Select Page

Peluang Kerja Jurusan Peternakan

Peluang Kerja Jurusan Peternakan

Jurusan peternakan

Secara umum Program Studi Peternakan atau Ilmu Peternakan yaitu jurusan di PT (Perguruan Tinggi) yang mempelajari tentang segala hal yang berhubungan dengan peternakan, seperti teknologi produksi, pakan, pengolahan dan juga manajemennya. Kuliah pada jurusan peternakan mungkin selama ini banyak dianggap jurusan yang tidak populer di kalangan lulusan SMA. Banyak yang menganggap jurusan Peternakan tidak memiliki peluang kerja yang jelas. Hal ini pula membuat jumlah mahasiswa peternakan di berbagai universitas tidak terlalu banyak. Hal ini tentu berimbas pada lulusan peternakan yang sangat terbatas jumlahnya. Terbukti semakin banyak perusahaan mengaku kekurangan sarjana tenaga ahli peternakan diakibatkan sedikitnya minat mahasiswa untuk mempelajari peternakan.

Jurusan Perternakan

Jurusan peternakan pada gakekatnya menawarkan peluang lapangan pekerjaan yang memadai. Apalagi di Indonesia mempunyai potensi luarbiasa dengan kekayaan sumberdaya alam yang sangat melimpah, hanya tidak diimbangi dengan sumber daya manusia yang sangat berkompeten mengelola sumber daya alam itu.

Ditambah saat ini terdapat banyak pemberitaan bahwa hewan ternak yang masih impor dari negara lain. Namun hal ini bertanda bagus, bahwa peluang kerja di bidang peternakan akan terus berkembangnya, seiring dengan meningkatnya kebutuhan dalam negeri dan adanya dorongan dari berbagai pihak untuk tidak mengandalkan impor.

Hal ini tentu menjadi tanggung jawab lembaga pendidikan harus bisa menyiapkan sumber daya manusia yang berkompeten khususnya di bidang peternakan. Apalagi industri peternakan dalam negeri juga terus dapat berbenah dan terus berkembang, agar tidak tergantung pada suplai impor.

Peluang Kerja Jurusan Peternakan

Adapun beberapa macam prospek kerja jurusan peternakan yang menjanjikan ini, antara lain sebagai berikut;

Perusahaan Peternakan

Perusahaan peternakan intinya dapat memproduksi dan mengelola hewan ternak yang akan siap untuk dipasarkan pada masyarakat. Di Indonesia sangat banyak jenis perusahaan peternakan yang dimiliki perseorangan atau telah berlabel PT. Di perusahaan peternakan ini lulusan Ilmu Peternakan dapat mengisi posisi di Manajerial maupun Operasional.

Wiraswasta

Di samping bekerja di perusahaan atau instansi lulusan peternakan bisa juga berwirausaha membuka perusahaan peternakan sendiri. Para lulusan jurusan peternakan bisa membuka usaha sendiri di bidang ternak itu sendiri atau usaha pakan ternak.

Instansi Pemerintahan

Lulusan jurusan peternakan juga dapat memungkinkan bekerja pada instansi pemerintahan contohnya di Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi, Kementerian Perindustrian, Kementerian Lingkungan Hidup, Lembaga Pendidikan, dan Lembaga Riset.

Mengajar

Mengajar juga bisa menjadi alternatif pilihan kerja di jurusan peternakan. Mengajar disini konteksnya dapat sebagai dosen yang artinya perlu kuliah S2 agar sesuai dengan aturan, atau kita juga dapat mengajar pelatihan-pelatihan atau penyuluhan di bidang peternakan pada para petani ternak.

Praktisi dan Peternak

Karier dan jenis kerja dari seorang praktisi di dunia peternakan merupakan menjadi peternak. Peternak ditinjau dari seg manajemen operasional, maka bisa dibedakan menjadi dua, yaitu peternak mandiri dan peternak plasma. Peternak mandiri ialah peternak yang secara makro segalanya bersifat mandiri, sehingga peternak mandiri berhak menentukan kebijakan seluruh operasional secara bebas dan menurut kemauannya.

Sedangkan, peternak plasma yaitu peternak yang bekerja sama dengan system kemitraan ini, peternak yang mempunyai modal dalam bidang kandang, tenaga kerja dan peralatan, yang disebut sebagai peternak plasma, dan peternak yang menyandang modal dalam bentuk bibit ternak, pakan, manajemen operasional, dan manajemen pemasaran dapat disebut peternak inti.

Sehingga dengan demikian seorang peternak plasma tidak berhak untuk menentukan kebijakan operasional dengan bebas, tetapi harus mematuhi kebijakan operasional yang sudah ditetapkan oleh peternak inti.

Konsultan

Deskripsi pekerjaan seorang konsultan yaitu memberikan sumbang saran berupa jasa untuk para praktisi yang mengalami kesulitan dalam bidang peternakan. Karena tidak semua praktisi tersebut mempunyai dasar ilmu yang cukup mengenai lulusan peternakan, namun punya modal yang cukup untuk dapat membuka usaha peternakan.

Wujud sumbang saran tersebut antara lain ialah dalam bidang pemasaran, masalah teknis di lapangan, masalah manajemen pakan, serta masalah mengenai pencegahan dan pengobatan penyakit. Dalam perusahaan-perusahaan juga banyak diperlukan konsultan peternakan, contohnya pada perusahaan susu, makanan berbahan daging, dan sebagainya.

Pemerintahan

Lapangan pekerjaan yang dimaksudkan ialah menjadi tenaga kerja pada suatu instansi dinas tertentu milik pemerintah. Instansi dinas yang bisa dimasuki sarjana peternakan yaitu Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Perikanan, Dinas Kedokteran Hewan, Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi, Dinas Perkebunan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Lingkungan Hidup, Lembaga Pendidikan, dan Lembaga Riset dan Dinas Pengembangan Masyarakat Pedesaan.

Deskripsi perannya yaitu menjadi pelaksana, coordinator, perencana, pengawas, Pembina, atau pembuat program-program untuk dinas yang bersangkutan. Menjadi pegawai negeri yaitu seorang yang bekerja dengan atas nama dan untuk kepentingan Negara. Keunggulannya adalah kita akan menerima uang pensiun dan yang jelas pekerjaan di dinas pemerintah seperti ini risikonya sangat kecil untuk dapat diberhentikan, kecuali untuk alasan-alasan tertentu.

Peneliti

Peneliti perannya ialah melakukan penelitian tentang hal-hal yang berhubungan dengan bidang peternakan serta membuat program-program maupun hal-hal yang bisa menigkatkan kuantitas dan kualitas di bidang peternakan.

Tempat bekerja sebagai tenaga peneliti ialah dalam ruangan Laboratorium atau bekerja dilapangan. Jenis-jenis lembaga penelitian di bidang peternakan milik pemerintah sebagai berikut adalah Badan Penelitian dan Pengembangan Ternak Nasional, berbagai Laboratorium atau bekerja dilapangan.

Jenis-jenis lembaga penelitian dibidang peternakan milik pemerintah adalah Badan Penelitian dan Pengembangan Ternak Nasional, berbagai Laboratorium di Dinas Peternakan dan lembaga penelitian di sekolah-sekolah, akademi-akademi maupun perguruan tinggi negeri.

Lembaga penelitian dibidang peternakan milik swasta antara lain yaitu di berbagai perusahaan peternakan yang mempunyai laboratorium perusahaan produksi ternak dan pakan ternak milik swasta, sera di berberapa laboratorium milik sekolah-sekolah,akademi-akademi serta perguruan tinggi swata.

Industri Produksi Peternakan

Industri pertanian ialah industri yang mengatur dan menghasilkan barang yang mendukung sektor pertanian. Industri pertanian itu sendiri meliputi yaitu industry pertanian, perkebunan,kehutanan dan peternakan.

Industri Pakan Ternak

Tiga perusahaan pakan ternak dapat melakukan ekspansi dengan cara membangun pabrik baru tahun ini, seiring dengan prediksi pertumbuhan industri pakan ternak nasional yang berkisar 6%-7%. Sejumlah pabrik pakan itu ialah pabrik pakan ternak milik CJ Group di Banjar Baru Kalimantan Selatan, New Hope Group di Makasar, dan Cargill di Kraton Jawa Timur. Pembangunan tiga pabrik tersebut dapat menambah jumlah pabrik pakan ternak di Tanah Air menjadi 90 pabrik pakan ternak.

Industri Obat Hewan

Asosiasi Obat Hewan Indonesia memproyeksi pertumbuhan obat hewan bisa mencapai 7%-10% pada 2018 yang didorong oleh pertumbuhan industri pakan ternak dan berakhirnya kebijakan pengurangan DOC. “Pertumbuhan obat hewan didorong oleh faktor pakan ternak, karena terdapat obat hewan yang diberikan melalui pakannya. Faktor kedua yaitu populasi ternak yang selama pemeliharaan membutuhkan obat-obatan.’

Industri Pengelolaan Limbah

Industri pengolahan limbah bisa dimasuki oleh lulusan peternakan Indonesia karena memang lulusan peternakan punya basic relatif kuat dalam pengolahan limbah (waste treatment). Lulusan peternakan seringkali dikatakan bisa merebut kesempatan kerja lulusan Teknik Lingkungan.

Lulusan peternakan bisa bekerja di perusahaan PPLI, atau di-support system berbagai perusahaan besar, misalnya di unit pengolahan limbah di Oil and Gas Industry.

Banking

Dunia perbankan juga dapat diselami oleh lulusan peternakan, contohnya bekerja sebagai analis di bank untuk dapat membantu feasibilty study/analysis ketika bank hendak memberikan pinjaman ke suatu badan usaha/organisasi yang hendak meminjamkan dana. Lulusan peternakan akan mempunyai kelebihan analisis dalam feasibility study untuk proyek pembangunan industri-industri, mulai dari industri kecil sampai industri besar.

Tenaga Pengajar

Peluang menjadi seorang dosen juga akan terbuka/ sangat luas, namun tentu saja harus minimal kuliah S2 terlebih dahulu. Menjadi seorang tenaga pengajar mungkin juga dapat menjadi salah satu pilihan bagi seorang sarjana peternakan.

Baik menjadi seorang guru di sekolah, atau guru kursus bahkan telah bisa digeluti sejak masa kuliah. Sedangkan untuk menjadi seorang pendidik tidak perlu adanya gelar master, hanya perlu melatih kemampuan menjelaskan dan menguraikan materi saja sudah dapat menjadi guru SMA ataupun guru Les. Peluang ini terbuka lebar mengingat mata pelajaran kimia merupakan mata pelajaran wajib.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Lulusan agronomi bisa bekerja sebagai fasilitator atau pendamping masyarakat dengan bergabung atau mendirikan lembaga swadaya masyarakat. Pendamping dapat berarti menjadi orang yang memberikan penyuluhan mengenai berbagai upaya peningkatan hasil produksi atau pengolahan hasil pertanian menjadi produk yang lebih bernilai.

Pendanaan LSM dapat berasal dari dalam negeri seperti dana-dana CSR perusahaan-perusahaan besar, bank, atau dari lembaga-lembaga donor luar negeri.

Pertanian dan Perkebunan

Perkebunan besar baik itu milik negara ataupun perusahaan swasta dan produksi petani kecil, kebanyakan rumah tangga yang melakukan pertanian tradisional. Pekerjaan yang paling membutuhkan banyak tenaga kerja. Pertanian dan Perkebunan ini mempunyai hubungan erat dengan peternakan. Pengerjaannya pun kurang lebih sama yang bisa menghasilkan suatu produk.

Perencana dan Rehabilitasi

Salah satu cara untuk meningkatkan ketahanan pangan Indonesia agar tidak dapat lagi mengimpor bahan pangan ialah dengan cara melakukan revitalisasi pertanian. Perencanaan adalah hal yang dasar bagi suatu pekerjaan. Menciptakan keamanan dan kenyaman dalam segala pengerjaan.

Survey Reconnaissance

Tujuan dari pekerjaan reconnaissance survey ini yaitu untuk mengidentifikasikan situasi dan kondisi lapangan, termasuk menentukan titik referensi yang akan digunakan sebagai acuan untuk pengukuran selanjutnya.

Birokrat

Pegawai Negeri Sipil atau PNS di sebuah kementrian lingkungan hidup beserta peternakan, Daerah Aliran Sungai, Dinas Kehutanan Provinsi Atau Kabupaten Atau Kota, Balai Pengelolaan Daerah. Hal ini lah yang banyak orang memilih untuk dapat mendaftar pekerjaan sebagai jurusan peternakan  di bidang birokrat ini.

Karena pekerjaan yang cukup menjanjikan untuk kalangan ini dan juga. Merupakan pekerjaan yang sangat memberikan Keuntungkan dengan gaji yang di peroleh juga cukup besar.

BUMS (Badan Usaha Milik Swasta)

Perusahaan swasta banyak mendapatkan keuntungan. Pekerjaan ini dapat untuk jurusan lain yang dalam konteks pertanian. Bekerja dengan usaha yang baik yang bisa menghasilkan suatu yang baik adapun perusahannya yang bergerak di BUMS Kehutanan dan agro lainnya dan BUMS bidang non Kehutanan.

Demikianlah ulasan secara lengkapnya dari ArenaLomba tentang peluang pekerjaan yang bisa di dapatkan dari jurusan perternakan. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan bantuan serta informasi mendalam bagi segenap pembaca sekalian, trimakasih.

About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow Us

Twitter

/* Fetch any embeddable Twitter object from the OEmbed API */ let oembedResponse = await fetch(new Request('https://publish.twitter.com/oembed?url=https://twitter.com/jack/status/20')); let oembedTweet = oembedResponse.json();
shares