Select Page

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional EVEREST 2019 di USU

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional EVEREST 2019 di USU

lomba karya tulis 2019

Hai sob, pada postingan ini ArenaLomba akan membagikan tentang adanya Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Tahun 2019. Yang mana acara ini sendiri sepenuhnya diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara (HMD-EP FEB USU) dengan nama agendanya adalah Event of Young Researcher and Economics Student” [EVEREST 4].

Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional 2019 di USU

Adapun untuk tema utama yang menajdi fokus dalam kompetisi menulis ilmiah ini adalah sebagai berikut;

Optimalisasi Peran Generasi Z dalam Mengimplementasikan Sustainable Development Goals(SDGs) 2030

Subtema Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional 2019 di USU

Sebagai korelasi dengan tema besar dan pengerucutan fokus bidang, EVEREST 4 akan mengusung subtema dengan penjelasan sebagai berikut:

Ekonomi

Mengidentifikasi masalah perekonomian dan memberikan solusi berupa pemberdayaan ekonomi, pengembangan ekonomi kreatif yang berkelanjutan, dan manajemen sumber daya tanpa adanya kemiskinan,kelaparan, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi serta memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan di Indonesia.

Inovasi Teknologi

Pembangunan dari sektor teknologi dapat berupa inovasi teknologi yang efektif dan efisien serta terciptanya teknologi tepat guna yang realistis untuk diimplementasikan dalam menghadapi problematika bangsa Indonesia pada pembangunan infrastruktur yang kuat, mempromosikan industrialisasi dan mendorong inovasi, serta menghidupkan kembali kemitraan global demi pembangunan berkelanjutan.

Energi bersih dan Lingkungan

Penelitian dan pengembangan sumber daya serta inovasi pembangunan sumber energi bersih dan lingkungan sebagai upaya perlindungan ekosistem laut, ekosistem daratan, penanganan perubahan iklim, air bersih dan sanitasi layak .

Sosial budaya dan pariwisata

Pengembangan dan pembangunan berkelanjutan di bidang pariwisata untuk mewujudkan pelestarian, kemandirian, kemajuan, dan penguatan kearifan lokal serta bidang sosial mendorong inovasi kesetaraan gender, berkurangnya kesenjangan, membuat kota menjadi inklusif, aman, kuat dan berkelanjutan, serta terciptanya perdamaian dan
kehidupan sehat dan sejahtera.

Pendidikan

Pembangunan pada sektor pendidikan erat kaitannya dalam pembangunan sumber daya manusia. Pendidikan merupakan dasar untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Faktor sumber daya manusia yang kurang berkualitas akan berdampak besar dalam mewujudkan pembangunan nasional di sektor lainnya. Penelitian ataupun inovasi dalam bidang pendidikan berupa media, metode, maupun strategi untuk menciptakan output pendidikan berkualitas yang layak dan iklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua usia di Indonesia.

Syarat dan Ketentuan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional EVEREST 2019 di USU

  1. Peserta adalah mahasiswa aktif Diploma maupun Strata 1 dari seluruh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) atau Surat Keterangan dari Perguruan Tinggi masing-masing jika tidak memiliki KTM.
  2. Perlombaan ini sendiri dilakukan dengan tim
  3. Dimana dalam setaip tim peserta terdiri dari minimal 2 orang dan maksimal 3 orang mahasiswa dengan 1 orang sebagai ketua dan yang lain sebagai anggota kelompok yang dapat berasal dari satu atau lebih fakultas/departemen dan tahun yang berbeda namun masih dalam perguruan tinggi yang sama.
  4. Karya tulis harus berupa gagasan atau hasil penelitian, bersifat orisinal, belum pernah dikompetisikan dan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun.
  5. Peserta harus membaca dan mengikuti setiap mekanisme perlombaan serta mengikuti ketentuan penulisan di dalam booklet EVEREST 4.
  6. Panitia mempunyai hak untuk mempublikasikan karya tulis yang diterima dengan tetap mencantumkan identitas penulis.
  7. Apabila terdapat tambahan aturan dan ketentuan, perubahan jadwal akan diinfokan lebih lanjut oleh panitia.
  8. Segala bentuk ketentuan dan keputusan dewan juri pada EVEREST 4 bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  9. Peserta diperkenankan mengirim maksimal dua karya dalam tim yang berbeda dengan syarat
    hanya boleh menjadi ketua tim pada 1 karya.
  10. Bersedia mengikuti seluruh rangkaian acara yang telah dijadwalkan oleh pihak panitia. Setiap peserta WAJIB mengisi formulir pendaftaran serta pengiriman abstrak
  11. Formulir pendaftaran dalam kompetisi dapat diunduh pada link berikut ini yang juga tertera di berbagai sosial media EVEREST 4 serta wajib follow instagram Everest_epusu.
  12. Tahap pendaftaran dan pengumpulan abstrak akan dibuka pada 21 Januari 2019 sampai dengan tanggal 21 Februari 2019.
  13. Peserta WAJIB mengirim abstrak sesuai dengan format abstrak yang ada pada lampiran panduan lengkap mengenai kompetisi ini, untuk panduannya silahkan klik saja disini
  14. Pengumpulan abstrak tidak dipungut biaya (GRATIS).
  15. Pengumuman lolos abstrak dilakukan pada tanggal 26 Februari 2019 melalui akun media sosial EVEREST 4.

Timeline Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional EVEREST 2019 di USU

  • Pendaftaran dan pengiriman Abstrak : 21 Jan – 21 Feb 2019
  • Pengumuman Lolos Abstrak : 26 Feb 2019
  • Pengiriman Full Papper : 27 Feb – 25 Mar 2019
  • Pengumuman Finalis : 1 Apr 2019
  • Konfirmasi kedatangan finalis : 1-9 Apr 2019
  • Presentasi National Paper Competition(NPC) : 12 Apr 2019
  • Seminar Nasional & Pengumuman Pemenang NPC : 13 Apr 2019
  • Field Trip to Danau Toba : 14 Apr 2019

Hadiah Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional EVEREST 2019 di USU

  • Juara 1 : Rp. 3.600.000 + Trofi + Sertifikat
  • Juara 2 : Rp. 2.500.000 + Trofi + Sertifikat
  • Juara 3 : Rp. 1.500.000 + Trofi + Sertifikat
  • Harapan 1 : Rp. 900.000 + Trofi + Sertifikat
  • Harapan 2 : Rp. 700.000 + Trofi + Sertifikat
  • Best Presentation : Rp. 300.000 + Trofi + Sertifikat
  • Best Idea : Rp. 300.000 + Trofi + Sertifikat

Itulah tadi informasi mengenai adanya Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional EVEREST 2019 di USU. Nah, buat kamu yang memiliki inovasi-inovasi menarik untuk pembangunan perekonomian Indonesia silahkan daftarkan dirimu karena pendaftaran sudah dibuka. Untuk segala pertanyaan silahkan bisa menghubungi narahubung  dengan nama Yulia 081370450412 (WA)-yuliaivanka12 (LINE) atau Sandri 087789920098 (WA) -sandriyn (LINE). Boleh juga follow media sosial mereka dengan alamat;

IG : @Everest_epusu
Line : @ilb1198e
Twitter : @Everestep_USU
FB : @Everesthmdep
Email : [email protected]

About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow Us

Twitter

/* Fetch any embeddable Twitter object from the OEmbed API */ let oembedResponse = await fetch(new Request('https://publish.twitter.com/oembed?url=https://twitter.com/jack/status/20')); let oembedTweet = oembedResponse.json();
shares