Jurusan sastra Indonesia

Peluang Kerja Jurusan Sastra Indonesia

Jurusan sastra Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang berlaku di negara ini. Selain digunakan sebagai bahasa dalam keseharian di masyarakat Indonesia, jurusan bahasa Indonesia juga mempunyai beberapa peluang kerja yang baik dan menjanjikan. Bagi peserta didik yang menempuh jurusan Sastra Indonesia tidak akan kesulitan dalam mencari pekerjaan karena kebutuhan bahasa yang baik sangat diperlukan dalam menunjang aspek pekerjaan yang dilakukan.

Jurusan Bahasa Indonesia

Prodi dalam jurusan Bahasa Indonesia ini sejatinya terbagi dalam 2 jenis yang berbeda. Yakni pada pendidikan yang nantinya di prerioritaskan untuk menjadi seorang pengajar/guru serta jurusan pada satra yang nantinya memberikan edukasi mendalam tentang hasil-hasil kajian yang diberikan.

Peluang Kerja Bahasa Indonesia

Adapun untuk mempertajam kondisi tersebut, berikut ini adalah beberapa prospek jurusan sastra Indonesia. Antara lain;

Tenaga Pendidik

Semua instansi pendidikan terdapat pelajaran atau mata kuliah bahasa Indonesia. Hal tersebut menjadi peluang yang cukup besar bagai lulusan jurusan bahasa indonesia khususnya bidang pendidikan untuk bekerja sebagai tenaga pendidik.

Guru atau dosen bahasa Indonesia banyak dibutuhkan untuk mengajarkan berkomunikasi serta penulisan menggunkan bahasa indonesia yang baik dan benar sehingga peserta didik terbekali dengan penguasahan bahasa nasional yang baik.

Penulis dan Sastrawan

Lulusan Sastra Indonesia tentunya dibelaki dengan teknik penulisan yang baik dan menraik sehingga prospek pekerjaan sebagai seorang penulis sangat cocok untuk digeluti. Selain itu khusus untuk jurusan sastra bahasa Indonesia menjadi seorang sastrawan yang banyak menginspirasi akan menarik untuk dijadikan sebuah pekerjaan yang tidak menuntut banyak keahlian.

Editor

Bisnis penerbitan buku menjadi bisnis yang cukup menjanjikan di Indonesia. Setiap penerbit memebutuhkan seorang editor untuk mempercantik hasil tulisan penulis sehingga karya menjadi lebih menarik untuk dibaca.

Lulusan satra indonesia mempunyai kemampuan linguistik dalam membaca tulisan yang salah seperti penggunaan tanda baca, huruf kapital, kata baku, bentuk ejaan dan struktur kalimat. Komponen tersebut dapat dipercantik oleh seorang editor dengan kemampuan sastra yang baik sehingga karya dapat menjadi best seller.

Jurnalis

Jurnalis atau seorang penulis berita harus mempunyai kecakapan bahasa indonesia yang baik dalam membuat berita sehingga isi berita menjadi jelas dan dapat dimengerti masyarakat. Peluang pekerjaan sebagai seorang jurnalis memutuhkan seorang lulusan bahasa Indonesia yang mempunyai pikiran kritis terhadap segala permasalahan serta mampu menuangkannya kedalam suatu berita yang menarik dan mudah dipahami.

Bekerja di Lembaga Pemerintah

Peluang kerja selanjutnya bagi jurusan bahasa Indonesia adalah bekerja di lembaga pemerintah seperti pusat bahasa, balai bahasa atau bagian kehumasan dan kesekertariatan yang membutuhkan kemampuan bahasa indonesia yang baik dan benar.

Prospek kerja ini cukup menjanjikan mengingat sebagai lembaga pemerintah tentunya gaji yang diperoleh juga akan lebih tinggi ditambah dengan tunjangan laninnya serta adanya jenjang karir yang menjanjikan.

Public Figure

Public Figure merupakan pekerjaan yang selalu menjadi perhatian banyak orang. Sebagai seorang public figure yang profesional dibutuhkan kecakapan dalam bekomunikasi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga memunculkan kualitas diri yang baik.

Public figure yang mempunyai latar belakang seni dan sastra yang baik akan lebih disegani dan pandangannya lebih didengar. Hal tersebut dapat menjadi peluang pekerjaan bagi lulusan sastra Indonesia untuk menjadi seorang Public figure yang profesional dan membanggakan.

Sutradara

Seorang sutradara yang memonitor secara langsung proses pembuatan sebuah karya khususnya cinema membutuhkan kepekaan bahasa yang baik sehingga karya yang dimonitori menjadi berkualitas baik. Dibutuhkan keahlian dalam pementasan suatu karya seperti drama untuk menjadi seorang sutradara.

Dalam perkuliahaan, peserta didik jurusan sastra Indonesia telah dibelaki dengan hal tersebut dari mulai bermain peran hingga menyelengarakan sebuah pertunjukan sehingga telah diasah kemampuan untuk menjadis eorang sutradara yang baik.

Pemain Teater

Peluang kerja bagi lulusan sastra Indonesia yang lainnya adalah sebagais eorang pemain teater. Pertunjukan teater masih banyak peminatnya di Indonesia. Selain dijadikan sebuah pekerjaan, bermain teater juga dapat menjadi upaya pelestarian budaya bangsa yang dimiliki negara Indonesia.

Pemain teater merupakan pekerjaan yang menarik dengan kriteria mampu bermain peran secara profesional dan menampilkan suatu gambaran cerita yang menarik. Pekerjaan ini sangat sesuai dengan jurusan sastra Indonesia non pendidikan (ilmu murni).

Pembicara

Peluang kerja sebagai pembicara banyak dibutuhkan untuk menjalankan sebuah event bertajuk seminar maupun pertemuan. Pembicara atau lebih dikenal sebagai MC diwajibkan mempunyai kecakapan bahasa yang mumpuni dan pemilihan kata yang baik sehingga dalam memandu acara lebih menarik dan interaktif.

Selain sebagai MC, pembicara dalam posisi sebagai pemateri juga memperlukan penguasaan bahasa Indonesia yang baik sehingga materi yang disampaikan dapat diserap dengan baik oleh audience.

Motivator

Seorang motivator dengan kemampuan bahasa Indonesia yang baik tentu akan lebih memberikan pengaruh kepada orang lain dengan pilihan kata yang digunakan.

Kemampuan dalam menyampaikan dorongan semangat kepada orang lain menggunakan bahasa yang baik akan lebih didengarkan dan dimengerti sehingga seorang lulusan sastra bahasa Indonesia dapat menjadikan ini sebagai suatu peluang kerja yang menjanjikan mengingat telah banyak motivator di Indonesia yang menginspirasi banyak orang dengan kalimatnya.

Penyair

Salah satu karya sastra yang dipelajari pada saat kuliah di jurusan sastra Indonesia adalah puisi. Puisi menggambarkan ungkapan perasaan yang mendalam. Penyair dapat disebut sebuah pekerjaan yang masih jarang ditemui.

Syair bukan hanya menggambarkan perasaan cinta yang sedang dirasakan seseorang melainkan dapat tercipta sebuah karya yang cenderung menggambarkan keadaan yang tengah dialami dalam pandangan mengkritisi sesuatu sehingga membuka pandangan orang lain serta menyadarkan orang lain. Banyak seniman sastra yang menjadi penyair tekenal dengan karya yang fenomenal seperti Taufik Ismail dan W.S Rendra.

Blogger

Perkembangan teknologi yang semaakin meningkat menciptakan suatu peluang pekerjaan baru khususnya yang berhubungan dengan teknologi.

Seorang blogger atau penulis konten secara online tentu dibekali dengan kemampuan menulis yang baik dengan bahasa Indonesia yang baku dan menarik sehingga pembaca akan tertarik dengan hasil tulisan yang dibuat. Jurusan sastra Indonesia dalam pekerjaan ini dapatd engan mudah menciptakan hasil karya yang cantik sehingga dapat mengasilkan keuntungan yang besar dari karya yang ditulis.

Pemandu Wisata

Pemandu wisata merupakan peluang kerja yang cukup banyak diminati karena tempat kerja yang indah secara tidak langsung mempengaruhi kinerja seseorang. Pemandu wisata dibekali kecakapan berkomunikasi dengan baik sehingga mampu dimengrti oleh wisatawan.

Pemnadu wisata yang mempunyai basic jurusan bahasa Indonesia akan lebih baik dalam berkomunikasi dengan pilihan kata yang menarik sehingga penjelasan terkait tempat wisata lebih mudah dipahami.

Kedutaan Besar RI

Pekerjaan di Keduataan Besar Republik Indonesia membutuhkan pekerja yang terampil berbahasa Indonesia salah satunya untuk mengadakan pelayanan langsung kepada warga Indonesia di luar negeri. Peluang kerja ini sangat menjanjikan mengingat disetiap negara selalu ada kantor Kedutaan Besar RI yang memantau warganya di luar negeri.

LSM

Lembaga Sawdaya Masyarakat membutuhkan seorang yang mempunyai kecakapan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar sehingga mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Peluang kerja ini dapat diisi oleh lulusan sastra Indonesia khususnya bagi LSM yang bergerak di bidang pendidikan dan sosial.

Sekertaris

Lulusan sastra Indonesia dapat juga bekerja sebagai sekertaris. Sekertaris mempunyai tugas mengerjakan perihal surat menyurat serta penyiapan proposal kegiatan dan sebagainya membutuhkan penguasaan bahasa Indonesia yang baik dengan penulisan yang sesuai.

Bagi lulusan sastra Indonesia yang telah mempelajari masalah penulisan selama perkuliahan dapat membantu pengerjaan tugas sekertaris tersebut sehingga menjadi seorang sekertaris dapat sesuai dengan jurusan bahasa Indonesia.

Bekerja di Lembaga Non-Profit yang Bergerak di Bidang Pendidikan

Perusahan besar dan instansi pemerintah mempunyai sebuah lembaga amal yang bergerak di bidang pendidikan membutuhkan lulusan pendidikan salah satunya pendidikan bahasa Indonesia. Pada lembaga ini lulusan bahasa Indonesia dapat merencanakan program yang dapat mengembangakan pendidikan khususnya pendidikan bahasa Indonesia sebagai bahasa penting bagi negara ini.

Translator

Seorang penerjemah banyak dibutuhkan untuk membantu komunikasi dengan perbedaan bahasa. Setiap kegiatan yang berkelas internasional dibutuhkan penerjemah bahasa agar komunikasi berjalan lancar. Kemampuan berbahasa Indonesia yang baik serta didukung dengan keterampilan bahasa asing dapat menjadi kombinasi yang sesuai sebagai seorang translator.

Dalam menterjemahkan suatu percakapan seorang penerjemah sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga meudah dipahami oleh orang yang bersangkutan sehingga lulusan pendidikan bahasa Indonesia dapat mengisi jenis pekerjaan ini.

Reporter

Reporter yang bertugas melaporkan suatu berita harus dibekali dengan komunikasi bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga kulaitas berita yang disampaikan menjadi baik dan mudah dimengerti oleh orang lain. Penggunakan kata baku sampai dengan cara penyampaian berita yang sesuai akan menjadi bagian penting bagi seorang reporter sehingga lulusan bahasa Indonesia yang telah terbiasa dengan hal tersebut dapat bekerja sebagai seorang reporter.

Pengisi Suara

Pengisis suara atau Dubber dapat menjadi peluang kerja yang baik bagi lulusan sastra Indonesia. Pengisi suara banyak dibutuhkan untuk pada film luar negeri maupun acara kartun anak yang menggunakan percakapan untuk menyampaikan sebuah cerita.

Tugas seorang pengisi suara adalah menceritakannaskah dengan gaya komunikasi yang menarik dan intonasi suara yang sesuai sehingga cerita lebih hidup dan sesuai dengan gerakan dalam film. Lulusan sastra Indonesia yang telah berkecimpung dengan dunia pementasan akan mudah menjalankan pekerjaan menyenangkan sebagai seorang pengisi suara.

Itulah tadi artikel yang dituliskan oleh ArenaLomba tentang peluang kerja bahasa Indonesia di masa depan yang menjanjikan. Semoga melalui tulisan ini memberikan wawasan serta pengetahuan mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Leave a Comment