industri.

Pabrik karet, obat-obatan, bedak dan kosmetik bahkan bahan bakar semuanya ialah senyawa karbon yang menjadi keahlian Kimiawan organik. Hampir seluruh  perusahaan farmasi di Indonesia memerlukan kimiawan organik ini, kemampuan mereka dalam mensintesis senyawa karbon akan sangat dibutuhkan sekali di perusahaan farmasi.

Ceramic Engineer 

Terlibat dalam proses pembuatan keramik menjadi produk jadi. Pekerjaan ini sulit dilakukan. Dibutuhkan ketelitian yang baik dalam prosesnya. Manfaat yang didapat yaitu menciptakan suatu produk.

Composites Engineer  

Membuat bahan baku dengan teknologi khusus, dan selanjutnya  digunakan dalam industri pesawat terbang, automobil dan industri lainnya. Pembuatan bahan tersebut tidak mudah. Industri tersebut dapat memberikan banyak keuntungan.

Metallurgical Engineer 

Mengkhususkan diri pada bahan baja seperti besi, alloy dan aluminium, untuk diolah menjadi produk jadi. Hal tersebut tidaklah pekerjaan yang mudah, melainkan pekerjaan yang membutuhkan keseriusan dalam pengerjaannya. Untuk itu apapun jenis pekerjaannya mempunyai  tingkat kesulitannya masing-masing.

Plastics Engineer

Mengembangkan dan menguji plastik atau polimer untuk kegunaan hal lain. Hal tersebut bukan pekerjaan yang mudah, melainkan pekerjaan yang membutuhkan keseriusan dalam pengerjaannya. Untuk itu apapun jenis pekerjaannya mempunyai  tingkat kesulitannya masing-masing.

Semiconductor Processing Engineer

Menerapkan prinsip ilmu materi dan teknik untuk dapat  menghasilkan materi mikroelektronik untuk pembuatan teknologi komputer, penginderaan, dan lain-lain. Ketepatan dan ketelitian sangat benar diperlukan. Maka setiap pengerjaan akan membuahkan hasil yang baik.

Unit Pengolahan Limbah

Industri pengolahan limbah bisa dimasuki oleh lulusan Teknik Kimia Indonesia karena memang lulusan Teknik Kimia punya basic relatif kuat dalam pengolahan limbah (waste treatment). Lulusan Teknik Kimia banyak dikatakan dapat merebut kesempatan kerja lulusan Teknik Lingkungan.

Lulusan Teknik Kimia bisa bekerja di perusahaan PPLI, atau di-support system berbagai perusahaan besar, contohnya di unit pengolahan limbah di Oil and Gas Industry.

Banking

Dunia perbankan juga bisa diselami oleh lulusan Teknik Kimia, contohnya bekerja sebagai analis di bank untuk membantu feasibilty study/analysis ketika bank hendak memberikan pinjaman ke suatu badan usaha/organisasi yang hendak meminjam dana.

Lulusan Teknik Kimia akan mempunyai  kelebihan analisis dalam feasibility study untuk proyek pembangunan industri-industri, mulai dari industri kecil hingga industri besar. Hal tersebut karena lulusan Teknik Kimia yang dibekali dengan pengalaman analisis studi kelayakan perancangan pabrik kimia.

Agrochemist

Kurang yakin jika profesi ini sudah ada di Indonesia, tetapi profesi ini benar-benar banyak dibutuhkan di negara-negara maju. Agrochemist ialah kimiawan yang bekerja dalam bidang agroindustri (industri pertanian dan perkebunan). Pokok utama pekerjaannya ialah untuk dapat meningkatkan hasil panen dan sumberdaya pangan manusia.

Penelitian, produksi dan analisis herbisida juga pestisida ialah tanggung jawab mereka. Mereka dibutuhkan baik di instansi pemerintah maupun bagi pihak swasta(Perusahaan)

Geochemist

Geochemist ialah salah satu profesi yang memiliki masa depan cerah di Indonesia, walaupun sampai sekarang posisi ini lebih banyak ditempati oleh lulusan geologi. Geochemist ialah seseorang yang dapat mampu melakukan penelitian mineral, bebatuan dan penambangan.

Mereka juga dapat mampu mencoba  menganalisa dampak penambangan di suatu wilayah. Profesi ini sangat diperlukan untuk banyak perusahaan tambang di seluruh dunia.

Nah, itulah tadi ulasan dari ArenaLomba tentang peluang kerja jurusan kimia, baik pendidikan, murni, ataupun teknik. Semoga melalui artikel ini memberikan wawasan ya, serta memberikan informasi mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakaish,

Leave a Comment