Jurusan pariwisata

Pariwisata merupakan salah satu bidang yang menarik karena berhubungan dengan tempat yang indah, suasana menyenangkan serta pengalaman yang mengesankan. Tak heran jika beberapa kampus di Indonesia ini terdapat jurusan pariwisata.

Jurusan Pariwisata

Pada dasarnya untuk jurusan pariwisata ini memanglah cukup banyak diminati karena berkaitan dengan segala sesuatu yang menyenangkan. Selain itu pada dasarnya terdapat prospek kerja jurusan pariwisata juga cukup menjanjikan. Baik dalam bidang swasta ataupun di bidang pemerintahan (pegawai negri).

Peluang Kerja Pariwisata

Untuk kelengkapkan atas artikel tersebut berikut inilah beberapa peluang kerja yang bisa diambil bagi jurusan pariwisata, diantaranya;

Pemandu Wisata

Menjadi pemandu wiisata merupakan pekerjaan yang menyenangkan. Seorang pemandu wisata diwajibkan membekali dirinya dengan kemampuan bahasa yang baik sehingga dapat memberikan informasi yang menarik kepada turis. Selain itu pemandu wisata diharuskan mempunyai kepribadian yang menyenangkan, kreatif dan easy going sehingga wisatawan tidak bosan dengan penjelasan yang diberikan.

Hotelier

Hotelier adalah posisi eksekutif dalam bidang industri perhotelan yang berkedudukan di atas manajer hotel. Posisi ini biasanya dapat disebut direktur atau lainnya. Perhotelan merupakan bagian dari jurusan pariwisata yang dapat menjadikan peluang pekerjaan bagi lulusan bidang pariwisata.

Menjadi seorang hotelier bukanlah hal yang mudah karena harus mempertimbangkan banyak hal serta mempunyai kemampuan kepemimpinan yang baik sehingga bisnis hotel dapat berjalan lancar.

Pengusaha Akomodasi Pariwisata

Bagi lulusan jurusan pariwisata mempunyai peluang untuk menidrikan usahanya sendiri. Salah satu usaha yang dapat didirikan lulusan pariwisata adalah pengusaha akomodasi pariwisata. Pada bidang pekerjaan ini pihak perusahaan akan menyediakan kebutuhan terkait kegiatan pariwisata seperti penginapan, transportasi, tempat makan dan sebagainya yang telah diatur sedemikian rupa sehingga mendukung kegiatan pariwisata agar berjalan lancar.

Pengelola Kawasan Wisata

Tidak semua tempat wisata dapat dikelola oleh pemerintah melainkan banyak sektor wisata berstatus sebagai perusahaan pribadi. Semakin banyaknya tempat wisata yang dibuka maka dapat menjadikan hal ini sebagai peluang emas bagi lulusan pariwisata untuk mengelola tempat wisata yanga da di daerahnya.

Lulusan pariwisata dapat menjabat sebagai manajer suatu tempat wisata bahkan pemilik atau pengusaha sektor pariwisata tersebut. Hal tersebut tentu dapat menjadi suatu pekerjaan yang menyenangkan.

Event Organizer

Tugas seorang event organizer berhubungan dengan persiapan acara sampai dengan pelaporan setelah acara berakhir. Bagi lulusan pariwisata berpeluang beekrja sebagai seorang event organizer dengan kemampuan membuat suatu perencanaan kegiatan yang menarik dan tersetruktur dengan baik. Pekerjaan ini cukup mempunyai tanggung jawab besar yang berkaitan dengan kelanccaran suatu acara.

Instansi Pemerintahan

Bagi lulusan jurusan pariwisata bukan hanya dapat bekerja di sektor swasta melainkan dapat juga masuk kedalam instansi pemerintahan. Bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil dapat menjadi pilihan pekerjaan yang menjanjikan ditambah dengan banyaknya tunjangan yang akan diterima.

Instansi pemerintah yang dapat diisi oleh lulusan dari jurusan pariwisata antar lain untuk Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta dinas pariwisata yang akan senantiasa ada di tingkat provinsi, kota, maupun berada di tingkat kabupaten.

Biro Perjalanan

Biro perjalanan merupakan salah satu bisnis pariwisata yang cukup menggiurkan mengingat semakin tingginya tingkat konsumsi masyarakat dalam melakukan perjalanan wisata. Jasa pariwisata ini tidak hanya menyediakan informasi kepada masyarakat yang melakukan perjalanan wisata melainkan mencukupi berbagai kebutuhan yang diperlukan selama melakukan perjalanan tesebut yang dikemas dalam pilihan paket wisata yang menarik.

Institusi Pendidikan

Bagi lulusan jurusan pariwisata yang tertarik pada bidang keilmuan mempunyai kesempatan kerja di bidang pendidikan dengan menjadi tenaga pengajar yang menguasai aspek teoritis dari pariwisata.

Institusi pendidikan yang membuka jurusan pariwisata sebagai program studinya bukan hanya di tingkat universitas melainkan ada beberapa sekolah kejuruan berbasis pariwisata yang membutuhkan tenaga guru untuk mengajar siswanya. Pekerjaan ini cukup mempunyai peluang yang baik dan jenjang karir menjanjikan.

Travel Writing Website

Alumni jurusan pariwisata yang mempunyai keahlian khusus di bidang travelling serta mempunyai skill kepenulisan yang baik dapat bekerja sebagai Travel Writing Website. Pekerjaan ini terfokus dalam membagikan penaglaman seputar travelling dengan gaya bahasa yang menarik.

Bekerja sebagai seorang Travel Writing Website dengan bekal pengalaman pribadi tentu akan menjadi pekerjaan menyenangkan dan dalam pelaksanaannya dalam dikerjakan secara freelance atau tidak terikat waktu seperti bekerja pada perusahaan. Pada pekerjaan ini, penulis bebas mengatur waktu kerja dan lama waktunya dalam bekerja.

Manajer Hotel

Perhotelan dan administrasi hotel merupakan bagian dari jurusan pariwisata yang ditempuh selama pendidikan. Menjadi manajer hotel bukan sesuatu yang tidak mungkin dilakukan oleh lulusan pariwisata. Manajer hotel mempunyai wewenang mengkoordinasikan segala sesuatu yang menyangkut dengan bisnis perhotelan yang dijalankan serta melakukan evaluasi kinerja karyawan hotel.

Pekerjaan ini cukup menjanjikan mengingat banyaknya hotel di Indonesia dengan berbagai tipe kelas dan pelayanan hotel yang ditawarkan.

Wedding Organizer

Menjadi seorang wedding organizer dapat dilakukan oleh seorang dengan basic dunia pariwisata. Wedding organizer mempunyai tugas mengorganisir pesta pernikahan mulai dari makanan yang dihidangkan, dekorasi cantik, musik yang dimainkan dan sebagainya.

Selain berhubungan langsung dengan kegiatan pernikahan, wedding organizer juga menyiapkan segala sesuatu diluar pesta seperti penginapan di hotel sehingga dibutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik dan pengetahuan mengenai seluk beluk hotel agar dapat diorganisir secara maksimal. Disini peran seorang lulusan pariwisata dapat terlihat dalam mengatur masalah hotel dan sebagainya.

Industri Makanan dan Minuman

Bagi lulusan pariwisata yang tertarik untuk berbisnis kuliner berpeluang mempunyai pekerjaan di bidang ini. Dalam melakukan kegiatan beriwsata tidak selamanya hanya terfokus mengunjungi tempat wisata menarik melainkan juga membutuhkan komponen pendukung lain seperti penginapan ditempat wisat dan restoran sehingga bisnis ini dapat menjadi bagian penting dari kegiatan wisata tersebut. Dalam menjalankan pekerjaan ini dibutuhkan pengetahuan yang luas mengenai makanan maupun minuman yang selain enak juga dapat menarik perhatian wisatawan sehingga bisnis ini dapat berkembang dengan baik. Pengelolaan yang tepat juga dibutuhkan agar bisnis dapat berjalan lancar dan berkembang secara maksimal.

Konsultan Pariwisata

Seorang konsultan pariwisata mempunyai tugas menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pariwisata dengan cara memberikan pandangan dan saran terhadap permasalahan tersebut. Bagi lulusan pariwisata yang tertarik menjadi seorang konsultan, pekerjaan ini dapat menjadi sesuatu yang menarik dan membutuhkan seorang yang berwawasan luas serta mempunyai kemampuan penyelesaian yang baik.

Youtuber

Di era dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih membuka peluang bisnis yang dapat dijalankan atau dikerjakan secara online melalui berbagai aplikasi menarik yang diciptakan. Salah satunya yaitu yuotube yang dapat menjadi sumber penghasilan bagi beberapa orang.

Bagi lulusan pariwisata yang berpengalaman dalam traveling dan mempunyai kemampuan entertain dapat menjadi seorang youtuber dengan penghasilan yang cukup tinggi. Kemampuan membuat konten yang menarik untuk dibagikan dengan orang lain menjadi modal utama dalam pekerjaan ini. Selain itu pengetahuan yang luas mengenai dunia wisata dibutuhkan sehingga video yang dibuat tidak monoton dan dapat menarik perhatian banyak orang.

Manajemen Restoran

Mengelola sebuah restoran bukanlah hal yang mudah karena harus mampu mengkoordinir staf dapur serta membuat perencanaan perkembangan bisnis restoran kedepannya. Selain itu kemampuan untuk memimpin serta memonitoring segala kegiatan di restoran juga menjadi tugas penting seorang manajer.

Bagi lulusan pariwisata yang berencana menjadi manajer diwajibkan mempunyai jiwa kepemimpinan dan kepribadian yang baik agar dapat menjalankan tugasnya secara maksimal.

Industri Penerbangan

Industri penerbangan dapat menjadi prospek kerja yang baik bagi jurusan pariwisata mengingat pertumbuhan perjalanan udara yang semakin meningkat dan berkaitan langsung dengan tujuan wisata. Industri ini dapat dikembangkan dengan meningkatkan inovasi dalam pelayanan penumpang sehingga dapat meninggalkan kesan yang menyenangkan disetiap perjalanan wisata.

Pelayaran

Selain industri penerbangan, sektor pelayaran pada kenyataannya dapat memberikan sumbangsih yang besar di dunia pariwisata. Tingkat pengguna jasa transportasi ini semakin meningkat menyebabkan pelayaran dapat menjadi peluang kerja menjanjikan bagi lulusan pariwisata. Peningkatan layanan kepada penumpang yang terus dilakukan dapat mendukung perkembangan pelayaran dalam jangka waktu panjang.

Tour Planner

Tour planner bertugas membuat perencanaan perjalanan wisata yang menarik sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk melakukan sebuah perjalanan wisata. Tour planner diwajibkan berpengetahuan luas dalam dunia kepariwisataan serta dapat menciptakan konten menarik sebagai pilihan wisata yang menyenangkan.

Peneliti

Lulusan jurusan pariwisata juga dapat menjadi seorang peneliti. Penelitian dibutuhkan untuk mengkaji studi kasus seputar kepariwisataan dan perkembangannya sehingga perlu adanya peneliti pariwisata untuk menemukan terobosan baru dalam dunia pariwisata serta menemukan solusi untuk menjawab permasalahan yang terjadi.

Praktisi Pariwisata

Seorang praktisi berarti mempraktekan secara langsung kegiatan wisata yang ada.  Praktisi pariwisata atau dapat disebut juga sebagai bagian humas dalam bidang pariwisata mempunyai tugas menyusun strategi komunikasi seperti mengadakan promosi tempat wisata, kampanye program wisata dan pengenalan budaya serta objek wisata yang merupakan faktor penting dalam menarik minat pengunjung untuk datang ke daerah tersebut.

Lulusan jurusan pariwisata akan sesuai jika bekerja dibagian ini karena telah dibekali dengan pendidikan pariwisata yang baik sehingga mampu menyusun promosi dan kegiatan lain yang menarik.

Nah, itulah tadi penjabaran ArenaLomba yang diberikan kepada segenap pembaca mengenai macam-macam peluang kerja jurusan pariwisata. Semoga melalui tulisan ini memberikan informasi kepada segenap pembaca ya, trimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here