Jurusan psikologi

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia, fungsi dan proses mental manusia secara ilmiah. Psikologi merupakan salah satu bidang ilmu yang sangat menarik untuk diteliti. Selain itu bidang jurusan psikologi cukup banyak mempunyai prospek kerja yang baik dan menjanjikan dengan jumlah lapangan kerja yang banyak.

Jurusan Psikologi

Psikologi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia secara mendalam pada dasarnya bisa menjadi solusi atas permasalahan yang dialami oleh seseorang. Hal ini menjadi begitu penting mengingat pada era sekarang ini banyak permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Bahkan beberapa kampus di Indonesia sudah lama tersedia jurusan ini, misalnya saja UI (Universitas Indonesia),  UGM (Universitas Gajah Mada), UNS, UNAIR, dan lain sebaginya.

Peluang Kerja Jurusan Psikologi

Adapun untuk prospek lulusan dari jurusan psikologi ini tersebar dari lembaga swasta sampai dengan lembaga pemerintahan. Antara lain sebagai berikut;

Human Resources Development (HRD)

HRD merupakan posisi yang selalu ada disetiap perusahaan. Peluang kerja untuk posisi ini cukup banyak. HRD banyak dipilih dari jurusan psikologi karena disesuaikan dengan tugasnya yang berkaitan dengan sumber daya manusia di suatu perusahaan.

Lulusan psikologi telah terbiasa berkecimpung dengan perilaku manusia dalam segi kejiwaan yang akan berpengaruh terhadap kepribadian serta karakter dalam bekerja. Seorang HRD mempunyai tugas merekrut sumber daya manusia yang berpotensi sehingga dapat memebrikan kemajuan bagi suatu perusahaan.

Kemampuan dalam memilih sumber daya yang sesuai harus dimiliki seorang HRD. Maka dari itu jurusan psikologi akan sesuai jika bekerja sebagai HRD.

Konselor

Lulusan jurusan psikologi berpeluang untuk bekerja sebagai seorang konselor seperti konselor remaja atau lainnya. Pada perusahaan besar seorang konselor mempunyai tugas memberikan konseling bagi karyawan yang membutuhkan sehingga tekanan karyawan dapat dihindari agar tidak mengganggu kinerjanya dalam bekerja di perusahaan tersebut.

Psikolog

Seorang psikolog berpeluang untuk bekerja dibanyak industri pemerintah, militer dan swasta. Psikolog pada bagian ini lebih bersifat umum dan mempunyai tugas mengeluarkan hasil test psikologi yang berlegal hukum. Hasil test berkaitan dengan perekrutan yang dilakukan perusahaan melalui bagian HRD.

Dosen Psikologi

Lulusan jurusan psikologi yang melanjutkan kuliah ke jenjang S2 mempunyai peluang kerja sebagai dosen psikologi memngingat persyaratan untuk menjadi seorang dosen adalah telah menempuh pendidikan minimal S2. Peluang menjadi seorang dosen psikologi cukup banyak dan tidak hanya terfokus pada psikologi melainkan dapat mengisi posisi di bidang sosial, perkembangan, klinis, perilaku industri dan umum.

Penulis buku

Jurusan psikologi tidak menutup kemungkinan dpaat bekerja sebagais eorang penulis buku. Di Indonesia telah banyak buku yang berkaitan dengan psikologi. Seorang lulusan psikologi dapat secara mandiri maupun bermitra dengan penerbitan buku dalam menghasilkan sebuah karya dengan tema psikologi. Hal tersebut dapat menjadi pekerjaan yang menarik dan memberikan wawasan baru bagi orang lain.

Guru Bimbingan Konseling

Bagi lulusan jurusan psikologi mempunyai peluang kerja yang besar untuk menjadi seorang guru bimbingan konseling. Disetiap instansi pendidikan ada posisi guru khusus yang mengurusi masalah konseling siswa di sekolah seperti masalah hambatan dalam belajar maupun pemaksimalan potensi siswa di sekolah.

Lulusan psikologi telah mahir dalam memberikan konseling kepada orang lain sehingga pekerjaan ini dapat dengan mudah dikerjakan.

Peneliti

Lulusan jurusan psikologi dapat terjun sebagai seorang peneliti bidang ilmu psikologi. Peneliti pada bidang ini mempunyai tugas meneliti berbagai macam kasus gangguan kejiwaan dan masalah mental manusia. Sebagai seorang peneliti diwajibkan mempunyai wawasan yang luas mengenai manusia khususnya segi psikologinya sehingga dapat digunakan untuk menemukan potensi suatu gejala gangguan kejiwaan ataupu problem mental baru.

Penemuan baru tersebut dapat digunakan dalam kajian ilmu psikologi maupun ilmu medis. Bagi lulusan psikologi yang mempunyai passion sebagai peneliti diwajibkan menguasai teori psikologi, berkemampuan menulis dengan baik serta pandai menganalisis suatu permasalahan yang terakhir yaitu mampu melakukan riset terhadap suatu permaslahan tersebut.

Penerjemah buku

Lulusan psikologi selain dpat menjadi seorang penulis buku dapat juga bekerja sebagai penerjemah buku dengan syarat dapat menguasai bahasa asing dengan baik. Banyak buku psikologi di Indonesia yang berasal dari negara luar dan emmerlukan seorang penerjemah yang memahami bidang psikologi sehingga hasil terjemahan buku dapat sesuai dengan aslinya.

Trainer

Bagi lulusan bidang psikologi yang gemar dengan kegiatan pelatihan, dapat bekerja menjadi seorang trainer. Seorang trainer aka berkaitan dengan lembaga training yang terfokus pada kegiatan pengembangan diri, kelompok maupun organisasi, memberikan motivasi dan dapat menjadi seorang hipnoterapis.

Terdapat berbagai macam bentuk trainer yang mengadakan pelatihan sampai dengan event yang menarik. Penghasilan seorang trainer cukup menjanjikan berdasarkan sebuah training atau pelatihan yang diberikan serta mempunyai jenjang karir yang cukup baik.

Terapis Anak Berkebutuhan Khusus

Lulusan psikologi dapat bekerja sebagai terapis anak berkebutuhan khusus seperti untuk anak yang mengidap syndrom autis. JUmlah anak autis yang terbilang cukup tinggi terkadang tidak sebanding dengan banyaknya lulusan jurusan psikologi sehingga peluang pekerjaan ini cukup tinggi.

Seorang terapis dapat bekerjasama dengan lembaga atau bekerja di sekolah anak berkebutuhan khusus. Tugas seorang terapis yaitu memberikan terapi kepada anak berkebutuhan khusus agar dapat mandiri dan mengontrol perkembangannya.

Pelobi

Pelobi dari lulusan psikologi dibutuhkan dalam suatu korporasi yang besar untuk mendapatkan proyek baru. Bagi pelobi dengan latar belakang bidang psikologi mempunyai tugas memberikan informasi dan tracking data orang yang akan dilobi seperti pola pengambilan keputusan, kepribadian dan data pribadi lainnya.

Informasi seperti ini penting diketahui untuk memenangkan negosiasi yang dilakukan dengan pihak terkait. Maka dari itu pekerjaan sebagai seorang pelobi dapat sesuai dengan lulusan psikologi.

Guru Sekolah Kepribadian

Bagi lulusan bidang psikologi, kata kepribadian menjadi doamin utama selama menempuh pendidikan. Di kota besar seperti Jakarta banyak sekolah berbasis kepribadian yang didirikan untuk merubah kepribadian anak atau kepribadian diri sampai dengan merubah kepribadian untuk menjadi public figure yang banyak diminati orang.

Untuk merubah kepribadian public figure kebanyakan peserta didiknya berasal dari kalangan yang telah menduduki jabatan public seperti calon anggota DPR, artis maupun jenis public figure lainnya sehingga seorang guru di sekolah kepribadian dapat menjadi pekerjaan yang menjanjikan dengan gaji yang cukup tinggi.

Pekerja Sosial

Lulusan bidang psikologi mempunyai peluang untuk menjadi seorang pekerja sosial. Dalam pekerjaan ini dibutuhkan jiwa sosial yang tingi serta semnagat untuk melayani. Pekerja sosial biasnaya tergabung dalam LSM yang dapat disesuaikan dengan bidang keahlian yang dimiliki.

Bagi lulusan psikologi mendapatkan tugas yang berkaitan denga masalah sosial seperti gangguan jiwa, anak gelandangan, masalah anak terlantar dan pengembangan komunitas. Sedangkan untuk pekerja sosial dikelas pemerintahan dapat bekerja dibagian kementrian sosial maupun kementrian kesehatan yang membutuhkan pekerja sosial lulusan bidang psikologi.

Research and Development (RD)

Posisi kerja sebagai seorang Research and Development terdapat di perusahaan yang melakukan penelitian dan pengembangakn produk untuk dipasarkan kepada konsumen. Dalam reseach yang dilakukan mempertimbangkan banyak aspek seperti perilaku konsumen terhadap kebutuhan produk tersebut serta kesenangan konsumen terhadap detail produk yang akan di pasarkan tersebut.

Tugas seperti ini dapat dilakukan oleh seorang yang ahli dalam bidang psikologi sehingga posisi RD menjadi cukup menjanjikan.

Staff Ahli

staff ahli dibutuhkan untuk perusahaan atau pemerintahan. Bidang psikologi mempunyai kontribusi dalam membantu pekerjaan publik pemimpin-pemimpin Indonesia seperti presiden dan menteri lainnya. Setiap pemimpin mempunyai staf ahlinya masing-masing sesuai dengan bidangnya.

Sumbangsih bidang psikologi dalam staf ahli dapat dilihat dari penampilan setiap pemimpin maupunpejabat pemerintah dalam menyampaikan pidato yang mnearik dan persuasive. Pemilihan kata yang digunakan sampai dengan gesture pada saat penyampaian pidato maupun pernyatan resmi merupakan hasil pelatihan bersama tim bidang psikologi.

Kesan yang timbul seperti berwibawa dan sebagainya merupakan bentuk kerja keras staf ahli pejabat dalam menajalankan tugasnya. Maka dari itu pekerjaan ini dapat menjadi peluang menjanjikan bagi lulusan bidang psikologi.

Psikolog Olahraga

Salah satu jenis psikolog yang dapat menjadi peluang pekerjaan yaitu sebagai psikolog olahraga yang banyak ditemui saat mendampingi atlet yang akan bertanding baik di kejuaraan dalam negeri maupun luar negeri. Peran psikolog olahraga yaitu membantu penampilan atlet dari sisi psikologi, memberikan motivasi seperti meningkatkan kepercayaan diri serta mentreatment atlet yang cidera.

Psikolog Forensik

Psikolog forensik merupakan jenis pekerjaan yang spesifik. Selain dokter forensik ada juga psikolog forensik yang bertugas di wilayah hukum untuk membantu penyidikan sebuah kasus spesifik seperti kriminalitas. Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan analisa mendalam berkaitan dengan penyidikan sebuah kasus melalui pola dan perilaku manusia yang bersangkutan.

Konselor karir

Pekerjaan sebagai seorang konselor karir masih jarang ditemui. Tugas konselor karir adalah membantu klien dalam mempertimbangkan sebuah pekerjaan baru, meningkatkan kemampuan dalam pembuatan CV, memberikan pelatihan teknik wawancara maupun melakukan terapi untuk menyembuhkan tekanan dalam pekerjaan.

Psikolog Klinis

Jenis psikolog ini berkaitan dengan gangguna mental dan proses penyembuhannya. Seorang psikolog klinis bertugas membantu individu untuk sembuh dari gangguan yang dideritannya sehingga mampu beradaptasi kembali dengan lingkungannya. Gangguan mental yang ditangani dapat berupa phobia, gangguan kepribadian, tingkat kecemasan berlebih, psikotik sampai skizoprenia.

Guru PAUD, TK dan SD

Berdasarkan peraturan Kementrian Pendidikan tahun 2007 salah satu kualifikasi untuk menjadi guru PAUD, TK dan SD adalah seorang yang berasal dari jurusan psikologi karena mampu menciptakan komukasi serta pengembangan kepribadian yang baik untuk menunjang masa depan perserta didik.

Itulah tadi ya deskripsi dari ArenaLomba tentang peluang kerja jurusan psikologi di masa depan yang menjanjikan. Semoga ulasan ini memberikan wawasan serta informasi mendalam bagi segenap pembaca yang sedang mencarinya, trimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here