Jurusan matematika

Matematika merupakan salah satu ilmu sains/eksak yang banyak digunakan dalam kehidupan untuk menyelesaikan beragam permasalahan maupun mempermudah pekerjaan. Sebagai lulusan jurusan matematika mempunyai banyak peluang kerja mengingat kebutuhan ilmu ini yang sangat tinggi.

Jurusan Matematika

Matematika sebagai ilmu pengetahuan di dunia memberikan kewajiban bagi siapa saja untuk belajar. Demikianpula di Indonesia, pelajaran ini secara kontinu sampai saat ini dipraktektan dari jenjang pendidikan SD, SMP. Sampai dengan SMA. Adapun untuk di tingkat perguruan tinggi program studi matematika terbagi atas 2 bagian yang tidak sama, yakni program studi pendidikan matematika di FKIP/Tarbiah dan matematika di FMIPA (Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam).

Peluang Kerja Jurusan Matematika

Adapun penjelasan mengenai beberapa prospek kerja bagi jurusan matematika, antara lain adalah sebagai berikut;

Peneliti/Ahli Matematika

Lulusan ilmu matematike murni dapat bekerja sebagai ahli matematika. Pekerjaan ini banyak dibutuhkan karena masih minimnya penelitian mengenai ilmu sains yang dilakukan Negara Indonesia sehingga pemerintah menggalakan program penelitian.

Pekerjaan ini berisi lulusan jurusan sains salah satunya matematika untuk bekerja di lembaga sains seperti LIPI, LAPAN, BATAN dan seabagainya. Dalam ebkerja sebagai peneliti dibutuhkan lulusan matematika yang mempunyai kemampuan analisa tinggi serta menguasai pondasi matematika dengan baik.

Ahli Statistika

Statistika merupakan salah satu bagian ilmu dalam matematika. Statistika mengintegrasi dasar-dasar matematika dan melakukan pengolahan dan analisa data. Lulusan ilmu matematika berpeluang besar untuk menjadi seorang ahli statistika dengan dibekali kemampuan analisa yang baik, ketelitian yang tepat dan ketepatan dalam berfikir. Seorang ahli statistika dapat bekerja di instansi pemerintah seperti Badan Pusat Statistika.

Programmer

Seorang programmer bukan hanya berasal dari jurusan teknik informatika. Lulusan matematika juga mempunyai peluang bekerja dibidang ini karena selama menempuh pendidikan pada bidang ilmu matematika terdapat peminatan matematika komputasi yang digunakan untuk menyelesikan optimasi suatu masalah melalui pemodelan yang disimulasikan dengan bantuan komputer.

Untuk menjadi seorang programmer dituntut untuk menguasai aljabar dan logika matematika yang merupakan dasar dari sebuah pemrograman sehingga pekerjaan ini dapat sesuai bagi lulusan jurusan matematika.

Arsitektur

Arsitektur bukan hanya pekerjaan bagi lulusan teknik arsitektur melainkan jurusan matematika juga mempunyai kesempatan kerja di bidang ini. Jenjang karir yang menjanjikan membuat peluang bekerja sebagai seorang arsitek cukup diminati.

Untuk menjadi seorang perancang bangunan yang baik dibutuhkan kemampuan menguasai ilmu geometri yang kuat serta memahami masalah trigonometri dalam perancangan sebuah bangunan. Kedua bidang ilmu tersebut dapat dipelajari pada jurusan matematika.

Selain itu perhitungan keuangan yang baik juga dibutuhkan seorang arsitek dalam membuat perencanaan biaya pembangunan. Pekerjaan ini sarat akan perhitungan dan ilmu matematika sehingga jurusan matematika berpeluang untuk kerja diposisi ini. Penghasilan yang cukup tinggi dapat mencapai 15 juta menjadi daya tarik tersendiri untuk menjadi seorang arsitek.

Aktuaris

Profesi sebagai seorang aktuaris banyak diminati oleh lulusan matematika karena jenjang karir yang menjanjikan dan penghasilan yang tinggi. Untuk menjadi seorang aktuaris, lulusan matematika dituntut untuk menguasai analisa statistika dengan baik, memahami permasalahn yang berhubungan dengan asuransi serta dapat berfikir cermat dan tepat dalam menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan statistika maupun asuransi.

Posisi sebagai akutuaris banyak dibutuhkan perusahaan sehingga mempunyai peluang kerja yang luas dengan gaji sekitar 50-100 juta perbulan.

Astronom

Seorang astronom dapat berasal dari lulusan matematika karena ilmu astronomi mempunyai dasar ilmu matematika yaitu trigonometri dan aljabar. Untuk menjadi seorang astronom diharuskan manguasai dengan baik kedua bagian ilmu matematika ini.

Berkaitan dengan hal tersebut lulusan dari jurusan matematika mempunyai peluang menjadi seorang astronom dengan pemahaman matematika yang baik.

PNS

Bagi lulusan matematika yang berminat menjadi PNS harus menguasai analisa dan pengolahan data yang baik. PNS dapat dikatakan pekerjaan impian karena banyaknya tunjangan yang diberikan selain gaji pokok yang akan diterima.

Tugas seorang ahli matematika pada pekerjaan ini adalah melakukan analisa dan pengolahan data administrasi kesipilan untuk membuat suatu kebijakan yang berkaitan dengan instansi tersebut sehingga sebuah isntansi dapat bekerja secara optimal.

Perusahaan Swasta (BUMN)

Lulusan matematika dapat bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan tugas mengerjakan bagian analisa dan pengolahan data pada instasi tersebut. Ilmu matematika yang pada dasarnya dibutuhkan pada segala aspek kehidupan menciptakan peluang kerja yang baik untuk lulusannya sehingga dapat bekerja dibanyak perusahaan besar bahkan bersaing dengan lulusan ekonomi.

Pengusaha

Seorang lulusan ilmu matematika dapat membuka usahanya sendiri dan menjciptakan pekerjaan bagi orang lain. Seorang pengusaha membutuhkan kecerdasan dalam menghitung, memprediksi dan membuat anggaran modal untuk membuka usaha, menghitung keuntungan dan sebagainya.

Selain itu bagi lulusan matematika yang menjadi seorang pengusaha mempunyai kemampuan menganalisa pasar,membaca selera konsumen dan berfikir logis sehingga usahanya dapat berjalan lancar dan mempunyai prospek yang menjanjikan.

Pegawai Bank

Kebutuhan akan lulusan matematika di dunia perbankan hampir menyamai lulusan ekonomi. Kemampuan analisa yang tepat, berfikir logis dan dapat bekerja dalam tim menjadi modal utama lulusan matematika bekerja pada bidang ini. Tak mengherankan jika banyak pegawai bank yang bersal dari lulusan matematika.

Insinyur

Seorang insinyur biasanya berkaitan dengan jurusan teknik yang menyelesaikan permasalahan menggunakan teknologi. Namun hal tersbut tidak menutup kemungkinan bagi lulusan matematika untuk bekerja pada posisi ini. Banyaknya prinsip matematika yang diterapkan dalam pekerjaan seorang insinyur membuka peluang kerja yang besar bagi lulusan matematika pada bidang ini.

Sebagai seorang insinyur dituntut untuk mendesain, mengembangkan, menguji proses produksi serta perawatan dan perkiraan penyelesaian proyek di waktu yang tepat membutuhkan ilmu statistik dan komputasi dalam pengerjaannya. Selain itu gaji seorang insinyur yang cukup tinggi berkisar 5 sampai 20 juta perproyek menjadikan pekerjaan ini sangat menjanjikan.

Peneliti Survei

Peneliti survey bekerja dengan melakukan survey besar dalam waktu yang singkat seperti survey suara dalam pemilihan calon pemimpin negara. Kemampuan statistik lulusan matematika sangat dibutuhkan dalam setiap kegiatan pengumpulan data dalam pensurveyan.

Setelah data terkumpul, peneliti survey akan menganalisa hasil survey. Bekerja sebagai peneliti survey dapat menjadi  peluang kerja yang baik untuk lulusan matematika mengingat banyaknya survey yang sering dilakukan Negara Indonesia.

Analisa Riset Pasar

Lulusan matematika yang bekerja sebagai seorang analis riset pasar mempunyai tugas mendesain survei untuk membantu perusahaan memutuskan produk yang akan dibeli konsumen dan cara promosi yang baik. Bidang matematika yang bekerja diposisi ini adalah matematika analisis dan riset operasi.

Konsultan Analis Perusahaan

Lulusan matematika berpotensi untuk menjadi konsultan analis di berbagai perusahaan. Dalam menemuph pendidikan di bidang matematika telah diajarkan tentang matematika ekonomi mengenai permintaan dan penawaran, pengasilan , keuntungan, produksi dan sebagainya yang dapat digunakan dalam kegiatan menganalisis suatu permasalahan di sebuah perusahaan sehingga posisi pekerjaan ini dapat sesuai untuk lulusan matematika.

Peneliti Saintis

Bagi lulusan matematika berpeluang untuk bekerja menjadi seorang peneliti saintis yang akan menjalankan tugasnya dengan melakukan riset, pengelolaan dan pengendalian mutu, pemodelan matematika, analisa dan eksplorasi data besar, menciptakan penemuan baru, sampai membuat jurnal ilmiah yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Banyak  instansi yang membutuhkan seorang peneliti saintis di setiap bidangnya. Peran matematika pada setiap instansi penelitian sangat dibutuhkan untuk perhitungan, analisa data, sampai pembuatan data secara statistik.

Dosen Matematika

Institusi pendidikan di tingkat universitas banyak membuka program studi  ilmu matematika baik pendidikan maupun murni menjadikan kesempatan ini sebagai peluang kerja bagi lulusan matematika yang tertarik menjadi tenaga penagajar.

Kemampuan untuk membagikan ilmu yang telah didapat menjadi fokus utama untuk bekerja sebagai dosen ditambah dengan kriteria lainnya yaitu mempunyai jenjang pendidikan minimal S2 dalam ilmu matematika.

Pengacara

Seorang pengacara dapat berasal dari lulusan matematika. Hal ini dikarenakan lulusan matematika mempunyai dasar analisis, penelitian, serta pemahaman dan penguasaan konsep kerumitan hukum yang kuat sehingga dapat membuka peluang untuk bekerja di bidang ini.

Pemahaman mengenai perundang-undangan dapat dipelajari lebih lanjut oleh lulusan matematika jika berminat menjadi seorang pengacara.

Guru Matematika

Peluang bekerja sebagai guru matematika sangat luas mengingat bidang matematika diajarkan semenjak duduk dibangku Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas. Guru matematika banyak dibutuhkan untuk memberikan dan mengajarkan pengetahuan mengenai matematika kepada siswa. Pekerjaan ini cukup menjanjikan dengan jenjang karir yang cukup baik.

Departemen Keuangan

Lulusan matematika yang telah terbiasa dengan masalah perhitungan dan analisis matematika akan sesuai jika bekerja pada departemen keuangan yang notabene mengatur keuangan dan pengelolaannya. Kemampuan analisis dan berfikir secara cermat dan tepat dapat mendukung lulusan matematika dalam bekerja pada bidang ini.

Dinas Pendidikan

Selain sebagai tenaga pengajar, lulusan matematika juga dapat bekerja di dinas pendidikan khusus pada bagian yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan matematika mengingat banyaknya manfaat dan kebutuhan hidup yang membutuhkan ilmu ini dalam menyelesaikan suatu masalah.

Itulah tadi ya deskripsi dari ArenaLomba tentang peluang kerja jurusan matematika di masa depan yang menjanjikan. Semoga ulasan yang diberikan ini menambah referensi kepada segenap pembaca yang saat ini sedang mencari informasinya. Trimakasih,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here